top of page

Ingin Bisnis Franchise Frozen Food? Ini Tips Memulai dan 10 Rekomendasi Supplier Terbaiknya!

4 Oktober 2024

Bagikan Artikel Ini

Salah satu bisnis franchise yang banyak dipilih orang adalah frozen food. Salah satu alasannya karena ini adalah jenis makanan yang tidak kenal musim dan disukai semua kalangan.

Namun, bukan berarti bisnis franchise ini tidak memiliki risiko dan bisa dijalankan dengan sembarangan. Ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan jika ingin memulai bisnis ini.

Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang franchise frozen food, mulai dari keuntungannya, tips memulai, dan daftar produsen perusahaan yang bisa dijadikan mitra bisnis. Cek, yuk!


Mengapa Harus Frozen Food?



1. Penyimpanan Tahan Lama

Tidak seperti jenis makanan lainnya, frozen food memiliki masa simpan panjang sehingga bisa disimpan lama. Jadi, kamu tidak harus cepat menjualnya agar tidak busuk atau kualitasnya sudah tidak bagus lagi.


2. Banyak Jenisnya

Ada banyak jenis frozen food yang bisa dijual, mulai dari yang berbahan baku ayam, ikan, daging, hingga tepung-tepungan. Dengan banyaknya pilihan ini, kamu jadi bisa menjual berbagai varian kepada pelanggan.


3. Mudah Dikirim

Dibandingkan makanan matang, frozen food lebih mudah dikirim, bahkan hingga ke luar kota. Kamu tidak perlu menggunakan jasa kirim instan yang lebih mahal karena makanan beku bisa bertahan selama beberapa hari dengan pengiriman reguler.


Tips Memulai Bisnis Franchise Frozen Food


1. Lakukan Riset dan Tentukan Target Pasar

Sebelum memulai bisnis franchise frozen food, kamu perlu melakukan riset. Mulai dari bahan baku, vendor, cara penyimpanan, hingga cara distribusinya. Pastikan kamu sudah mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menjalankan bisnis tersebut.

Lalu, tentukan apakah kamu ingin menjual kepada perorangan, sistem grosir, kepada bisnis makanan, atau yang lainnya. Penentuan target penting untuk menentukan strategi pemasaran.


2. Pilih Jenis Frozen Food yang Dijual

Apakah kamu hanya ingin menjual frozen food yang terbuat dari ayam, ikan, daging, tepung-tepungan, atau lebih dari satu jenis?

Jenis frozen food yang akan dijual harus ditentukan sejak awal karena akan menjadi penentu langkah selanjutnya, seperti modal awal yang dibutuhkan dan cara melakukan pemasaran.


3. Cari Supplier Terbaik dan Bandingkan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencari supplier terbaik. Pertama, pastikan perusahaan tersebut sudah memiliki izin edar resmi sehingga kualitas produk dan keamanannya terjamin.

Pilih perusahaan yang menawarkan kerja sama yang saling menguntungkan, seperti keringanan harga untuk pembelian dalam jumlah besar. Cari yang memberi keuntungan paling banyak untuk kamu.

Lalu, bandingkan kualitas rasa, harga, hingga proses pengiriman dari masing-masing supplier. Jangan berpatokan pada perusahaan besar karena bisa saja mereka memiliki pelayanan yang lebih lambat karena memiliki lebih banyak pesanan.


4. Buat Rencana Distribusi dan Pemasaran

Di era belanja online seperti sekarang, banyak pelanggan yang mungkin lebih memilih menggunakan jasa kurir daripada membeli langsung ke toko fisik. Jadi, kamu juga harus menyiapkan cara agar bisa mengirim frozen food secara cepat kepada pelanggan.

Di aplikasi Labamu, ada fitur Toko Online sehingga kamu bisa dengan mudah berjalan secara online dan tidak menjadikan jarak pelanggan sebagai penghalang.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur Order Management di Labamu. Fitur ini akan membuat proses pemesanan pelanggan menjadi lebih cepat dan akurat. Dengan begitu, kepuasan pelanggan akan semakin meningkat.

Jangan lupakan juga strategi pemasaran. Selain bisa lewat media sosial atau menyebar pamflet, kamu juga bisa menggunakan fitur Penawaran di aplikasi Labamu.

Di sini, kamu bisa memberikan berbagai promosi sehingga pelanggan akan datang kembali dan rajin bertransaksi di toko kamu.


Rekomendasi Supplier Franchise Frozen Food



1. CV Cahaya Boga Utama

Ini adalah supplier banyak restoran dan hotel hampir di seluruh Indonesia. Selain memiliki banyak produk merek populer, perusahaan sudah sangat profesional sehingga pengiriman dijamin cepat dan tepat waktu.


2. Frozen Food Pahala, PT

Perusahaan yang sudah ada sejak 1989 ini memasarkan frozen food bermerek Yummy Food. Ada chicken karage, chicken nugget, chicken stick, dan spicy chicken.

Selain itu, mereka juga memiliki beberapa merek lainnya, seperti Baso-ku dan California. 

Kelebihan perusahaan ini adalah produknya tanpa bahan pengawet serta menawarkan dua paket kemitraan senilai Rp 36 juta dan Rp 66 juta. Perbedaan kedua paket tersebut ada di fasilitas yang didapat calon mitra.


3. Kirana Food, PT

Mengawali bisnisnya sebagai importir kentang goreng beku, perusahaan yang berpusat di Jakarta sekarang terkenal sebagai importir dan distributor franchise frozen food lainnya.

Produk yang djual adalah buah beku, sayuran beku, seafood, french fries, processed meat (nugget, sosis, chicken wings), daging, fruits and purees, camilan (pisang goreng, durian goreng, taro hashbrown, singkong goreng) hingga frozen pastry


4. PT Belfoods Indonesia

Perusahaan ini juga salah satu distributor cukup besar di Indonesia. Produk yang dijual ada berbagai varian, mulai dari sosis, bakso, chicken nugget, hingga mantau.

Selain rasanya yang sudah tidak perlu diragukan lagi, semua produk Belfoods juga sudah disertai sertifikat halal dan keamanan makanan.


5. PT Bonju Indonesia Mas

Ini merupakan supplier frozen food yang lebih berfokus pada makanan manis dengan harga terjangkau. Tak heran jika target pasar mereka lebih banyak UMKM yang baru memulai bisnisnya.

Meskipun harganya terjangkau, tetapi frozen food di sini tetap mengutamakan kualitas. Produk-produknya bisa diolah langsung atau dijadikan bahan baku makanan lainnya.


6. PT Indo Frozen Food

Perusahaan ini merupakan supplier khusus bahan baku kebab. Jadi, mereka hanya menjual produk-produk untuk usaha kebab, seperti  tortilla atau kulit kebab, roti prata, maryam, syawarma, roti hotdog, roti pita, roti burger, daging kebab, chicken burger, dan sosis.

Selain itu, mereka juga menjual wajan, burner, pemanggang daging, pisau, hinggan kemasan dan packing khusus untuk kebab.


7. PT Macro Prima Pangan Utama

Ini adalah perusahaan joint venture antara Kanematsu Corporation dan Cimory Group yang berfokus pada bisnis di dapur sentral. 

Produksi frozen food mereka memiliki standarisasi dan kualitas yang aman dalam memproduksi makanan setengah jadi, seperti produk olahan daging, ikan, roti, makanan ringan, bento, dan saus. 


8. PT Primafood International

Ini adalah cabang dari CP Food Indonesia (PT Charoen Pokphand Indonesia), perusahaan yang memproduksi Golden Fiesta, Fiesta, Champ, Akumo, Asimo, dan Okey.

Kelebihan frozen food dari perusahaan ini adalah memiliki standar pengolahan produk secara internasional dan diproses dengan mesin pengolahan high technology.


9. PT Sumber Makanan Sehat

Pilihan produk frozen food yang ditawarkan supplier ini adalah produk olahan daging sapi dan ayam, dengan segala jenis potongan daging seperti bakso dan sosis.

Kelebihan bisnis franchise frozen food ini adalah kamu bisa menjual produknya dengan merek sendiri. Selain itu, semua produknya juga cocok untuk bahan baku restoran dari berbagai skala bisnis.


10. Waralaba ICIP ICIP Frozen Food 

Sudah berdiri sejak 2019, semua frozen food di sini berkualitas tinggi. Meski begitu, biaya untuk menjadi mitra mereka juga sangat murah, yaitu hanya Rp250.000.

Mereka juga tidak menetapkan minimal order sehingga memudahkan kamu untuk melakukan pesanan dalam jumlah apapun. Namun, harga jualnya tetap dibedakan antara mitra dan konsumen. 


Itulah penjelasan detail mengenai bisnis franchise frozen food, termasuk rekomendasi supplier terbaiknya.

Jangan lupa, agar usaha kamu bisa terus berkembang dan sukses, pakai aplikasi Labamu yang bisa di-download di Google Play atau App Store. Bergabunglah dengan lebih dari 84.000 pengusaha Indonesia yang sudah merasakan manfaatnya!

bottom of page