Syarat dan Ketentuan
Tanggal efektif: Senin, 13 Mei 2024
Tanggal efektif: 1 Oktober 2024
Syarat dan Ketentuan Konsumen Labamu
Syarat dan Ketentuan Konsumen Labamu ini ("Syarat dan Ketentuan") berlaku untuk Anda sebagai pengguna Layanan yang disediakan oleh PT Labamu Sejahtera Indonesia ("Labamu", atau "Kami"). Dengan menggunakan Layanan Kami (didefinisikan di bawah), Anda dianggap telah menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.
1. Pendahuluan
Labamu adalah perusahaan yang didirikan berdasarkan dan tunduk pada hukum Republik Indonesia, yang menyediakan layanan pencatatan keuangan dan manajemen bisnis digital kepada penggunanya di Indonesia melalui situs webnya - Labamu www.labamu.co.id ("Situs") dan aplikasi seluler Labamu ("Aplikasi"). Situs dan Aplikasi, bersama dengan informasi, fitur, dan Layanan yang terkandung di dalamnya secara bersama-sama disebut sebagai "Layanan". Kami menyediakan Layanan kepada Anda, sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini.
Setiap referensi ke Labamu dalam Syarat dan Ketentuan ini, jika relevan, termasuk afiliasi Kami (perusahaan di bawah kendali dan kepemilikan bersama) dan beberapa atau semua karyawan dan agen Kami, termasuk direktur dan komisaris Kami.
Situs, Aplikasi, dan Layanan disediakan untuk Anda dengan tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini. Penggunaan istilah "Anda" atau "Pengguna" berarti setiap orang yang menggunakan atau mengakses Layanan, Aplikasi, atau Situs, baik secara manual atau melalui sistem otomatis, termasuk namun tidak terbatas pada siapa pun yang melihat Layanan dan Materi (didefinisikan di bawah)
Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah oleh Kami dari waktu ke waktu dengan cara yang dinyatakan dalam Syarat dan Ketentuan ini, atau dengan cara lain yang ditentukan oleh Labamu, selama perubahan tersebut tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang Kami tunduk. Harap dicatat bahwa Anda diharapkan untuk memeriksa halaman ini dari waktu ke waktu untuk memastikan Anda menerima versi terbaru dari Syarat dan Ketentuan.
Kami mengharapkan Anda untuk membaca Syarat dan Ketentuan ini dengan seksama karena Anda dianggap menyetujui setiap perubahan pada Syarat dan Ketentuan selama Anda menggunakan Layanan Kami. Jika Anda tidak setuju dengan salah satu dan/atau semua Syarat dan Ketentuan ini, harap segera hentikan penggunaan Layanan.
Saat Anda menggunakan Layanan tertentu, Anda mungkin tunduk pada pedoman atau aturan tambahan yang berlaku untuk Layanan tertentu termasuk, namun tidak terbatas pada, fitur atau penggunaan baru (misalnya video dan produk terkait), panduan atau aturan tambahan tersebut akan diberitahukan kepada Anda melalui Situs atau Aplikasi.
Kami dapat menyediakan terjemahan Syarat dan Ketentuan ini ke dalam bahasa yang berbeda. Anda memahami dan menyetujui bahwa meskipun Syarat dan Ketentuan ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa yang berbeda, dalam hal terjadi ketidaksesuaian antara versi bahasa Indonesia dan terjemahan bahasa lainnya, versi bahasa Indonesia yang akan berlaku.
2. Layanan
Layanan disediakan pada sistem komputerisasi yang memanfaatkan kombinasi perangkat lunak dan perangkat keras. Sistem ini dapat melakukan berbagai fungsi, termasuk mencatat catatan penjualan dan Layanan lain yang tersedia pada Aplikasi atau Situs. Kecuali secara tegas dinyatakan lain, setiap fitur atau Layanan baru yang menambah, meningkatkan, atau memperluas Layanan di masa mendatang, akan dianggap sebagai bagian dari Layanan dan tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini.
Kami berhak setiap saat untuk menonaktifkan, dan / atau mengubah fungsionalitas Layanan, dalam keadaan apa pun.
Kami tidak bertanggung jawab atau berkewajiban kepada Anda, Pengguna atau pihak ketiga mana pun atas kehilangan atau kerusakan yang timbul dari penggunaan Layanan. Kerugian atau kerusakan tersebut termasuk, namun tidak terbatas pada, kerusakan khusus, langsung, tidak langsung atau konsekuensial. Kami juga tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas kehilangan atau kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian, kesalahan, atau tindakan lain yang dilakukan oleh Anda saat menggunakan Layanan Kami.
Layanan disediakan atas dasar "sebagaimana adanya" dan "sebagaimana tersedia", Kami tidak memberikan jaminan, janji, pernyataan, atau garansi untuk: (a) Layanan memiliki kualitas yang memuaskan atau sesuai untuk tujuan tertentu atau menghasilkan hasil tertentu; (b) keamanan, keandalan, kinerja, ketepatan waktu, dan ketersediaan Layanan; atau (iii) kebenaran atau keakuratan atau kelengkapan konten yang disediakan di dalam atau melalui Situs atau Aplikasi. Semua jaminan, representasi atau jaminan lain oleh Kami, baik tersurat maupun tersirat, mengenai Platform secara tegas dikecualikan sejauh diizinkan oleh hukum.
Kami tidak menjamin keakuratan, kelengkapan, kegunaan, atau ketersediaan informasi atau materi apa pun yang dikirimkan atau tersedia melalui Layanan. Informasi atau materi tersebut termasuk data, teks, LSS, grafik, klip audio dan video, iklan, dan materi lainnya (secara kolektif, "Materi" atau "Konten"), selain itu, Kami tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas keputusan yang Anda buat dengan mengandalkan Materi atau Konten tersebut.
Informasi, gambar dan informasi lain yang terkandung atau dipublikasikan dalam Aplikasi atau Situs juga dapat mengandung ketidakakuratan atau kesalahan ketik. Kami dapat melakukan perubahan atau penyempurnaan, dan/atau memperbaharui informasi yang terdapat pada Aplikasi atau Situs dari waktu ke waktu. Kami tidak berkewajiban untuk memperbarui Layanan yang telah menjadi usang atau tidak akurat.
Anda memahami dan menyetujui bahwa penggunaan dan kinerja aktivitas Anda sehubungan dengan Situs, Aplikasi, dan Layanan adalah atas kebijakan dan risiko Pengguna sendiri dan bahwa Anda sendiri bertanggung jawab penuh atas segala kerusakan/kehilangan informasi elektronik yang mungkin diakibatkan oleh pelaksanaan aktivitas tersebut.
Anda secara khusus mengakui bahwa Kami tidak akan bertanggung jawab atas pencemaran nama baik, pelanggaran, atau tindakan melanggar hukum dari pihak ketiga mana pun sehubungan dengan Kami dan Layanan ini. Segala risiko kehilangan atau kerusakan dari hal-hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.
Anda setuju untuk melepaskan, membela, dan membebaskan Kami, perusahaan afiliasi Kami dan direktur, komisaris, pejabat, karyawan, dan agen mereka dari dan terhadap setiap dan semua klaim, kewajiban, kerugian, dan biaya (termasuk biaya hukum, kompensasi kerusakan, dan jumlah penyelesaian yang wajar) yang timbul dari atau terkait dengan atau yang mungkin timbul dari (i) penggunaan dan/atau akses Layanan; (ii) pelanggaran ketentuan apa pun dari Syarat dan Ketentuan ini dan Kebijakan Privasi; (iii) pelanggaran hak Pihak Ketiga (sebagaimana didefinisikan di bawah), termasuk namun tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual, properti bergerak atau tidak bergerak, hak privasi; dan/atau (iv) klaim apa pun sehubungan dengan Materi pengguna yang menyebabkan kerugian bagi Pihak Ketiga. Dalam hal ini Kami juga dapat berpartisipasi dalam pembelaan bersama dengan penasihat hukum pilihan Kami.
3. Hubungan dengan Pihak Ketiga
Layanan lain yang disebutkan dalam Syarat dan Ketentuan ini adalah barang dan/atau jasa, selain Layanan Labamu yang dapat dibeli melalui Situs atau Aplikasi, yang disediakan oleh pihak ketiga yang merupakan mitra Kami atau pihak yang bekerja sama dengan mitra Kami ("Pihak Ketiga").
Melalui Layanan, Anda dapat terhubung ke situs web lain yang tidak berada di bawah administrasi Kami. Pencantuman tautan ("Hyperlink") tidak selalu merupakan rekomendasi atau dukungan terhadap pandangan yang diungkapkan dalam Hyperlink. Hyperlink tersebut disediakan untuk hanya bertujuan sebagai informasi kepada pengguna.
Kami tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas kebenaran informasi, gambar dan informasi yang diberikan, pengiriman barang atau jasa, termasuk kepatuhan Pihak Ketiga terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia baik dalam hal penawaran atau penjualan barang dan jasa atau transaksi lainnya oleh Pihak Ketiga yang merupakan mitra Kami atau pihak-pihak yang bekerja sama dengan mitra Kami.
Setiap informasi yang diberikan oleh Pihak Ketiga pada Aplikasi atau Situs mengenai perusahaan, individu, atau entitas lain, dan/atau produk atau layanan mereka, tidak menyiratkan dukungan atau dukungan terhadap kualitas atau kesesuaian individu, perusahaan, atau entitas tersebut, atau produk atau layanan tersebut. Tanggung jawab atas Materi dan Konten yang disebarkan oleh Pihak Ketiga sepenuhnya berada pada Pihak Ketiga.
Kami tidak memiliki kepemilikan atas Materi atau Konten yang disebarkan oleh Pihak Ketiga dan tidak terlibat dalam proses transaksi, pembayaran, pengiriman atau purna jual antara Anda dan Pihak Ketiga. Perjanjian atas penyerahan barang atau jasa yang terjadi melalui Layanan atau sebagai akibat dari penawaran yang diajukan oleh Pihak Ketiga merupakan perjanjian langsung antara Pihak Ketiga dan Anda.
Anda mengakui dan setuju bahwa Kami tidak akan bertanggung jawab atas interaksi Anda dengan Pihak Ketiga, termasuk, namun tidak terbatas pada, pembayaran, pengiriman barang dan jasa, serta syarat, ketentuan, jaminan, atau representasi lain yang terkait dengan interaksi Anda dengan Pihak Ketiga.
Anda juga mengakui dan setuju bahwa Kami tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan yang timbul dari hubungan Anda dengan Pihak Ketiga. Dalam hal terjadi perselisihan antara pengguna dan Pihak Ketiga, Anda memahami dan menyetujui bahwa Kami tidak akan terlibat dalam perselisihan tersebut, dan Anda dengan ini membebaskan Kami, termasuk namun tidak terbatas pada pejabat, karyawan, pemegang saham, direktur, komisaris dan afiliasinya, pejabat Kami, dan agen Kami dari segala tuntutan dan kerugian dalam bentuk apapun terkait Layanan Kami.
Kami tidak bertanggung jawab atas semua jaminan dan ketentuan, termasuk implikasi jaminan, kualitas, atau kesesuaian informasi yang diberikan oleh Pihak Ketiga. Dalam keadaan apa pun Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian, baik khusus, langsung, tidak langsung, atau konsekuensial, atau kerugian atau kerusakan apa pun akibat penggunaan, data, atau keuntungan, baik dalam tindakan perikatan, kelalaian, atau tindakan menyiksa lainnya, yang timbul dari atau terkait dengan penggunaan atau kinerja informasi dan/atau gambar yang disediakan oleh Pihak Ketiga. Kami juga tidak bertanggung jawab atas konsekuensi langsung atau tidak langsung dari keputusan Pihak Ketiga untuk membuat atau tidak membuat penawaran kepada Anda.
4. Bank Nobu
Bank adalah PT Bank Nationalnobu Tbk yang memiliki jaringan maupun Kantor Layanan yang meliputi Kantor Pusat, Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan beroperasi di wilayah hukum Republik Indonesia, kecuali ditentukan lain.
Tabungan adalah simpanan yang transaksi penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang telah disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro dan/ atau alat lainnya.
PT Bank National Nobu ("Bank Nobu") adalah pihak yang bekerja sama dengan Labamu dalam menyediakan Layanan QRIS (Statis dan/atau Dinamis) dan Rekening Labaku sehingga untuk Pengguna Layanan ini akan dikenakan biaya yang diatur sesuai dengan ketentuan Bank. Ketentuan berikut akan berlaku untuk Layanan Bank Nobu:
· Akun Pengguna Labamu telah diverifikasi identitasnya atau KYC (Know Your Customer) pada Aplikasi.
· Bagi pengguna yang ada pada Aplikasi Labamu, sehubungan dengan layanan Labaku tambahan yang disediakan oleh Bank Nobu, KYC dan segala pengecekan terkait dengan Mandat Bank dimungkinkan akan diperlukan untuk dilakukan lagi pada Pengguna Aplikasi Labamu
· Anda yang telah berlangganan akun Labamu Premium dan Pro tidak akan dikenakan biaya aplikasi (biaya platform)
· Mohon diperhatikanbahwa biaya layanan perbankan berdasarkan ketentuan bank masih akan tetap berlaku
· Pengguna akun Labamu non-premium (basic) akan dikenakan biaya aplikasi (biaya platform) sebesar 3% dan biaya layanan perbankan sesuai ketentuan Bank.
Untuk menghindari keraguan, ketentuan penggunaan dan layanan Bank Nobu berlaku sesuai ketentuan Layanan Bank Nobu dan Labamu tidak bertanggung jawab atas kerugian yang diderita dalam penggunaan tersebut dengan tunduk pada syarat dan ketentuan, dan perubahan berdasarkan kebijakan dan keputusan Bank Nobu.
Layanan Bundling Akun Premium & Pro Labamu dengan Bank Nobu yaitu :
Pengguna berhak mendapatkan bundling Rekening Labaku dan QRIS apabila:
pengguna bersedia memberikan informasi dan atau data tambahan yang digunakan sebagai dasar pendaftaran QRIS dan Pembukaan Rekening Labaku;
Mekanisme bundling QRIS dan Rekening Labaku:
Pengguna yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan akan didaftarkan QRIS dan Rekening Labaku selama Pengguna tetap berlangganan Layanan Akun Premium dan Pro Labamu.
Syarat dan Ketentuan Labamu hanya mencakup pendaftaran melalui aplikasi dan melengkapi data secara lengkap dan benar bagi Pengguna
Pengguna akun labamu akan diberikan akses ke webview bank sebagai Langkah Pembukaan Rekening
ü Page Intervace Aplikasi Mitra
ü Permintaan Persetujuan
ü Verifikasi OTP
ü Foto E-KTP
ü OCR dan Verifikasi Data E-KTP
ü Verifikasi Wajah
ü Pengisian Informasi Data Pribadi
ü Verifikasi NPWP (Opsional)
ü Verifikasi Sumber kekayaan (Opsional) - Video Call dengan Agent (Opsional)
ü Buat PIN
ü Informasi Rekening dan No Kartu Debit Virtual
ü Fungsionalitas yang diamanatkan Bank lainnya
Sehubungan dengan syarat dan ketentuan terkait Rekening Labaku, Pengguna dapat merujuk pada syarat dan ketentuan Bank Nobu yang tersedia di https://www.nobubank.com
Ketentuan Layanan QRIS & Rekening Labaku:
Dengan menyetujui pendaftaran QRIS dan Rekening Labaku, Pengguna dianggap telah menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Labamu dan Bank Nobu yang sedang atau akan berlaku dari waktu ke waktu.
Labamu tidak akan bertanggung jawab terkait dengan adanya biaya administrasi dan biaya lainnya yang ditentukan oleh Bank.
Keputusan Labamu atas segala hal yang berkaitan dengan fitur Bundling QRIS dan Rekening Labaku dengan Bank Nobu bersifat final dan mengikat semua Pengguna. Tidak ada korespondensi atau banding yang akan dilayani oleh Labamu. Jika terjadi ketidakkonsistenan antara Syarat dan Ketentuan ini dan Materi pemasaran atau promosi apa pun, syarat dan ketentuan ini yang akan berlaku.
Untuk menghindari keraguan, ketentuan penggunaan dan layanan bundling QRIS dan Rekening Labaku sebagaimana diuraikan di atas dapat berubah berdasarkan kebijakan dan keputusan Bank.
5. Ketentuan Layanan BPJS
BPJS Ketenagakerjaan (“BPJS TK”) adalah mitra atau Pihak Ketiga yang bekerjasama dengan Labamu sebagai penyelenggara program jaminan sosial, dan menyediakan program berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (“JKK”) dan Jaminan Kematian (“JKM”).
Ketentuan penggunaan layanan BPJS TK adalah sebagai berikut:
Anda dan/atau Pengguna Labamu diharuskan untuk membayar di muka langganan premium yang akan diberitahukan kepada Anda pada saat aplikasi;
Anda dan/atau Pengguna Labamu diharuskan membayar tepat waktu terhadap langganan premium Labamu Anda, termasuk ketika periode berlangganan berakhir dan diperpanjang oleh Pengguna;
Labamu memberikan waktu 7 (tujuh) hari kalender kepada Pengguna setelah jatuh tempo langganan premium berakhir untuk dapat segera melakukan perpanjangan langganan premium pada aplikasi Labamu. Apabila tenggat waktu berlalu dan Anda dan/atau Pengguna tidak memperpanjang masa berlangganan premium, maka Labamu tidak bertanggung jawab atas segala bentuk fasilitas BPJS TK yang telah didapatkan oleh Anda dan/atau Pengguna aplikasi Labamu;
Anda dan/atau Pengguna dapat mengklaim manfaat Program BPJS TK Peserta BPU langsung ke BPJS TK tanpa melalui Labamu; dengan melakukan akses ke website BPJS : https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
Layanan Bundling Akun Premium Labamu dan BPJS
Per 1 Oktober, Layanan Bundling ini akan dihentikan dan Pengguna yang telah melakukan pembelian “Keanggotaan Premium dari Labamu pada tanggal 30 September 2024 akan tetap berhak untuk mendapatkan keanggotaan bundling BPJSK TK selamat masa keanggotaan mereka dengan ketentuan :
Pengguna telah berlangganan dan telah memperbaharui akun premium Layanan Labamu sebelum 30 September 2024;
pengguna bersedia memberikan informasi tambahan yang digunakan sebagai dasar pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan; dan
Pengguna yang tidak berada dalam masa tenggang BPJS bekerja pada saat mendaftar kepesertaan BPJS menggunakan Layanan Labamu.
Pengguna yang sedang berlangganan akun premium dan layanan berlanggan tersebut akan berakhir setelah tanggal 30 September 2024 akan menerima layanan berlangganan BPJS hingga masa berlangganan berakhir. Pembayaran Layanan berlangganan Premium yang dilakukan setelah 30 September 2024, tidak akan memenuhi syarat untuk keanggotan bundle BPJS Labamu.
Mekanisme bundling BPJS Ketenagakerjaan:
Pengguna yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan akan didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dalam hal ini, Labamu akan tetap melakukan pembayaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan selama Pengguna tetap berlangganan Layanan Akun Premium Labamu.
Apabila Pengguna tidak membayar biaya berlangganan akun premium, maka kepesertaan BPJS Pengguna di bidang ketenagakerjaan akan memasuki masa tenggang. Pengguna akan dapat melanjutkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan ketika masa tenggang telah berakhir, meskipun Pengguna telah mengaktifkan layanan akun Premium Labamu selama masa tenggang kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.
Labamu tidak akan membayar keanggotaan Pengguna jika masih dalam masa tenggang sebelum tanggal 30 September 2024 atau setelahnya. Pengguna dapat membayar langsung kepada BPJS (tanpa melalui Labamu) mengenai kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dalam hal Pengguna ingin mengajukan klaim dalam masa tenggang kepesertaan BPJS atau memperbaharui kepesertaan BPJS, meskipun Pengguna telah berlangganan akun premium Labamu.
Syarat dan Ketentuan Labamu hanya mencakup pendaftaran dan pembayaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi Pengguna Akun Premium. Sehubungan dengan syarat dan ketentuan terkait rincian terkait kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Pengguna dapat merujuk pada syarat dan ketentuan BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia di https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
Ketentuan Layanan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan:
Dengan menyetujui pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan, Pengguna dianggap telah menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Labamu dan BPJS Ketenagakerjaan yang sedang atau akan berlaku dari waktu ke waktu.
Labamu tidak akan bertanggung jawab atas Keputusan maupun yang terkait dengan kurangnya perlindungan asuransi yang timbul dari kegagalan untuk memperbarui keanggotaan akun Labamu Premium Anda, seperti tenggat waktu yang terlewat untuk membayar kontribusi bulanan BPJS Ketenagakerjaan karena tidak berlangganan Akun Premium Labamu Anda.
Keputusan Labamu atas segala hal yang berkaitan dengan fitur Bundling Asuransi Labamu dengan BPJS Ketenagakerjaan bersifat final dan mengikat semua Pengguna. Tidak ada korespondensi atau banding yang akan dilayani oleh Labamu. Jika terjadi ketidakkonsistenan antara Syarat dan Ketentuan ini dan Materi pemasaran atau promosi apa pun, syarat dan ketentuan ini yang akan berlaku.
Untuk menghindari keraguan, ketentuan penggunaan dan layanan BPJS Ketenagakerjaan sebagaimana diuraikan di atas dapat berubah berdasarkan kebijakan dan keputusan BPJS TK.
6. Pendaftaran
Saat mengakses Layanan Labamu, sebagai bagian dari proses pendaftaran dan pembuatan akun, Anda mungkin diminta untuk mendaftar dan membuat akun di Situs atau Aplikasi. Anda juga akan diminta untuk membuat kata sandi dan memberi kami informasi tertentu terkait dengan proses pendaftaran. Anda harus bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan kata sandi Anda dan semua aktivitas akun Anda, termasuk akses ke akun Anda.
Jika Anda memilih untuk mendaftar atau memberikan informasi pribadi atau data lainnya kepada Kami, maka Anda mengakui dan menyetujui bahwa :
Anda bertanggung jawab atas semua informasi yang Anda unggah termasuk namun tidak terbatas pada Data Pribadi Anda (sebagaimana didefinisikan di bawah).
Anda akan mempertahankan hak atas informasi tersebut selama masih tersedia di Layanan, Aplikasi, atau Situs. Anda memiliki izin, hak dan persetujuan untuk menggunakan informasi tersebut dan memberikan wewenang kepada Kami untuk menggunakan informasi dalam Layanan, Aplikasi atau Situs untuk tujuan promosi Kami atau untuk tujuan lain sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, Syarat dan Ketentuan ini, dan Kebijakan Privasi yang telah Anda setujui. Anda memiliki hak atas informasi apa pun. Namun, dengan memasukkan informasi ke dalam Layanan, Anda memberikan hak abadi, di seluruh dunia, non-eksklusif, bebas royalti dan dapat disublisensikan, dapat dipindahtangankan, untuk menggunakan, mereproduksi, mendistribusikan, membuat karya turunan, memposting dan menampilkan informasi sehubungan dengan Layanan dan bisnis Kami, termasuk namun tidak terbatas pada tujuan promosi dan re-distribusi sebagian atau seluruh Layanan dan informasi yang terkandung di dalamnya, kecuali Anda menarik persetujuan Anda untuk penggunaan informasi Anda tersebut. Hak-hak ini diperlukan oleh Kami untuk dapat menyediakan Layanan dan memposting informasi Anda. Selanjutnya, dengan mengunggah informasi ke Layanan, Anda setuju dan dengan ini memberikan kepada Kami semua hak yang diperlukan untuk melarang atau mengizinkan pengumpulan, pemasangan, penyalinan, duplikasi, reproduksi atau eksploitasi informasi dalam Layanan oleh Pihak Ketiga untuk tujuan apapun sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, Syarat dan Ketentuan ini, atau Kebijakan Privasi. Anda juga dengan ini memberikan kepada setiap pengguna Layanan dan Situs hak non-eksklusif untuk mengakses informasi Anda melalui Layanan, Aplikasi atau Situs. Hak ini akan tetap berlaku dan segera berakhir ketika Anda atau Kami menghapus atau menarik informasi dari Aplikasi/Situs.
Anda mengizinkan Labamu, Pihak Ketiga penyedia layanan, dan mitra yang ditunjuk Labamu untuk menggunakan data pribadi Anda dan informasi yang Anda berika atau kami kumpulkan dalam rangka:
i. Membuat profile perilaku dan/atau atribut pengguna;
ii. jika memungkinkan, tingkatkan fitur dan layanan Labamu yang akan membantu Pengguna dalam mengambil tindakan terhadap fitur dan layanan yang saat ini ada atau yang akan ada
Kami dapat memberlakukan pembatasan pada beberapa atau semua aktivitas Anda atau membebankan biaya untuk Layanan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini.
Kami berhak untuk menghapus konten, Materi, atau bagian lain dari Layanan, baik sebagian maupun seluruhnya, yang diposting oleh Anda di Layanan atau Aplikasi/Situs tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda sebagai pengguna. Hal ini termasuk namun tidak terbatas apabila Materi mengandung konten atau bagian yang bersifat sensitif, menyinggung, dapat menghasut kebencian, mencemarkan nama baik, mengandung Materi yang memicu perpecahan suku, agama, ras, antar golongan, pornografi, perjudian, atau bertentangan dengan norma etika kesusilaan dan hukum yang berlaku di Republik Indonesia dan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku pada Layanan.
Anda memberikan informasi yang benar, akurat, terkini, dan lengkap tentang diri Anda dan/atau perusahaan Anda sebagaimana diminta dalam proses pendaftaran Layanan Kami.
Anda akan terus memelihara dan segera memperbarui informasi Anda dan/atau perusahaan Anda agar tetap benar, akurat, terkini, dan lengkap. Jika Anda memberi kami informasi yang tidak benar, tidak akurat, tidak terkini atau tidak lengkap, dan jika kami memiliki alasan yang masuk akal untuk mencurigai bahwa informasi tersebut tidak benar, tidak akurat, tidak terkini atau tidak lengkap, kami berhak secara sepihak untuk menangguhkan dan / atau menghentikan akun Anda dan menolak untuk memberikan akses kepada Anda untuk penggunaan Layanan Labamu Anda saat ini atau di masa mendatang.
Sebagai bagian dari proses pendaftaran dan pembuatan akun, Anda mungkin diminta untuk membagikan informasi tertentu kepada kami. Dengan menggunakan Layanan, Anda juga memberikan persetujuan untuk berbagi informasi tertentu yang relevan dengan proses pendaftaran untuk informasi ini. Anda juga diharapkan untuk menggunakan alamat email yang benar, nomor telepon penyedia jasa telekomunikasi di Indonesia, serta alamat penagihan yang berdomisili di wilayah Indonesia.
Kami berhak untuk memproses Data Pribadi sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan dalam Kebijakan Privasi. Dengan menggunakan Layanan, pengguna menyetujui pemrosesan tersebut dan menjamin bahwa semua data yang diberikan benar. Setiap informasi pribadi atau lainnya yang Anda berikan kepada kami atau kami kumpulkan tentang Anda tunduk pada Kebijakan Privasi Labamu serta Syarat dan Ketentuan ini.
7. Verifikasi Identitas
Anda memahami dan mengakui bahwa untuk mengakses beberapa Layanan Labamu akan mengharuskan Pengguna untuk melakukan proses verifikasi identitas. Dalam hal proses verifikasi identitas, Anda memberikan wewenang kepada Labamu untuk meneruskan data pribadi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), alamat surat elektronik (email), web, nomor ponsel (HP), data biometrik, paspor, foto, data badan usaha, dan informasi tambahan lainnya kepada Penyelenggara Sertifikasi Elektronik sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Sistem dan Transaksi Penyelenggara Elektronik, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 11 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Sertifikasi Elektronik, dan Undang-Undang No. 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi dan diproses lebih lanjut oleh VIDA sebagai Mitra Labamu untuk keperluan penerbitan dan pengelolaan Sertifikat Elektronik.
VIDA sebagai Penyedia Sertifikasi Elektronik, yang telah mendapatkan izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, akan menerbitkan sertifikat elektronik sebagai tanda bahwa data privasi Anda telah diverifikasi dan dapat dibuktikan keabsahannya kepada otoritas yang berwenang. Labamu bersama VIDA dalam hal ini bertindak sebagai pengendali data berhak melakukan persetujuan dan penolakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Apabila ditemukan data yang tidak lengkap, tidak akurat, tidak valid, dan/atau tidak konsisten sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Labamu berhak mengembalikan status Pengguna yang semula terverifikasi menjadi tidak terverifikasi.
Kebijakan Perjanjian Kepemilikan Sertifikat Elektronik (Subscriber Agreement), Kebijakan Privasi PSrE (CA Privacy Policy), serta Pernyataan Pelaksanaan Sertifikasi Elektronik (Certification Practice Statement) VIDA dapat diakses melalui Hatpas://repo. vida.id.
8. Akses
Tujuan dan niat kami adalah untuk memastikan akses Anda yang berkelanjutan ke Layanan. Kami akan melakukan segala upaya untuk memastikan kelangsungan dan ketersediaan Situs dan Aplikasi, bersama dengan semua Materi, Konten dan fitur.
Dalam keadaan tertentu, kami berhak untuk menangguhkan atau menghentikan sebagian atau seluruh Layanan dengan pemberitahuan kepada Anda sesuai dengan kebijakan Kami sendiri sejauh tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku. Kami tidak akan bertanggung jawab kepada Anda atas tidak tersedianya Layanan, Materi, Konten dan fitur-fiturnya kapan saja dan dalam periode apa pun selama periode penangguhan atau penghentian ini, terutama yang disebabkan oleh Force Majeure (sebagaimana didefinisikan di bawah), kesalahan dan / atau kelalaian Pengguna Layanan kami.
Dalam rangka meningkatkan layanan kepada pengguna, Kami berhak untuk secara berkala dan sewaktu-waktu memperbarui dan/atau mengubah tampilan, Layanan, dan/atau isi Layanan. Tanpa pemberitahuan sebelumnya, Kami juga berhak untuk menarik dan/atau mengubah Layanan yang diberikan. Kami juga dapat membatasi akses pengguna ke beberapa bagian Aplikasi/Situs dan/atau seluruh Layanan.
Jika perlu, kami dapat menangguhkan akses ke Layanan atau menutup sementara Layanan tanpa batas waktu.
Kami tidak bertanggung jawab dan tidak akan bertanggung jawab atas Layanan yang sementara tidak tersedia sehubungan dengan masalah teknis di luar kendali kami seperti Force Majeure atau sebagai akibat dari kesalahan Pengguna dan/atau kelalaian Layanan kami.
9. Pengguna
Anda menyatakan, mengakui, dan menyetujui bahwa Kami tidak memiliki hak kepemilikan atas penawaran yang diposting oleh Pengguna, juga tidak terlibat dalam transaksi, pembayaran, pengiriman, dan proses purna jual antara penjual dan pembeli. Keterlibatan untuk pengiriman barang atau jasa yang terjadi melalui Layanan atau sebagai akibat dari kunjungan dan penawaran sukses yang diajukan oleh pengguna dibuat secara bebas antara penjual dan pembeli. Oleh karena itu, segala bentuk interaksi antara Penjual dan Pembeli, merupakan tanggung jawab antara penjual dan pembeli.
Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa Kami tidak dapat bertanggung jawab atas peristiwa yang disebabkan oleh kelalaian Anda, termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan, pemalsuan, penyalahgunaan Data Pribadi Anda.
Kami juga tidak bertanggung jawab atas kehilangan dan/atau kerusakan akibat malfungsi dan/atau gangguan terhadap Layanan Kami karena force majeure, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, pemogokan, perang, huru-hara, pemberontakan, tindakan militer lainnya, tindakan pihak berwenang, tindakan Pihak Ketiga yang mengakibatkan Kami tidak dapat memberikan Layanan, dan keputusan atau perubahan keputusan dari instansi terkait, termasuk pemerintah, yang mempengaruhi kinerja Layanan ini ("Force Majeure").
Pengguna setuju untuk menggunakan situs dan Layanan hanya untuk tujuan yang sah dan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini. Setiap upaya untuk memanipulasi Layanan kami atau kebijakan kami dapat mengakibatkan penghapusan akun Anda. Selain penghapusan, Anda dapat dikenakan berbagai tindakan lain, sejauh diizinkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku.
Kami dapat melaporkan kepada pihak yang berwenang berdasarkan bukti yang kami peroleh terhadap semua tindakan penipuan, pencucian uang, dan/atau tindakan melanggar hukum yang dilakukan melalui Aplikasi/Situs Labamu.
Karena penggunaan Layanan memerlukan koneksi Internet, Anda mungkin harus membayar biaya yang terkait dengan akses Internet saat menggunakan Layanan, Aplikasi, atau Situs. Pengguna bertanggung jawab untuk melakukan semua pengaturan yang diperlukan untuk mengakses Layanan.
Anda menyatakan, menjamin, dan bertanggung jawab bahwa setiap Materi yang Anda sampaikan pada Aplikasi/Situs merupakan informasi yang akurat dan valid serta tidak melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
10. Proposals
Kamu tidak menerima atau mempertimbangkan materai kreatif, ide atau saran selain hal-hal yang secara spesifik kami minta, untuk menghindari kesalahpahaman, jika ide Anda memiliki kesamaan terhadap hal-hal yang kami kembangkan, Mohon tidak untuk mengirimkan materi kreatif kepada kami menggunakan layanan email atau hal tersebut akan kami anggap bukan sebagai informasi rahasia dan merupakan milik umum.
Anda bertanggung jawab atas konten yang Anda kirimkan, termasuk email atau materi yang dipublikasikan seperti foto, ilustrasi, klip audio, dan video, serta segala konsekuensi yang timbul dari pembagian konten tersebut. Anda, atau pemilik pihak ketiga, tetap memegang hak paten, merek dagang, atau hak cipta atas konten yang Anda bagikan melalui Layanan. Anda bertanggung jawab untuk melindungi hak-hak ini dan memperoleh izin atau persetujuan yang diperlukan.
11. Penambahan Akun Lainnya
Anda berhak untuk menambahkan akun lain atau akun karyawan dan/atau karyawan Anda dalam Aplikasi/Situs Labamu. Setiap aktivitas yang dilakukan oleh akun karyawan Anda adalah tanggung jawab Anda.
12. Pengguna Akun Premium
Kami menyediakan layanan premium berbayar bagi Anda yang ingin menggunakan layanan, fitur, dan manfaat tambahan dari Layanan. Penggunaan layanan premium akan dikenakan biaya berlangganan sebagaimana tercantum dalam Aplikasi/Situs. Pengguna dapat memilih paket berlangganan akun premium sesuai dengan preferensi Pengguna.
13. Perilaku Pengguna
Anda secara tegas, memahami, dan menyetujui bahwa:
Layanan yang diberikan disediakan "sebagaimana adanya", "dengan semua kesalahan", dan "sebagaimana tersedia" tanpa jaminan apa pun. Kami secara tegas menyangkal jaminan apa pun mengenai keamanan, keandalan, dan kinerja aktivitas yang dilakukan oleh pengguna di Layanan.
Labamu tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas isi diskusi, obrolan, publikasi, transmisi, papan buletin, dan sejenisnya di Layanan, atau atas kesalahan, fitnah, sumpah serapah, fitnah, kelalaian, kebohongan, tindakan tidak bermoral, pornografi, kata-kata kotor, ancaman dan / atau bahaya yang diajukan oleh Pengguna lain. Namun, ini tidak membatasi hak Kami untuk menghapusnya dari Layanan kami atau mengambil tindakan lain terhadapnya atas kebijakan Kami.
Anda tidak boleh mempublikasikan atau mengirimkan Materi apa pun yang, atau dapat dianggap secara wajar, kasar, menyinggung, melanggar hukum, mengancam, memfitnah, memfitnah, melanggar kesusilaan, memalukan, menghasut, penuh kebencian, berprasangka atau menyinggung ras atau agama, pornografi, atau sugestif secara seksual, tidak senonoh, ilegal, mengancam, melecehkan, mengintimidasi orang atau entitas mana pun yang dapat, atau mendorong perilaku yang merupakan tindak pidana, menimbulkan tanggung jawab perdata, atau melanggar hukum.
Labamu akan bekerja sama dengan penegak hukum atau lembaga peradilan yang meminta atau mengarahkan kami untuk mengungkapkan identitas siapa pun yang menerbitkan atau mengirimkan informasi atau Materi tersebut.
Anda telah memastikan bahwa setiap informasi yang Anda unggah telah: (i) memperoleh persetujuan dan/atau izin yang diperlukan, (ii) persetujuan prasyarat dan/atau lisensi masih berlaku dan (iii) produk dan/atau layanan yang diiklankan bukan merupakan produk dan/atau layanan yang dilarang diperdagangkan secara umum berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Transaksi yang diproses di Labamu harus sah secara hukum dan terkait dengan bisnis tempat akun Anda terdaftar dan tidak dalam keadaan apa pun yang dibuat untuk kegiatan dan hal-hal yang dilarang keras berdasarkan syarat dan ketentuan ini, termasuk Layanan apa pun yang Anda gunakan untuk menghindari biaya transaksi baik oleh kami atau entitas terkait lainnya. Secara khusus, Anda tidak boleh mengubah/memodifikasi/memvariasikan/membagi/mengubah transaksi yang valid dengan alasan apa pun.
Labamu berhak atas kebijakannya sendiri untuk menilai keabsahan transaksi yang diproses di platform kami dan membebankan biaya yang sesuai yang akan diterapkan seolah-olah Anda tidak mengubah / memodifikasi / bervariasi / membagi / mengubah transaksi apa pun. Setiap transaksi yang tidak sah dapat menyebabkan penutupan permanen akun Anda. Aturan ini juga berlaku untuk setiap transaksi yang termasuk dalam fitur transaksi tak terbatas di bawah berbagai Layanan berlangganan kami yang mungkin telah Anda gunakan atau mungkin telah Anda alokasikan.
Selain itu, Anda dilarang menggunakan Labamu untuk melakukan aktivitas yang melanggar atau menyimpang dari syarat dan ketentuan mitra kami atau penyedia Layanan Pihak Ketiga saat menggunakan Layanan kami atau Layanan mereka di platform kami.
14. Daftar Layanan dan Barang yang Dilarang
Saat menggunakan Layanan, Anda dilarang:
melakukan, membantu dan atau melakukan kegiatan yang melanggar hukum, undang-undang, aturan atau peraturan;
meniru atau berafiliasi dengan Labamu tanpa izin tertulis dari Kami termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan hak kekayaan intelektual Labamu;
dengan sengaja dan tanpa hak menyiarkan, melakukan, mendistribusikan, mengirimkan, dan/atau membuat tulisan, suara, gambar, peta, desain, foto, pertukaran data elektronik (EDI), email, telegram, teleks, telecopy atau sejenisnya, huruf, tanda, angka, Kode Akses, simbol, atau perforasi yang telah diproses yang memiliki makna atau dapat dimengerti oleh orang yang mampu memahaminya ("Informasi Elektronik") dan/atau Informasi Elektronik yang dibuat, ditransmisikan, ditransmisikan, diterima, atau disimpan dalam bentuk analog, digital, elektromagnetik, optik, atau sejenisnya, yang dapat dilihat, ditampilkan, dan/atau didengar melalui Komputer atau Sistem Elektronik, termasuk namun tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, desain, foto atau sejenisnya, huruf, tanda, angka, Kode Akses, simbol atau perforasi yang memiliki arti atau makna atau dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya ("Dokumen Elektronik"), yang memiliki konten yang melanggar kesusilaan publik;
dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan, mengirimkan, dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki konten perjudian;
dengan sengaja menyerang kehormatan atau nama baik orang lain dengan menuduh sesuatu, dengan maksud untuk mengumumkannya kepada publik;
dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mengirimkan satu atau sekumpulan data elektronik, termasuk namun tidak terbatas dengan maksud untuk merugikan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, memaksa orang dengan ancaman kekerasan untuk:
memberikan barang, yang sebagian atau seluruhnya milik orang itu atau milik orang lain; atau
memberikan hutang, membuat pengakuan hutang, atau menghapus piutang;
dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan Informasi dan/atau dokumen elektronik, dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, dengan ancaman pencemaran nama baik atau dengan ancaman pengungkapan rahasia, memaksa orang untuk:
memberikan barang yang sebagian atau seluruhnya milik orang itu atau milik orang lain; atau
memberikan hutang, membuat pengakuan hutang, atau menghapus piutang;
dengan sengaja mendistribusikan dan/atau mengirimkan informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memuat pemberitahuan palsu atau informasi menyesatkan yang mengakibatkan kerugian material bagi Kami dan/atau Pengguna Kami, dan/atau Pihak Ketiga;
dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang menghasut, mengundang, atau mempengaruhi orang lain sehingga menimbulkan kebencian atau permusuhan terhadap individu dan/atau kelompok orang tertentu berdasarkan ras, kebangsaan, suku, warna kulit, agama, kepercayaan, jenis kelamin, cacat mental, atau cacat fisik;
dengan sengaja menyebarluaskan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang diketahuinya mengandung pemberitahuan palsu yang menimbulkan kerusuhan di masyarakat;
dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik secara langsung kepada Kami dan/atau Pengguna Kami, dan/atau Pihak Ketiga yang mengandung ancaman kekerasan dan/atau intimidasi;
dengan sengaja dan tanpa hak untuk melakukan tindakan yang mengakibatkan kerugian material bagi Kami dan/atau Pengguna Kami, dan/atau Pihak Ketiga;
dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses, melanggar, menerobos, melampaui, atau membobol sistem keamanan sistem elektronik yang Kami gunakan dengan cara apapun;
dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mencegat atau mencegat informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik dalam Aplikasi atau Situs Kami;
dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mencegat transmisi informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang tidak bersifat publik dari, ke, dan dalam Layanan Kami, baik yang tidak menimbulkan perubahan apapun atau yang menyebabkan perubahan, penghapusan, dan/atau pengakhiran informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang sedang dikirimkan;
dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apapun mengubah, menambah, mengurangi, mengirimkan, merusak, menghilangkan, memindahkan, menyembunyikan suatu informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik milik Kami dan/atau Pengguna Kami, dan/atau Pihak Ketiga yang mengakibatkan terbukanya suatu informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik rahasia agar dapat diakses oleh publik dengan integritas data yang tidak patut;
dengan sengaja dan tanpa hak atau secara tidak sah dengan cara apapun mengalihkan atau mentransfer informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik ke sistem elektronik orang lain yang tidak berwenang;
dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan tindakan apapun yang mengakibatkan terganggunya sistem elektronik dan/atau menyebabkan sistem elektronik Kami tidak berfungsi sebagaimana mestinya;
dengan sengaja dan tanpa hak atau memanipulasi, menciptakan, secara tidak sah perubahan, penghilangan, pemusnahan informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik dengan tujuan agar informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik dianggap sebagai data yang otentik;
secara melawan hukum memperoleh atau mengumpulkan data tentang orang perseorangan yang diidentifikasi atau dapat diidentifikasi secara terpisah atau digabungkan dengan informasi lain baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau non-elektronik ("Data Pribadi") yang bukan miliknya dengan maksud untuk menguntungkan dirinya sendiri atau orang lain yang dapat menimbulkan kerugian bagi Kami dan/atau Pengguna Kami, dan/atau Pihak Ketiga;
secara tidak sah mengungkapkan Data Pribadi yang bukan miliknya;
membuat Data Pribadi palsu atau memalsukan Data Pribadi dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain yang dapat mengakibatkan kerugian bagi orang lain;
menjual akun Pengguna atau menerima atau menawarkan untuk menerima kompensasi, keuangan atau bentuk lain untuk mempengaruhi nama akun atau Materi yang dimasukkan ke dalam akun;
meningkatkan jumlah media sosial secara artifisial, mempromosikan Materi secara artifisial, atau manipulasi lainnya termasuk dengan:
menggunakan bot, skrip, atau proses otomatis lainnya;
memberi atau menerima segala bentuk kompensasi; atau
cara lain;
menyalin, mereproduksi, mendistribusikan ulang, merekam, mentransfer, melakukan, membingkai menggunakan "tautan dalam", "cermin", "pengikisan", "perayapan", "bot", "spider", "merobek" baik secara manual atau dengan perangkat, program, skrip, algoritma, atau metodologi otomatis lainnya, atau proses manual apa pun yang serupa atau setara atau menggunakan bagian apa pun dari Layanan atau Materi untuk melatih pembelajaran mesin atau model AI atau menyerap Layanan atau Materi kami ke dalam pembelajaran mesin atau AI model, untuk merekayasa balik, mendekompilasi, membongkar, memodifikasi, mengadaptasi, menjual, menyewakan, mengeksploitasi, menerjemahkan, mensublisensikan, menyewakan, label pribadi, memberikan kepentingan keamanan dalam mengakses, memperoleh, menyalin, memantau, atau membuat karya turunan dari bagian mana pun dari Layanan, Situs, Aplikasi, atau Materi kami atau monetisasi selain sebagaimana diizinkan secara tegas berdasarkan Ketentuan atau dengan cara apa pun mereproduksi atau menghindari struktur navigasi atau presentasi situs-situs ini untuk mendapatkan atau mencoba memperoleh setiap Materi, dokumen atau informasi melalui sarana apapun yang tidak sengaja disediakan melalui Layanan, Situs, Aplikasi atau Materi kami, untuk alasan atau tujuan apapun, termasuk menghubungkan atau menampilkan kepada publik, menyiarkan, atau menyediakan kepada publik, atau penggunaan lain yang bertentangan dengan hukum dan peraturan perundang-undangan di Indonesia;
terlibat dalam transmisi surat massal yang tidak diminta atau bentuk spam , email sampah, surat berantai, atau kegiatan komersial atau penjualan serupa atau tidak sah, seperti iklan, promosi, kontes, undian, perjudian, taruhan, atau skema piramida;
melakukan atau berniat untuk mempromosikan tindakan ilegal dalam bentuk apa pun, termasuk pelanggaran hak kekayaan intelektual Anda sendiri, hak privasi, hak publisitas, atau hak kepemilikan Labamu, mitra kami, atau penyedia Layanan Pihak Ketiga, atau akan melanggar perjanjian apa pun yang Anda ikuti dalam berpesta;
memproses atau mengizinkan pemrosesan terhadap transaksi yang:
mendukung skema piramida atau ponzi, program matriks, skema "get rich quick" lainnya atau program pemasaran berjenjang tertentu;
terkait dengan pembelian anuitas atau undian dengan hadiah yang tidak disahkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan sosial;
Memungkinkan pemesanan barang dengan membayar sebagian harga terlebih dahulu, kemudian melunasi sisa pembayaran secara berkala hingga barang dapat diambil (lay-away);
kegiatan perbankan yang dilakukan di luar yurisdiksi negara tempat bank beroperasi (Offshore banking);
Bertujuan untuk mengambil pinjaman baru atau mengganti pinjaman lama dengan pinjaman baru yang memiliki bunga atau persyaratan yang lebih menguntungkan, menggunakan kartu kredit sebagai jaminan atau sumber pembayaran;
Menjual barang sebelum stok barang riil tersedia;
oleh pemroses pembayaran untuk mengumpulkan pembayaran atas nama pedagang;
terkait dengan penjualan cek perjalanan atau wesel;
terlibat dalam Layanan penukaran mata uang, pencairan cek, transfer uang, rentenir, pengiriman uang atau pinjaman Islam atau bisnis yang tidak diatur atau Layanan pinjaman online;
melibatkan perbaikan kredit tertentu, layanan penyelesaian utang, transaksi kredit atau kegiatan asuransi;
berkaitan dengan keuangan yang tidak memiliki izin terkait sesuai dengan bidang usahanya;
berkaitan dengan Layanan yang dianggap eksploitatif atau predator atau dianggap berdampak negatif terhadap reputasi Labamu; atau
melibatkan menawarkan atau menerima pembayaran untuk tujuan penyuapan atau korupsi;
melibatkan penjualan produk atau Layanan yang diidentifikasi oleh lembaga pemerintah memiliki probabilitas penipuan yang tinggi atau terkait dengan pengkhianatan terhadap Indonesia;
menyediakan tautan ke Situs, Aplikasi, atau Materi dari situs web atau halaman situs mana pun yang menimbulkan klaim tentang kekuatan penyembuhan atau peningkatan kesehatan zat apa pun, baik zat tersebut diproduksi, dipasarkan, dijual, atau didistribusikan oleh Labamu.
membeli barang atau jasa ilegal atau melanggar hukum, termasuk kegiatan kriminal yang berkaitan dengan pencucian uang atau kegiatan pendanaan teroris yang terkait dengan teroris baik secara langsung maupun melalui pihak lain dengan cara yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia;
bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Labamu atau persyaratan atau kebijakan lain yang berlaku untuk penggunaan Anda atas Layanan kami.
15. Daftar makanan, minuman, kosmetik yang dilarang:
Anda dan/atau Pengguna dilarang memproses atau mengizinkan transaksi yang melibatkan:
narkotika, steroid, zat yang dikendalikan atau produk lain yang menimbulkan risiko bagi keselamatan konsumen;
perlengkapan obat, khususnya peralatan, alat, atau bahan yang digunakan dalam persiapan, konsumsi, atau pemberian obat-obatan atau bahan terlarang;
obat dan zat lain yang peredarannya dilarang atau dibatasi menurut ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia;
obat keras, obat bius, obat pelangsing, dan jenis obat serta bahan lainnya yang tidak memiliki izin edar resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM);
kosmetik yang mengandung bahan berbahaya atau zat lain yang tidak memiliki izin edar resmi dari BPOM;
Makanan/minuman yang diizinkan harus memenuhi hal-hal berikut:
izin dari BPOM dan/atau dalam proses memperoleh izin BPOM yang dapat dibuktikan dengan bukti pendaftaran;
tanggal kedaluwarsa yang jelas dan benar;
semua makanan/minuman dikemas dengan baik dan tertutup;
makanan yang mudah rusak; atau
minuman keras atau minuman beralkohol.
16. Daftar Barang Terlarang:
Anda dan/atau Pengguna dilarang terlibat dalam aktivitas apa pun, mengunggah Materi Pengguna apa pun, atau mendaftar atau menggunakan nama pengguna atau menjual produk, yang merupakan atau mencakup hal-hal berikut.
barang atau jasa yang berorientasi seksual atau bersifat seksual atau tidak bermoral, termasuk prostitusi, atau obat-obatan dewasa yang tidak memiliki izin edar dari BPOM atau yang peredarannya dibatasi oleh ketentuan hukum yang berlaku;
barang atau jasa yang melanggar hak cipta dan merek seperti nama, video, deskripsi, foto.
barang atau jasa yang melanggar dianggap cabul atau mengandung kata-kata dan gambar yang kasar, kotor atau mengumpat atau dianggap melecehkan atau menghina suku, agama, ras, dan antargolongan atau menyebarkan ideologi yang prinsipnya bertentangan dengan Ideologi Pancasila;
barang palsu, imitasi, bajakan;
Pakaian Kemas yang Dilarang sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan;
senjata, seperti senjata api, senapan angin, dan semua bentuk senjata, amunisi, bagian atau aksesori senjata api tertentu, atau senjata atau pisau tertentu yang diatur oleh hukum di Indonesia;
valuta asing, meterai, meterai yang dilarang diperdagangkan melalui media elektronik, kecuali terdapat izin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia;
peralatan perjudian dan perjudian online;
zat atau benda yang dilaporkan memiliki kekuatan gaib dan memberikan kekuatan gaib;
alat kesehatan yang harus memiliki izin edar dari Badan Pengawas terkait;
barang yang bertentangan dengan peraturan yang berlaku di Indonesia;
sertifikat atau dokumen negara;
pestisida;
barang curian termasuk barang digital dan virtual;
barang bekas impor;
perdagangan orang, termasuk bagian tubuh manusia atau jenazah;
semua jenis hewan dan tumbuhan yang dilarang oleh hukum di Indonesia;
Barang kustodian, mengacu pada barang atau properti yang ditempatkan di bawah perawatan, penguasaan, atau penjagaan entitas atau individu tertentu. Barang-barang ini dipercayakan kepada orang yang bertanggung jawab atas penyimpanan, pemeliharaan, dan penanganannya yang tepat, termasuk barang-barang yang disimpan dalam kapasitas kustodian oleh Pihak Ketiga atas nama orang lain, seperti dalam akun kustodian atau layanan kustodian untuk aset keuangan;
barang hasil kejahatan;
barang yang mengandung tembakau dan nikotin seperti rokok elektronik dan uap elektronik;
barang yang dapat meledak atau menyala sendiri;
ekspor dan impor barang yang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia.
barang yang mendorong, mempromosikan, memfasilitasi atau menginstruksikan orang lain untuk terlibat dalam kegiatan ilegal;
item yang mengubah, menghapus, menyalahi atau melanggar hak cipta, merek dagang, hak kekayaan intelektual lainnya, hak publisitas atau privasi atau hak kepemilikan lainnya berdasarkan hukum yurisdiksi mana pun;
item yang mempromosikan kebencian, kekerasan, ras, atau bentuk intoleransi lainnya yang bersifat diskriminatif atau eksploitasi finansial atas kejahatan.
17. Kepemilikan
Anda dan/atau Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Layanan dan setiap perangkat lunak yang diperlukan yang digunakan sehubungan dengan Layanan ("Perangkat Lunak") mengandung hak kekayaan intelektual dan/atau informasi rahasia, Materi dan Materi lain yang dilindungi oleh hak kekayaan intelektual yang berlaku dan undang-undang lainnya (termasuk, namun tidak terbatas pada, hak cipta, merek dagang, merek Layanan, dan paten). Anda dan/atau Pengguna mengakui bahwa Anda dan/atau Pengguna tidak memperoleh hak kepemilikan atas kekayaan intelektual apa pun melalui penggunaan Layanan. Kecuali secara tegas diizinkan oleh kami, Anda dan / atau Pengguna tidak boleh memodifikasi, menyewakan, meminjamkan, menjual, mendistribusikan, membuat karya turunan berdasarkan, atau menggunakan Perangkat Lunak, Layanan, atau Materi apa pun yang terkandung di dalamnya, secara keseluruhan atau sebagian. Selain itu, Anda dan/atau Pengguna tidak boleh menyalin, menggandakan, menerbitkan ulang, mengunggah, menerbitkan, mengirimkan, atau mendistribusikan Materi dari Layanan dengan cara apa pun tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari kami.
Labamu, logo yang menyertainya, tampilan produk, dan semua kekayaan intelektual lainnya yang digunakan dalam Layanan dimiliki oleh Labamu atau afiliasi terkait.
18. Iklan
Dengan menjadi pengguna Layanan, Anda dapat memilih apakah Anda ingin menerima informasi terkait Layanan, penggunaannya, dan hal-hal lain terkait penggunaan akun Anda, sedangkan informasi ini akan kami kirimkan dengan itikad baik melalui notifikasi baik berupa email atau notifikasi aplikasi atau bentuk lainnya. Jika Anda memilih untuk tidak menerima informasi, Anda dapat memberi tahu kami dengan menghubungi layanan pelanggan kami.
19. Penyelesaian Sengketa
Semua perselisihan, kontroversi atau klaim yang timbul dari atau sehubungan dengan Layanan, Situs, Aplikasi dan perjanjian berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, termasuk pertanyaan tentang keberadaan, validitas, penghentian, atau hubungan hukum yang terbentuk karenanya, pada akhirnya akan diselesaikan melalui arbitrase sesuai dengan aturan arbitrase Badan Arbitrase Nasional Indonesia, saat ini berlokasi di Wahana Graha Lantai 1 &; 2, Jalan Mampang Prapatan No. 2, RT.4/RW.1, Duren Tiga, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760 ("BANI"), dengan aturan arbitrase BANI pada saat arbitrase tersebut dimulai, yang aturannya dianggap dimasukkan melalui rujukan ke dalam klausul ini ("Arbitrase"). Arbitrase harus dilakukan dengan satu (1) arbiter. Tempat Arbitrase adalah Jakarta, Indonesia, dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.
20. Keseluruhan Perjanjian, Hukum yang Mengatur, Tanpa Pengabaian, Keterpisahan
Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi dan hubungan Anda dengan Kami tunduk pada, diatur dan tunduk pada hukum Republik Indonesia, dan Anda setuju untuk terikat oleh yurisdiksi hukum Republik Indonesia.
Beberapa ketentuan yang terkandung dalam Syarat dan Ketentuan ini dapat digantikan oleh ketentuan atau pemberitahuan lain yang dipublikasikan di tempat lain dalam Layanan. Pengguna tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini yang merupakan perjanjian Layanan antara Pengguna dan Labamu. Selain itu, Pengguna juga tunduk pada semua amandemen atau perubahan Syarat dan Ketentuan ini, kecuali Pengguna secara tegas menyatakan ketidaksetujuannya terhadap perubahan tersebut.
Pengguna juga tunduk pada syarat dan ketentuan Layanan pihak ketiga yang digunakan oleh Pengguna sebagai mitra Labamu. Kegagalan kami untuk menjalankan atau menegakkan hak atau ketentuan apa pun dari Ketentuan ini tidak akan dianggap sebagai pengabaian hak atau ketentuan tersebut. Jika salah satu dari ketentuan ini ditemukan tidak sah atau tidak dapat dilaksanakan, para pihak masih setuju bahwa ketentuan lainnya dari Ketentuan ini tetap berlaku dan memiliki kekuatan hukum penuh.
Kecuali ditentukan lain dalam undang-undang atau peraturan apa pun, klaim atau tindakan apa pun yang timbul dari atau terkait dengan penggunaan Layanan atau Syarat dan Ketentuan ini hanya dapat diajukan dalam waktu maksimal 1 (satu) tahun setelah terjadinya hal tersebut.
21. Pengakhiran
Kami berhak berdasarkan diskresi kamu untuk melakukan suspensi atau pengakhiran Perjanjian ini apabila Anda dan/atau Pengguna (terdaftar) berdasarkan penilaian kami melakukan beberapa hal berikut:
· Melakukan hal-hal yang melanggar ketentuan peraturan dan hukum yang berlaku;
· Mempublikasikan gambar dan/atau Konten yang melanggar hak cipta
Para Pihak dengan ini setuju untuk menyampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia, sejauh pengakhiran Perjanjian ini membutuhkan putusan pengadilan.
22. Korespondensi
Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang persyaratan ini, atau jika Anda ingin melaporkan pelanggaran persyaratan ini, silakan hubungi kami di +6281615399990 atau cs@labamu.co.id
23. Disclaimer mengenai Jaminan
Kami berhak untuk mengubah kebijakan dan Syarat & Ketentuan kapanpun, atas alasan apapun. Kami akan memberitahu Anda dan/atau Pengguna terhadap segala perubahan yang terjadi terhadap ketentuan ini yang ditandai kalimat “tanggal efektif” yang terdapat pada bagian atas halaman ini. Jika Anda dan/atau Pengguna memiliki pertanyaan atau komentar tentang kebijakan privasi dan Syarat & Ketentuan ini, silahkan menghubungi kami di cs@labamu.co.id dan kami berharap Anda untuk menulis “Kebijakan Privasi” pada subyek email.
Anda mengakui dan setuju bahwa segala komentar dan saran yang Anda berikan kepada kami, tidak wajib bagi kami untuk menerakan hal tersebut.