top of page

10 Karakteristik Wirausaha yang Harus Dimiliki untuk Kesuksesan Bisnis

7 Oktober 2024

Bagikan Artikel Ini

Karakter wirausaha menjadi salah satu faktor penting untuk dapat mempertahankan keberlangsungan usaha. Memiliki karakteristik wirausaha dapat membantu pebisnis untuk bisa bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat dan kompetitif setiap harinya. 

Sebab, dalam menjalankan usaha, modal dan cara promosi tidak menjadi hal yang harus kamu peertimbangkan. Mempunyai karakteristik wirausaha yang kuat juga tidak kalah pentingnya. Karakteristik ini akan sangat membantu pebisnis untuk membangun sekaligus menjalankan bisnisnya. 


Karakteristik Wirausaha untuk Kesuksesan Bisnis



Karakteristik wirausaha adalah perilaku atau sikap yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis, atau dalam hal ini pengusaha untuk dapat mengoperasikan bisnisnya dengan optimal. 

Lalu, apa saja karakteristik yang dimaksud? Berikut ini beberapa di antaranya: 


1. Berkomitmen

Seorang wirausaha yang sukses harus memiliki komitmen yang kuat. Ini karena komitmen memiliki hubungan yang erat dengan setiap tindakan maupun perkataan yang pastinya akan menjadi tanggung jawabmu kemudian. 

Komitmen yang kuat dalam menjalankan bisnis akan membentuk kepercayaan antara diri dan bisnis yang kamu kelola. Inilah mengapa, hal tersebut bisa membuat kamu lebih mudah untuk membuat strategi bisnis. 


2. Disiplin 

Disiplin juga menjadi karakteristik wirausaha yang harus ada, sikap ini akan menunjukkan kalau kamu terus berusaha untuk melakukan strategi yang tepat untuk mempertahankan bisnis di tengah ketatnya persaingan.

Disiplin dalam hal ini berkaitan dengan seberapa teraturnya kamu dalam mengoperasikan bisnis. Melalui sikap ini, kamu bisa membangkitkan semangat dan memotivasi diri untuk dapat mencapai tujuan. 

Mulailah dengan hal kecil, misalnya disiplin untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, mengatur jadwal kerja, waktu pertemuan dengan klien, dan lainnya. 


3. Percaya diri

Salah satu langkah awal untuk dapat memulai bisnis adalah rasa percaya diri. Pasalnya, kamu percaya pada kapabilitas diri sendiri untuk dapat menciptakan dan menjalankan usaha. 

Rasa percaya diri menunjukkan kalau kamu telah siap untuk menghadapi semua kendala dan rintangan. Namun, sebaiknya kamu tidak melakukannya berlebihan, imbangi dengan tindakan pengendalian diri sehingga tidak menimbulkan kesan sombong.


4. Kreativitas

Karakteristik wirausaha yang tidak kalah pentingnya adalah kreativitas tanpa batas. Ini karena kreativitas bisa memicu munculnya ide bisnis maupun produk dan bisa menjadi pembeda antara bisnismu dengan pesaing. 

Sebuah kreativitas tentu harus sejalan dengan inovasi sehingga bisnis atau produk yang kamu ciptakan dapat menarik minat calon pelanggan. Jika memungkinkan, tak ada salahnya melakukan riset pasar untuk mengetahui tren dan kebutuhan pelanggan. 


5. Tidak mudah menyerah

Menggeluti bisnis dari nol tentu sangat menantang. Tak jarang, kamu pun menghadapi risiko kegagalan selama berjalannya bisnis. 

Kecewa boleh saja, tetapi kamu tidak boleh mudah menyerah. Kegagalan bisa menjadi motivasi di masa mendatang sehingga kamu tidak mengulangi kesalahan serupa. 


6. Bekerja keras

Karakteristik wirausaha selanjutnya adalah bekerja keras. Kamu pasti pernah mendengar kalimat “kerja cerdas dan kerja keras untuk kesuksesan” bukan? Contoh mudahnya, kamu ingin mendapat air untuk memenuhi kebutuhan harian. 

Bayangkan jika kamu hanya menerapkan prinsip kerja keras, kamu mungkin berakhir sebagai pengangkut air, berjalan bolak-balik dari rumah ke sumber mata air. Berbeda cerita jika kamu turut menerapkan prinsip kerja cerdas. 

Kamu akan memikirkan bagaimana strategi terbaik untuk menyalurkan air bersih dengan menggunakan pipa dari sumber mata air ke rumah sehingga tidak lagi perlu bolak-balik untuk mengangkutnya. 


7. Berani mengambil risiko

Bersikap berani untuk bertanggung jawab terhadap semua keputusan dan mengambil risiko juga menjadi karakteristik wirausaha lain yang harus kamu punya. 

Misalnya, kamu berani mengambil risiko jika bisnis merugi atau bahkan gagal, dan bertanggung jawab atas semua pilihan tersebut. 

Bahkan, lebih baik lagi kalau kamu punya solusi untuk setiap masalah yang kamu hadapi sehingga kejadian serupa tidak lagi terulang di masa mendatang. 


8. Jujur

Dalam kondisi apapun, jujur menjadi aspek yang harus selalu kamu pegang teguh, tidak terkecuali dalam bisnis. Sikap jujur akan selalu beriringan dengan kepercayaan. 

Jika kamu telah dipercaya, maka bisnis akan berkembang dengan lebih mudah. 


9. Berfokus pada masa depan

Menjadi seorang pengusaha berarti selalu bisa berpikir untuk berbagai situasi dan kondisi di masa mendatang. Contohnya, terus mencari peluang sehingga bisa memajukan bisnis dan tetap bertahan di tengah ketatnya persaingan. 

Seseorang yang memiliki orientasi pada masa mendatang atau visioner akan beranggapan bahwa kesalahan, kekeliruan, dan kekurangan yang pernah terjadi sebelumnya sebagai pengalaman dan pembelajaran yang sangat berharga. Pun, mereka tidak akan terus mengingat, bahkan menyesali berlarut-larut semua masalah tersebut. 


10. Dapat bekerja sama dengan berbagai pihak

Pada hakikatnya, manusia merupakan makhluk yang memerlukan orang lain, bahkan tidak bisa hidup tanpa berinteraksi dengan makhluk lainnya, menjadi dasar mengapa manusia disebut sebagai makhluk sosial. 

Akan tetapi, tidak dapat dimungkiri pula bahwa sosialisasi tidak dapat dilakukan oleh setiap orang dengan mudah, terutama dalam hal menjalin hubungan, baik pribadi maupun profesional. 

Nah, sebagai pengusaha, bersosialisasi adalah hal mutlak. Kamu harus bisa berinteraksi, bahkan menjalin relasi dan hubungan kerja sama yang baik dengan semua pihak. 

Mulai dari klien, target audiens, supplier, hingga penyalur. Tanpa adanya relasi yang baik, bukan tidak mungkin bisnis tak akan mampu berkembang. 

Memiliki karakteristik wirausaha di atas menjadi langkah awal yang sangat tepat untuk menjalankan bisnis. Meski begitu, kamu tidak boleh lupa untuk selalu memiliki strategi terbaik untuk mengoptimalkan operasional bisnis. 

Labamu dapat menjadi aplikasi yang membantu mewujudkan kemudahan tersebut. Melalui fitur yang tersedia, bisnis bisa dipastikan akan berjalan optimal sehingga kamu bisa segera mendapatkan profit. Yuk, daftarkan bisnismu sekarang!

bottom of page