top of page

Tak Perlu Keluar Modal Besar, Ini 13 Franchise Makanan di Bawah 5 Juta. Ada Banyak Pilihan!

3 Oktober 2024

Bagikan Artikel Ini

Bisnis franchise makanan menjadi salah satu yang paling banyak dilirik banyak orang, apalagi yang biayanya di bawah 5 juta rupiah. Dengan biaya semurah itu, kamu sudah bisa memiliki bisnis sendiri.

Namun, sebelumnya kamu harus tahu apa saja yang harus dilakukan saat memulai bisnis franchise makanan agar bisa sukses dan usaha terus berjalan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dan pilihan bisnis franchise makanan di bawah 5 juta rupiah.


Tips Memulai Bisnis Franchise Makanan



1. Pilih Sesuai dengan Minat

Salah satu faktor bisnis sukses adalah yang dijalankan sesuai dengan minat. Begitu juga dengan bisnis franchise makanan. Jangan hanya tergiur biaya di bawah 5 juta rupiah, tetapi jika bisa pilih yang menjual makanan yang kamu suka.


2. Lakukan Riset Pasar Franchise yang Diinginkan

Kamu harus tahu apa yang diinginkan calon pelanggan. Jadi, kenali target pelanggan yang kamu incar, mulai dari minat, kebutuhan, daya beli, hingga persona lainnya. 

Riset pasar bisa  dilakukan dengan hanya dengan pengamatan mata atau sedikit usaha lebih dengan membagikan survey ke orang secara acak.

Cara ini sangat penting untuk memperkirakan pendapatan yang akan dihasilkan per bulan dan berpengaruh besar terhadap tingkat penjualan.


3. Kenali Merek Franchise yang Ingin Dibeli

Sekali lagi, jangan hanya tergiur karena harga franchise-nya yang murah, tetapi kenali juga bisnisnya. Sebisa mungkin, cari franchise makanan di bawah 5 juta rupiah yang sudah memiliki nama dan cukup terkenal dalam pasar yang sudah luas.

Selain itu, kenali juga sistem operasional serta ketentuan keuntungan dan pembayarannya. Tanyakan juga mengenai kemungkinan pemilik franchise mengubah kebijakannya di waktu mendatang.


4. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi yang salah bisa membuat bisnis franchise seterkenal apa pun tidak akan sukses. Jadi, pastikan kamu memiliki lokasi yang strategis, yang memang dilewati oleh keramaian orang.

Lokasi yang tepat juga bisa membuat konsumen bertambah setiap saat sehingga kamu bisa lebih mudah untuk mengembangkan sayap bisnis lainnya. 


5. Siapkan Modal yang Dibutuhkan

Meski kamu secara spesifik memilih bisnis franchise di bawah 5 juta rupiah, tetapi ada kemungkinan modal yang kamu butuhkan lebih dari itu.

Mengapa? Karena modal yang kamu keluarkan bukan hanya membeli franchise, tetapi juga biaya lainnya. Misalnya saja sewa tempat, membeli peralatan yang tidak disertakan dalam franchise, dan sebagainya.

Namun, jangan mengeluarkan modal awal terlalu besar karena sebenarnya keberhasilan bisnis franchise bukanlah dari modal. Melainkan ide, inovasi, dan kreativitas saat menjalankan bisnis.


Pilihan Bisnis Franchise Makanan di Bawah 5 Juta Rupiah



1. Bakso Benhil

Bakso bisa dibilang makanan sejuta umat dan disukai oleh hampir semua orang. Salah satu bisnis franchise bakso yang bisa dipertimbangkan adalah Bakso Benhill.

Bisnis bakso yang telah memiliki kurang lebih 72 mitra di berbagai kota besar di Indonesia ini, memiliki harga franchise yang sangat terjangkau.

Hanya dengan mengeluarkan uang sekitar Rp4 juta, kamu sudah bisa mendapatkan bakso sebanyak 500 – 600 porsi. Selain itu, kamu akan mendapatkan bimbingan saat membuka bisnis ini.


2. Burger Brambang

Ini adalah burger premium yang menggunakan 100% daging sapi Australia.

Harga termurah dari bisnis franchise ini adalah hanya Rp3,45 juta. Hanya saja dengan harga tersebut, kamu tidak mendapatkan gerobak dan peralatan. Namun, kamu akan tetap mendapatkan training dari chef.

Sementara paket lain sudah lebih lengkap berkisar antara Rp6 juta hingga Rp10 juta.


3. Chicken Lemon

Chicken Lemon franchise camilan ayam yang dipotong-potong dan dibalut dengan tepung, lalu digoreng dan diberikan saus dan bumbu.

Varian sausnya juga bermacam-macam, mulai dari seperti cabe pedas, barbeque, hingga dan keju. Sementara varian bumbu yang dapat dipilih adalah seperti original, pedas, padang, madu, dan keju.

Harga franchise makanan ini juga masih di bawah 5 juta rupiah. Ada dua opsi yang dapat dipilih, yaitu paket tanpa booth seharga Rp3,2 juta dan dengan booth dengan harga Rp4 juta.


4. Cilok Pop

Berbeda dengan cilok abang-abang, Cilok Pop adalah cilok kekinian yang memiliki saus beragam. Mulai dari saus kacang, blackpaper, hingga bolognese.

Untuk memiliki usaha ini, kamu cukup membayar harga kemitraan sebesar Rp4 juta dan akan mendapatkan 40 bahan baku, booth, serta peralatan penunjang lainnya.


5. Crispy Crab

Seperti namanya, Crispy Crab menjual makanan olahan kepiting-kepiting kecil yang dibalur dengan tepung yang sudah dibumbui, kemudian digoreng hingga kering. Setelahnya, kepiting yang sudah matang akan ditaburi bumbu.

Untuk memiliki bisnis franchise makanan ini, harganya juga masih di bawah 5 juta rupiah dan dimulai dari Rp3 Juta.


6. Endogmu

Konsep bisnis franchise yang satu ini adalah menyediakan berbagai menu makanan dari telur. Sebut saja telur dadar, telur gulung, bihun telur, dan masih banyak lagi.

Harga bisnis franchise ini juga sangat terjangkau dan ada beberapa paket usaha yang bisa dipilih. Paket usaha termurah adalah seharga Rp3,9 juta, tetapi tanpa booth dan sudah mendapatkan peralatan masak lengkap dengan bahan baku untuk 100 porsi.


7. Pentol Planet

Selain cilok, pentol juga menjadi camilan yang mulai digandrungi banyak orang. Untuk bisnis franchise, kamu bisa memilih Pentol Planet yang sudah berdiri sejak 2007.

Jangan takut harus mengeluarkan modal besar karena harga kemitraannya mulai dari Rp1,5 jutaan saja. Dengan modal tersebut, kamu sudah mendapatkan bahan baku, video pelatihan, dan fasilitas untuk melakukan branding.

Jika ingin fasilitas yang lebih lengkap, kamu bisa memilih paket kemitraan seharga Rp2,5 juta.


8. Pisang Nugget Kece

Sejak 2014, Pisang Nugget Kece sudah berdiri dan masih terus sukses beroperasi hingga saat ini. Varian toping yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari green tea, cokelat, meses, almond, hingga pinkberry.

Untuk modal awalnya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp5 jutaan dan sudah bisa mendapatkan beberapa peralatan masak yang dibutuhkan.


9. Tahu Jos Jos

Ingin memiliki bisnis franchise makanan tahu goreng crispy dengan harga di bawah 5 juta rupiah? Tahu Jos Jos jawabannya.

Tahu yang memiliki varian berbagai macam bumbu ini menawarkan harga paket franchise yang murah, yaitu hanya Rp4 juta. Dengan harga itu, kamu sudah mendapatkan booth, stand banner, kompor, dan perlengkapan lainnya.


10. Tahu Popito

Kelebihan franchise tahu ini adalah diolah dengan tepung berkualitas dan menggunakan resep dari chef hotel bintang 5. Namun, harga franchise-nya sangat murah, yaitu mulai dari Rp4,7 juta.

Dengan paket franchise yang paling murah itu, kamu sudah mendapat booth, bahan baku untuk 200 porsi, kompor, regulator, dan wajan. Selain itu, kamu juga akan diberikan neon box, stand banner, dan lainnya.


11. Taw Taw Tahu

Franchise makanan tahu lain di bawah 5 juta rupiah yang bisa menjadi pilihan adalah Taw Taw Tahu. Sama seperti namanya, Taw Taw Tahu merupakan camilan renyah dengan bahan utama dari tahu.

Uang yang harus kamu keluarkan untuk mendapatkan franchise ini adalah mulai dari Rp4,3 jutaan. Kamu akan mendapatkan fasilitas peralatan untuk jualan, seperti bahan baku, serta pelengkapnya.


12. Waroeng Royal Dimsum

Tak perlu mengeluarkan uang banyak jika ingin bisnis franchise dimsum. Di Waroeng Royal Dimsum, kamu hanya perlu membayar biaya franchise sebesar Rp3 jutaan.

Dari harga itu, kamu sudah bisa mendapatkan set paket 30 box produk, 1 pcs stempel, spanduk, brosur, serta promosi online. Semua itu sudah cukup untuk memulai bisnis dimsum.


13. Yago Chicken

Berbeda dengan makanan olahan ayam lainnya, Yago Chicken menggabungkan dua konsep makanan Indonesia dan Korea. Jadi, yang dijual adalah ayam geprek dengan cita rasa khas Korea.

Keunikan lain bisnis franchise ini adalah tidak membuka toko offline dan hanya berjualan tersedia secara online. Pemesanannya disediakan melalui berbagai platform, seperti Go-Food, Grab Food, dan sebagainya.

Hanya dengan modal sekitar Rp4 jutaan, kamu akan mendapatkan berbagai peralatan dan bahan baku untuk mulai berjualan secara online.


Itulah beberapa pilihan franchise makanan di bawah 5 juta rupiah. Jika sudah mulai berjualan, jangan lupa melakukan manajemen yang baik agar bisnis bisa sukses.

Kamu bisa mendapatkan bantuan dari aplikasi Labamu untuk memudahkan menjalankan usaha dan membuat bisnis semakin bertumbuh. Sudah ada lebih dari 84.000 pengusaha Indonesia merasakannya.

Di aplikasi Labamu, ada berbagai fitur yang bisa digunakan. Mulai dari QR Menu, Atur Bahan Baku, Order Management, Produk, hingga Tagihan, Laporan, dan Buku Utang.

Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi Labamu di Google Play atau App Store agar bisnis franchise makanan yang kamu jalankan bisa sukses!



bottom of page