top of page

Order Management System: Notifikasi Real-Time untuk Operasional Bisnis yang Lebih Efisien

22 Juli 2024

Bagikan Artikel Ini

Dalam dunia bisnis, segala sesuatunya harus dijalankan secara efisien. Termasuk saat menerima order. Di sinilah order management system menjadi sangat berperan dan penting dalam menjalankan bisnis.

Apa itu order management system, manfaatnya, dan contoh aplikasi terbaik yang bisa digunakan? Baca semuanya di sini, ya!



Pengertian Order Management System



Order Management System (OMS) atau sistem manajemen pesanan adalah alat digital yang digunakan dalam e-commerce untuk melacak penjualan, pesanan, inventaris, dan pemenuhan pesanan.

Sistem ini merampingkan siklus pemrosesan pesanan, mulai dari penerimaan pesanan hingga pengiriman, tetapi tetap memastikan akurasi dan efisiensi.

Jadi, bisa dibilang OMS sangat penting untuk menjaga kepuasan pelanggan dan efektivitas operasional penjual.


Manfaat Menggunakan OMS


1. Meningkatkan Akurasi Pesanan

Saat menjalani bisnis, memenuhi pesanan tanpa OMS bisa dibilang langkah yang berisiko. Alasan utamanya karena memproses pesanan secara manual bisa membuatmu rentan terhadap human error atau kesalahan yang dibuat manusia. 

Dampaknya tidak hanya merusak pengalaman pelanggan, terutama jika kamu mengirimkan produk yang salah ke pelanggan yang salah, tetapi juga menjadi mimpi buruk bagi logistik.

Ini bisa mengakibatkan jumlah pengembalian yang kamu perlukan untuk memproses jadi meroket, begitu juga uang yang kamu keluarkan untuk mengoreksi pesanan yang tidak akurat. 

Semua kejadian di atas bisa diatasi dengan penggunaan OMS.


2. Menerima, Mengemas, dan Mengirim Pesanan Lebih Cepat

Meskipun besarnya biaya pengiriman tetap menjadi pertimbangan yang penting bagi pembeli, tetapi kecepatan produk berubah dari “pesanan sedang disiapkan” menjadi “pesanan sudah dikirim” juga tidak kalah penting.

Jadi, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses pesanan dan menyerahkannya ke logistik, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk tiba ke tangan pembeli.

Dengan menggunakan OMS, maka proses pesanan akan diotomisasi sehingga menghasilkan pengiriman yang lebih cepat dan kepuasan pelanggan yang lebih baik.


3. Memenuhi Harapan Pelanggan

Seperti yang disebutkan di atas, pengiriman adalah subjek sensitif untuk pembeli, bahkan yang sudah jadi pelanggan.

Jika pesanan sering terlambat sampai atau tidak sesuai perkiraan, bukan tidak mungkin tokomu ditinggalkan meskipun memiliki harga yang bersaing atau berkualitas tinggi.

Di sinilah manfaat Order Management System sangat terasa karena dapat membantumu memenuhi ekspektasi pengiriman, dengan memberitahu pelanggan kapan harus mengharapkan pesanan mereka sampai.


Aplikasi dengan OMS Terbaik



Jika bisnismu belum menggunakan OMS, sekarang saat terbaik untuk memulainya. Lalu, aplikasi apa yang memiliki OMS terbaik yang bisa kamu gunakan untuk kelancaran usaha? Labamu jawabannya!

Ini adalah aplikasi yang sudah dipercaya oleh lebih 70.000 UMKM di Indonesia, serta sudah merasakan pertumbuhan dan kemudahan dalam menjalankan usaha bersama Labamu.

Salah satu fitur andalan di aplikasi ini adalah Order Management. Fitur ini menghadirkan kemudahan pemesanan dari smartphone pelanggan karena memiliki sistem yang sudah terintegrasi.

Jadi, hanya melalui fitur Order Management ini, kamu bisa mengecek, menerima, memproses, dan menyelesaikan pesanan dengan cepat dan mudah.



Keuntungan Menggunakan Fitur Order Management Labamu


1. Mendapatkan Notifikasi Real-Time

Dengan fitur ini, kamu bisa menerima pemberitahuan langsung setiap kali ada pesanan masuk. Dengan begitu, kamu bisa memberikan pelayanan lebih cepat sehingga kepuasan pelanggan terus meningkat.

Cara menerima pesanan online di fitur Order Management:

  • Klik “Kelola Pesanan” pada menu “Usaha” di aplikasi Labamu.

  • Pilih pesanan yang ingin kamu proses.

  • Cek ketersediaan menu atau item yang dipesan pelanggan.

  • Terima pembayaran Jika belum.

  • Klik “Pesanan Selesai” jika sudah lunas.


2. Pilihan Pembayaran Online atau Offline

Fitur Order Management memberikan keleluasaan pada pelanggan untuk memilih metode pembayaran.

Bisa membayar secara langsung atau tunai di kasir atau jika pelanggan berbelanja secara online, bisa melakukan pembayaran secara transfer, QRIS, dan Virtual Account dari HP.


3. Memiliki Riwayat Penjualan Lengkap

Fitur ini akan memberikan riwayat penjualan yang lengkap sehingga kamu bisa mengetahui menu atau item apa yang kurang atau paling disukai oleh pelanggan.


Fitur QR Menu yang Terintegrasi dengan Order Management

Jika kamu menggunakan aplikasi Labamu, kamu juga bisa mengecek dan menyesuaikan pesanan yang masuk melalui sistem Order Management yang terintegrasi dengan QR Menu.

Berikut adalah keuntungan menggunakan fitur ini untuk bisnismu:


1. Share Menu Jadi Lebih Mudah

Di tempat usaha, kamu bisa menyediakan QR Menu ini agar pelanggan lebih mudah mengaksesnya. Jika ingin dibagikan ke media sosial, kamu juga cukup membagikan QR Menu ini.


2. Bisa Pesan Langsung dari QR Menu

Saat akan memesan, pelanggan bisa melakukannya langsung dari QR Menu yang kamu sediakan atau melalui microsite yang sudah terintegrasi. Proses pesan menjadi lebih cepat dan praktis.


3. Lebih Mudah Mengelola Pesanan

Lewat QR Menu, pesanan yang masuk di kasir dan yang harus disiapkan di dapur bisa langsung terintegrasi. Fitur ini membuat pengelolaan pesanan jadi lebih efektif.

Cara membuat QR Menu ini juga sangat mudah, yaitu:

  • Masuk ke menu "Kelola" di aplikasi Labamu, lalu pilih "Menu Online"

  • Klik "Unduh QR Menu"

  • Cetak QR Menu dan pajang di toko atau share ke media sosial



Simpulannya?



Tidak semua orang bisa bersahabat dengan teknologi, termasuk saat menggunakan Order Management System atau OMS ini. Mungkin kamu perlu beberapa waktu untuk terbiasa menggunakannya.

Namun, setelah bisa beradaptasi dan mulai terbiasa, kamu akan merasakan dampak positif menyimpan semua data pesanan, memenuhinya secara otomatis, dan menyediakan data real time pengiriman kepada pelanggan dalam satu aplikasi.

Jadi, tunggu apalagi? Segera install Labamu Premium, lalu gunakan fitur Order Management dan QR Menu untuk kemudahan menjalankan usahamu!



bottom of page