Fitur Atur Bahan Baku di Labamu: Bisa untuk Manajemen Persediaan dan Juga Tempat Catatan Resep
17 April 2025
Bagikan Artikel Ini

Manajemen untuk atur bahan baku yang efektif sangat penting untuk operasi bisnis karena secara langsung berdampak pada efisiensi produksi, pengendalian biaya, dan kepuasan pelanggan.
Apalagi kamu mungkin kesulitan untuk mengelola inventaris secara efektif. Ini bisa membuat kamu memesan terlalu banyak barang dan bahan sehingga harus menjual stok dengan harga diskon. Namun, jika memiliki stok yang rendah, kemungkinan kamu tidak dapat memenuhi pesanan dari pelanggan.
Itulah sebabnya menggunakan fitur Atur Bahan Baku dari Labamu bisa menjadi cara cerdas untuk mengelola bahan baku yang diperlukan dalam menjalankan bisnis. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.
Apa Itu Bahan Baku?
Bahan baku dapat didefinisikan sebagai bahan yang belum diproses yang digunakan untuk membuat suatu produk. Misalnya, bahan baku yang digunakan untuk memproduksi mainan anak mungkin termasuk plastik, kayu, cat, dan lem. Jadi, bahan baku adalah barang input atau inventaris yang digunakan produsen untuk memproduksi produk.
Dalam hal produksi, ada dua jenis utama inventaris bahan baku, yaitu sebagai berikut:
1. Bahan Langsung
Ini mengacu pada bahan yang digunakan langsung dalam memproduksi suatu produk atau bagian dari bill of material untuk barang jadi. Misalnya, bahan baku langsung untuk membuat chicken rice bowl adalah beras, ayam, bumbu-bumbu, sayur-sayuran, dan kemasan.
2. Bahan Tidak Langsung
Sementara bahan tidak langsung mengacu pada barang tambahan yang dibutuhkan dalam proses produksim, tetapi tidak masuk ke dalam produk jadi itu sendiri atau bukan bagian dari bill of material produk.
Contohnya bahan baku tidak langsung untuk chicken rice bowl adalah kompor, wajan, peralatan masak lainnya, sarung tangan sekali pakai, dan perlengkapan pembersih.
Manfaat Manajemen Persediaan Bahan Baku
Manajemen persediaan bahan baku memiliki peran penting dalam keberhasilan dan profitabilitas bisnis. Terutama jika bisnis kamu bergantung pada pasokan bahan yang stabil untuk memproduksi barang atau mengirimkan layanan.
Dengan manajemen persediaan bahan baku yang efektif, kamu memastikan bahwa bisnis memiliki bahan yang dibutuhkan sehingga dapat meminimalkan waktu yang dihabiskan untuk menunggu stok ulang. Ini juga dapat membantu kamu memproyeksikan berapa banyak bahan yang mungkin dibutuhkan ketika bisnis semakin berkembang.
Berikut adalah beberapa fungsi manajemen bahan baku yang efektif.
1. Memastikan Produksi Tanpa Gangguan
Dengan mempertahankan stok bahan penting yang memadai, bisnis kamu terus dapat memenuhi permintaan pelanggan secara konsisten dan menghindari gangguan dalam proses produksi. Ini memungkinkan kamu untuk memenuhi pesanan dengan cepat dan mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar.
2. Meminimalkan Kehabisan Stok dan Pesanan di Awal
Keduanya dapat berdampak buruk pada kepuasan pelanggan dan reputasi bisnis secara keseluruhan karena menyebabkan terhentinya produksi. Dengan manajemen bahan baku yang efektif, kamu bisa meminimalkan terjadinya kehabisan stok dengan memperkirakan permintaan secara akurat dan mengoptimalkan tingkat stok pengaman.
3. Mengurangi Risiko dan Ketidakpastian
Pengiriman bahan baku rentan terhadap berbagai risiko dan ketidakpastian, termasuk bencana alam, ketidakstabilan politik, dan kejadian tak terduga lainnya. Menggunakan manajemen persediaan bahan baku dapat membantu mengurangi risiko tersebut.
4. Mengelola Biaya dan Arus Kas
Persediaan bahan baku mewakili sebagian besar gambaran aset bisnis dan investasi modal. Jadi, dengan manajemen inventaris yang efisien, kamu bisa mengoptimalkan biaya dan arus kas karena meminimalkan biaya penyimpanan, mengurangi kelebihan persediaan, dan mengoptimalkan jumlah pesanan.
Gunakan Fitur Atur Bahan Baku di Labamu!
Jika kamu merasa sudah saatnya menggunakan manajemen persediaan bahan baku, salah satu alat terbaik yang bisa kamu pilih adalah aplikasi Labamu yang memiliki fitur Atur Bahan Baku.
Di fitur tersebut, kamu bisa mengelola persediaan bahan baku, baik secara manual atau otomatis, untuk membuat sinkronisasi bahan baku menjadi lebih praktis. Selain itu, fitur ini juga bisa membantu kamu membuat rincian bahan baku yang diperlukan untuk setiap produk.
Dengan menggunakan fitur Atur Bahan Baku sesuai kategori, kamu akan membuat struktur penyimpanan menjadi lebih terorganisir. Bahkan, kamu bisa mencatat resep penting dan membuat stok bahan baku jadi satu sehingga lebih menghemat waktu.
Ini adalah beberapa kelebihan dari fitur Atur Bahan Baku di aplikasi Labamu.
1. Efisiensi pengelolaan. Pengaturan bahan baku yang kamu miliki akan menjadi lebih terstruktur sehingga setiap bahan bisa digunakan dengan lebih optimal dan terhindar dari pemborosan.
2. Hemat waktu. Dengan sistem yang saling terhubung di dalam fitur, kamu dapat menghemat waktu dalam proses pengelolaan dan pemantauan stok.
3. Konsistensi dan kualitas. Kamu bisa membuat catatan resep secara rinci, hingga menyertakan satuan dan takarannya di dalam fitur. Dengan begitu, kamu bisa memastikan selalu menghasilkan produk terbaik dan berkualitas untuk pelanggan setia.
Cara Mengatur Bahan Baku
Berikut adalah cara mengatur bahan baku saat menggunakan fitur Atur Bahan Baku di aplikasi Labamu.
Masuk ke menu "Kelola", kemudian pilih "Atur Bahan Baku".
Klik "+ Bahan Baku".
Masukkan detail bahan baku, seperti nama, foto, dan juga harga.
Tentukan kategori dan satuan untuk setiap bahan baku.
Klik "Simpan Bahan Baku."
Jadi, tunggu apa lagi? Segera gunakan fitur Atur Bahan Baku dari Labamu dengan cara download di Google Play atau App Store, lalu rasakan kemudahan mengatur persediaan seluruh bahan baku yang kamu miliki.