top of page

Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga, Omsetnya Menggiurkan!

9 Juli 2024

Bagikan Artikel Ini

Sekarang ini, usaha bisa dimulai oleh siapa pun dan dimana pun, termasuk oleh ibu rumah tangga yang sebagian besar waktunya banyak dihabiskan di rumah. Berikut ini adalah rekomendasi usaha rumahan untuk ibu rumah tangga bisa kamu coba. 

Yuk, baca rangkuman usahanya di artikel ini sampai selesai, ya!


15 Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Menjalani peran sebagai ibu rumah tangga bukan sekedar “cuma” dan “hanya”. Kini kamu bisa tetap berdaya meski di rumah aja. Malahan, bonusnya kamu tetap bisa membersamai anak dan mengurus keluarga.

Keuntungan bisnisnya pun tak bisa dipandang sebelah mata, nggak kalah dengan pegawai kantoran. Daripada penasaran, langsung simak yuk!


1. Katering Rumahan



Ibu dan memasak adalah dua hal yang sulit terpisahkan. Selain memasak untuk keluarga di rumah, kamu juga menyalurkan hobi dan keahlian yang satu ini untuk membuka peluang usaha katering rumahan. 

Pasarnya cukup menjanjikan, mulai dari orang kantoran, ibu rumah tangga yang tak sempat memasak, atau orang-orang yang butuh untuk acara di rumahnya.


2. Bumbu Siap Masak



Bukan cuma masakan jadi yang banyak peminatnya, bumbu siap masak pun banyak digemari karena sangat membantu mereka-mereka yang tak punya banyak waktu kalau harus masak mulai dari nol. 

Jadi, kalau kamu punya bumbu rahasia yang rasanya mantul alias mantap betul, coba deh gunakan ini sebagai peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga sepertimu.


3. Paket Bahan Masakan



Repot nggak sih kalau harus beli bahan makanan satu per satu hanya untuk satu sajian? Nah, keribetan duniawi ini bisa menjadi peluang usaha yang menarik buat ibu rumah tangga. Kamu bisa menyediakan sepaket bahan masakan agar ibu-ibu lain lebih sat-set kalau belanja. 

Misalnya paket sayur asem yang di dalamnya sudah ada kacang panjang, kubis, jagung manis, sampai bumbu masaknya. Kemas yang rapi supaya menarik pembeli.


4. Franchise Makanan



Punya modal, pengen punya bisnis, tapi nggak punya pengalaman atau skill-nya? Nah, bisnis franchise bisa jadi jawabannya. Format bisnis ini bisa dibilang all-in, kamu hanya perlu menyediakan modal dan beberapa sumber daya pendukung, sisanya sudah disiapkan oleh pewaralaba. Tentu, kamu harus pintar-pintar memilih franchisor yang produknya laku keras dan bisa diandalkan.


5. Warung Pagi



Kata anak zaman sekarang, sarapan itu fondasi. Sayangnya, nggak semua punya waktu dan peralatan yang memadai untuk membuat sarapan setiap pagi. Misalnya, anak kos atau pegawai kantoran yang hidupnya berasa diuber-uber waktu. 

Oleh karena itu, kamu bisa menjadi “fondasi” mereka dengan membuka warung pagi yang menjual menu-menu sarapan, seperti bubur ayam, nasi uduk, nasi pecel, atau lainnya. Karena judulnya warung pagi, bukanya memang cuma pagi saja setelah itu kamu bisa melanjutkan hidup sebagai ibu rumah tangga.


6. Warung Sembako



Karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, ibu rumah tangga bisa membuka warung sembako yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari. Contohnya, beras, telur, minyak, sabun mandi, atau barang-barang lain yang pasti dibutuhkan dan harus segera dibeli kalau kehabisan.


7. Jasa Titip Oleh-Oleh



Mau jalan-jalan ke luar rumah tapi tetap cuan? Kamu bisa menawarkan jasa titip oleh-oleh khas di daerahmu. 

Sering kali produk-produk lokal yang khas sangat dirindukan oleh mereka yang merantau jauh dari kampung halamannya atau mereka yang singgah tapi tak punya banyak waktu untuk belanja. Sebagai solusinya, kamu bisa berperan sebagai personal shopper yang membelanjakan titipan mereka-mereka ini.


8. Jasa Membuat Hampers



Pemilik tangan-tangan kreatif, jangan skip peluang usaha yang satu ini. Sekarang ini, banyak orang saling bertukar hampers saat perayaan atau hari-hari tertentu. 

Lewat peluang usaha ini, kamu bisa memanfaatkan keahlianmu untuk merangkai hampers cantik untuk dikirimkan ke orang tersayang, klien kantor, atau rekan kerja yang mau pindah tugas.


9. Produk Fashion



Selain makanan, fashion juga termasuk bisnis yang nggak ada matinya. Hampir setiap bulan ada saja model-model baru yang keluar. Mereka yang FOMO, tentu tidak akan melewatkannya begitu saja. 

Kesempatan ini bisa menjadi peluang yang hangat untuk membuka bisnis fesyen dari rumah, baik sebagai reseller maupun membuat label sendiri.


10. Perlengkapan Bayi



Ibu-ibu yang sudah punya anak pasti paham betul betapa “tidak perhitungannya” kalau untuk urusan perlengkapan anak padahal kalau mau beli kebutuhan diri sendiri mikirnya lama banget. Itu sebabnya meskipun bisnis ini cukup segmented tapi peluang usahanya menjanjikan. 


11. Digital Freelancer



Di zaman ini, banyak sekali peluang usaha yang bisa kamu kerjakan secara remote. Kamu tak harus pergi ke kantor dan bisa melakukannya di mana pun, termasuk di rumah. 

Sebut saja pekerjaan-pekerjaan digital seperti desain grafis untuk konten media sosial, artikel blog, penerjemah, video editing, dan banyak lainnya. Apalagi sekarang ini banyak platform yang bisa membantumu mendapatkan project yang sesuai dengan rate maupun skill yang kamu miliki.


12. Affiliate Marketing



Affiliate marketer menjadi salah satu profesi yang paling banyak digemari ibu rumah tangga saat ini karena tidak terlalu menyita banyak waktu dan bisa dikerjakan di rumah. 

Meski begitu, komisinya cukup menjanjikan. Apalagi kalau semakin banyak orang yang menggunakan kode referal atau link yang kamu bagikan untuk check out barang kesayangannya.


13. Reseller atau Dropshipper



Ide usaha rumahan yang satu ini cocok untuk ibu rumah tangga karena kamu hanya perlu menawarkan produk yang sudah ada. Bahkan dalam format bisnisnya, kamu hanya perlu bertindak sebagai “perpanjangan tangan” karena produk hingga proses pengirimannya akan dilakukan oleh produsen.


14. Kursus Online



Kesadaran masyarakat untuk mengembangkan potensi membuat peluang usaha kursus online semakin dilirik. Terlebih bagi mereka yang memiliki keahlian khusus yang sangat dibutuhkan. 

Misalnya kursus bahasa, les privat, les mengaji, dan sebagainya. Karena sifatnya daring, kamu bisa memberikan tutor online melalui Google Meet, Zoom, atau aplikasi sejenisnya.


15. Jasa Konsultan



Keahlian dan pengalaman adalah dua hal yang membuat seseorang sangat berharga. Bagi kamu yang memiliki sertifikasi atau lisensi di bidang tertentu tapi ingin berkarier dari rumah, membuka jasa konsultan adalah pilihan yang tepat. Misalnya memberikan konseling parenting, financial planning, atau konsultan SEO.

Itulah sederet ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang ingin tetap berdaya seperti kamu. Akan tetapi, biar nggak pusing-pusing mencatat transaksi dan administrasinya, kamu bisa manfaatkan fitur-fitur yang ada di aplikasi Labamu untuk mengembangkan usaha. 

Segera download aplikasinya lewat Google Play atau App Store!



bottom of page