Packaging Ramah Lingkungan: Manfaat untuk Bisnis dan Ide Menariknya
13 Februari 2025
Bagikan Artikel Ini

Seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen akan lingkungan, saat ini mereka tidak hanya concern dengan produk yang ramah lingkungan. Namun, juga pada praktik bisnis yang berkelanjutan, termasuk dalam pemilihan packaging ramah lingkungan.
Lantas apakah ini saatnya untuk mempertimbangkan ide ini? Apa manfaat dan bagaimana konsep packaging ramah lingkungan yang menarik? Temukan informasi selengkapnya di sini!
Apa Itu Packaging Ramah Lingkungan?
Mengutip laman Nemesis, packaging ramah lingkungan adalah jenis kemasan yang secara sadar dirancang untuk meminimalkan dampak lingkungan sepanjang siklus hidupnya.
Alternatif ini bisa meliputi penggunaan bahan yang dapat didaur ulang, terurai secara hayati, dan sering kali berasal dari sumber yang dapat diperbarui. Tidak seperti kemasan sekali pakai yang tidak dapat digunakan kembali sehingga menambah penumpukan limbah dan polusi.
Sama seperti kemasan lainnya, eco-friendly packaging tidak hanya mempertahankan fungsi utamanya untuk melindungi isi di dalamnya, tapi juga bisa memadukan elemen pemasaran dan desain yang mendorong kecenderungan untuk membeli. Namun, tanpa mencemari atau memberikan dampak negatif pada lingkungan.
Manfaat Penggunaan Packaging Ramah Lingkungan untuk Bisnis
Penggunaan packaging ramah lingkungan memberikan banyak manfaat, baik untuk Bumi maupun bisnis. Berikut adalah beberapa di antaranya.
1. Mengurangi Dampak Negatif untuk Bumi
Penggunaan jenis kemasan yang dapat didaur ulang, terurai secara hayati, atau dapat dijadikan kompos secara signifikan mengurangi dampak negatif terhadap planet ini dengan membantu mengurangi jumlah sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir dan polusi yang disebabkan oleh plastik.
2. Meningkatkan Reputasi Merek
Perusahaan yang menunjukkan komitmen terhadap sustainability terbukti mampu memperkuat kepercayaan konsumen, membangun loyalitas, dan mudah dibedakan dengan pesaingnya. Itu artinya, niat baik untuk menyelamatkan Bumi, juga mampu meningkatkan reputasi merek secara menyeluruh.
3. Menciptakan Keunggulan Kompetitif
Memperhatikan keberlanjutan dan berinvestasi dalam penggunaan kemasan ramah lingkungan dapat menarik pelanggan yang memiliki concern yang sama. Ini sekaligus menciptakan keunggulan kompetitif yang membuat bisnismu lebih menonjol dari milik pesaing. Bisa menciptakan unique selling proposition juga bukan?
4.Mengurangi Biaya Transportasi
Kemasan ramah lingkungan yang berkualitas sering kali dibuat dari bahan-bahan yang lebih ringan, seperti kertas daur ulang, bioplastik tipis, atau material berbasis serat alami. Bobot yang lebih ringan bisa mengurangi biaya pengangkutan, terutama dalam sistem pengiriman yang biaya transportasinya dihitung berdasarkan berat barang. Selain itu, kemasan yang ramah lingkungan biasanya dirancang lebih minimalis dan efisien sehingga mengurangi ukuran keseluruhan paket.
5. Memacu Inovasi Lebih Lanjut
Berinvestasi dalam kemasan ramah lingkungan membuka pintu bagi inovasi. Kamu akan mulai mengeksplorasi solusi dan alternatif lainnya untuk mengembangkan bisnis yang ramah lingkungan secara menyeluruh—bukan hanya dari pilihan kemasannya. Secara tidak langsung, kamu ikut berkontribusi pada pengembangan teknologi berkelanjutan. Tentu saja, ini tidak hanya menguntungkan lingkungan tetapi juga memposisikan bisnismu sebagai pelopor.
Konsep Packaging Ramah Lingkungan
Selain menekankan aspek fungsionalnya, packaging yang ramah lingkungan juga bisa menampilkan sisi estetik dan futuristik. Berikut ini adalah beberapa konsep packaging ramah lingkungan yang mungkin bisa menginspirasimu. Simak, ya!
1. Kemasan yang Dapat Ditanam
Plantable packaging bukan hanya sebuah gagasan. Konsep kemasan ramah lingkungan ini sudah digunakan oleh sebuah perusahaan skincare dan bodycare di Colorado, Amerika Serikat. Mereka menggunakan kemasan yang terbuat dari biji pohon cemara. Konsumen hanya perlu merendamnya dalam air, menanamnya di tanah, dan membiarkan bijinya tumbuh.
2. Kemasan yang Dapat Dimakan
Melihat ke masa depan, edible packaging agaknya bakal menjadi tren yang menarik untuk digarap serius. Tanpa daur ulang dan tanpa limbah, biodegradabilitas dimulai dan berakhir pada kamu. Menarik kan kalau kamu bisa memakan gelas kopi yang isinya sudah kamu habiskan?
3. Bioplastik
Bioplastik adalah jenis kemasan plastik yang terbuat dari sumber daya alam terbarukan. Misalnya pati jagung, serat tebu, dan selulosa. Memang tidak sepenuhnya dapat terurai secara hayati, tapi bioplastik tidak meninggalkan sisa yang beracun.
4. Furoshiki
Furoshiki adalah kain yang biasanya digunakan oleh orang-orang Jepang untuk membungkus kado. Namun, ini bagus bukan, selain melindungi isi kontennya, kain pembungkusnya bisa menjadi hadiah tambahan, digunakan kembali, atau bahkan diubah menjadi sesuatu yang lebih bernilai, seperti topi, tas, atau sarung bantal.
5. Kemasan Antimikroba
Banyak orang membeli makanan lebih dari kebutuhannya dan sering kali ini berakhir di tempat sampah! Betapa mirisnya mengingat masih banyak manusia lain yang hidup kekurangan makanan. Nah, untuk memperpanjang masa simpannya, kemasan antimikroba bisa jadi salah satu cara untuk membuat makanan tidak cepat rusak.
6. Kemasan Cerdas
Bagaimana dengan kemasan yang bisa menunjukkan kualitas isinya. Misalnya untuk menunjukkan seberapa segar ikan tuna di dalamnya. Kemasan ini juga bagus untuk obat-obatan atau skincare sehingga penggunanya tahu bahwa produk tersebut sudah tak layak lagi karena kualitasnya sudah rusak.
7. Kemasan Daun
Kenapa tidak menggunakan daun sebagai pembungkus makanan? Cara ini sudah digunakan sejak dulu, tapi sudah mulai ditinggalkan karena dianggap tidak praktis dan tidak estetik. Namun, bukankah di tangan orang yang tepat ini bisa menjadi sebuah seni?
Baca juga: 6 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Desain Kemasan Produk
Itu tadi adalah beberapa ide packaging ramah lingkungan untuk inspirasi bisnismu. Lain dengan inspirasi yang bisa muncul dari mana saja, untuk laporan keuangan dan pemantauan operasional bisnis, solusinya cuma bisa kamu percayakan pada Labamu.
Hanya dalam satu aplikasi, kamu bisa mengontrol hampir semua aktivitas bisnis di mana pun dan kapan pun. Yuk, segera download aplikasinya lewat Google Play atau App Store.