Mengenal Sasaran Promosi dan Contohnya yang Tepat untuk Bisnis
25 September 2024
Bagikan Artikel Ini
Setiap jenis usaha tentu memerlukan strategi yang berbeda untuk bisa berkembang dan mempromosikan produknya. Namun, dari banyaknya strategi yang ada, salah satu yang populer dan banyak dipilih adalah sasaran promosi.
Aktivitas promosi ini tentunya bertujuan untuk memenuhi target pasar. Melalui kegiatan ini, perusahaan berharap pelanggan yang berinteraksi akan melakukan pembelian produk yang dipromosikan.
Meski begitu, tentu setiap pemilik bisnis perlu memahami dengan baik tentang apa itu sasaran promosi, dan bagaimana langkah yang bisa dilakukan sehingga promosi tersebut tepat sasaran.
Bukan tanpa alasan, ini karena semua aktivitas promosi yang kamu lakukan mempunyai dampak yang signifikan terhadap anggaran bisnis secara menyeluruh. Agar bisa mendapat gambaran yang lebih mendetail, baca artikel ini sampai selesai, ya!
Mengenal Sasaran Promosi
Lalu, apa itu sasaran promosi? Jadi, sasaran promosi adalah audiens atau kelompok orang tertentu yang merupakan target atau sasaran promosi perusahaan yang diharapkan bisa melakukan pembelian produk yang dimiliki atau ditawarkan.
Tak hanya itu, sasaran promosi dapat pula dikatakan sebagai kelompok audiens atau orang tertentu yang memang dipilih untuk menjadi target pasar bisnis. Pengkategorian ini punya potensi mengarah pada tindakan transaksi produk yang ditawarkan.
Apa Saja Contoh Sasaran Promosi?
Dalam operasionalnya, bisnis memang harus terus berinovasi dan berkembang sehingga bisa mendongkrak penjualan. Melakukan sasaran promosi dapat menjadi salah satu cara yang bisa dicoba.
Meski begitu, promosi juga tidak bisa dibilang mudah karena setiap bisnis mempunyai gaya atau ciri promosi yang tidak sama.
Agar lebih memudahkan melakukan strategi satu ini, berikut contoh sasaran promosi yang perlu diketahui:
1. Dinas Pemerintah
Instansi atau dinas pemerintah dapat menjadi salah satu contoh sasaran promosi. Pasalnya, ada banyak kebutuhan yang perlu dipenuhi dalam dinas pemerintahan sehingga bisa melakukan seluruh aktivitas operasional mereka.
Instansi pemerintah dapat menjadi opsi sasaran promosi yang berpotensi mendongkrak penjualan produk. Meskipun begitu, pastikan produk yang kamu tawarkan merupakan barang kebutuhan instansi tersebut.
2. Penyalur atau Distributor
Selain instansi pemerintah, distributor atau penyalur juga dapat menjadi sasaran promosi yang dapat kamu pertimbangkan untuk mendongkrak penjualan produk.
Adanya penyalur dapat memudahkan kamu mempromosikan dan menjual produk kepada pelanggan, bahkan untuk audiens atau target pasar yang tidak kamu prediksi sebelumnya.
3. Pelanggan yang Memiliki Keinginan untuk Membeli
Kalau kamu ingin mempunyai kelompok audiens yang lebih spesifik, pelanggan dengan keinginan untuk membeli yang tinggi dapat menjadi pertimbangan. Kelompok ini dianggap memiliki peluang yang lebih besar untuk tetap memakai produk sesuai kebutuhan.
Selain itu, promosi untuk kelompok pasar ini juga bisa dikatakan lebih mudah. Ini artinya, perusahaan bisa mencapai sasaran penjualan dengan optimal.
4. Masyarakat Umum
Tidak sama dengan sasaran promosi kalangan tertentu, mempromosikan produk kepada masyarakat umum dengan cakupan yang lebih besar lagi juga menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan penjualan produk.
Meski begitu, ketika menentukan masyarakat yang menjadi sasaran promosi penjualan produk, maka artinya kamu harus membuat kampanye promosi yang lebih menarik. Jadi, promosi yang kamu pilih bisa diterima oleh masyarakat luas.
Apabila sasaran promosi ini sukses, dampak untu perusahaan juga sudah pasti menjadi lebih baik karena keuntungan yang meningkat.
5. Konsumen Loyal
Meski sedang mencari sasaran promosi baru, jangan lupa untuk tetap melakukan promosi ke para pelanggan loyal atau tetap. Sebab, sebagai konsumen yang kerap membeli produk, kamu tentu harus mempertahankan loyalitas dengan memberikan pelayanan terbaik bagi mereka.
Dengan tetap menjaga konsumen loyal, mereka akan merasa semakin dekat dengan pihak penjual, dan selanjutnya terus menggunakan produkmu meski ada banyak produk serupa dari pesaing.
Cara Menentukan Sasaran Promosi yang Tepat
Sebenarnya, sasaran promosi dapat menjadi salah satu cara yang efektif yang bisa dicoba untuk meningkatkan profit bisnis.
Meski begitu, kamu tetap perlu menyesuaikan sasaran promosi dengan produk maupun target yang mempunyai kebutuhan dan kapabilitas untuk melakukan pembelian produk tersebut. Begini langkah-langkahnya:
1. Pemisahan Geografis
Pertama, manfaatkan pemisahan geografis. Langkah ini dapat membantu memastikan target pasar sesuai dengan wilayah dan lokasi tertentu, seperti kabupaten, kota, provinis, kode area, dan lainnya.
Pemisahan geografi dapat membantu kamu lebih mudah mengenali kebutuhan pasar tujuan sesuai ciri khas produk yang nantinya dipasarkan.
2. Demografi
Kemudian, demografi yang termasuk pendidikan, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, dan lainnya. Melalui data ini, kamu bisa mengidentifikasi jenis produk yang sesuai dan langkah promosi yang bisa dilakukan.
3. Psikografi
Pengelompokan pasar juga bisa diketahui sesuai dengan psikografi yang secara spesifik menilai kepribadian target.
Dalam hal ini, pelanggan, akan memilih untuk membeli produk yang sesuai dengan kapabilitasnya. Sebab, setiap orang memiliki kemampuan finansial yang berbeda.
4. Waktu promosi
Langkah berikutnya adalah memastikan waktu promosi. Menentukan waktu yang pas bisa memengaruhi daya tarik calon pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.
Contoh mudahnya, menjual peranti kesehatan ketika memasuki masa pandemi.
5. Insentif
Setelah memastikan pengelompokan pasar dan waktu promosi, kamu bisa memastikan total insentif yang diperlukan dan ketentuannya secara mendetail.
Misalnya, memberikan potongan harga untuk pelanggan loyal yang telah bergabung menjadi anggota.
6. Media
Terakhir, menentukan media promosi yang tepat. Media menjadi faktor penentu yang perlu kamu perhatikan. Sebab, media yang kamu pilih juga berpengaruh pada besar pengeluaran yang harus kamu siapkan. Agar lebih terjangkau, kamu bisa memanfaatkan media promosi digital seperti sosial media.
Jadi, kamu telah mengetahui sasaran promosi, contohnya, dan bagaimana langkah tepat melakukannya. Namun, kamu juga harus memastikan operasional bisnis berjalan optimal. Salah satu solusi tepat untuk memastikannya adalah menggunakan aplikasi Labamu.
Ada banyak fitur penunjang yang bisa kamu manfaat untuk menjamin aktivitas bisnis tetap berjalan lancar. Jadi, pastikan kamu pakai Labamu, ya!