top of page

Advertising adalah Bentuk Pemasaran Penting dalam Bisnis. Ini Manfaat dan Tipe-Tipenya!

18 November 2024

Bagikan Artikel Ini

Advertising adalah bagian penting dari semua pemasaran bisnis.

Ini menjadi alat ampuh yang dapat membantu kamu menarik pelanggan, memberitahu mereka tentang produk atau layanan yang kamu jual, dan membangun kepercayaan dengan mereka.

Dengan memahami apa itu advertising dan pentingnya bagi bisnis, ini dapat membantu kamu mendapatkan keuntungan.

Berikut adalah penjelasan mengenai advertising, apa manfaatnya untuk bisnis, dan tipe-tipenya.


Advertising adalah

Advertising atau iklan adalah kegiatan promosi yang bertujuan untuk menjual suatu produk atau layanan kepada audiens target.

Ini merupakan salah satu bentuk pemasaran tertua yang bertujuan untuk mencoba memengaruhi tindakan audiens targetnya sehingga mau membeli, menjual, atau melakukan sesuatu yang spesifik.

Ada tiga jenis advertising yang selama ini dilakukan oleh banyak orang, yaitu:


  • Above the Line

Iklan ini tidak ditargetkan ke grup tertentu dan dibuat untuk menjangkau audiens yang besar. Jenis iklan ini biasa ditayangkan di TV, radio, dan majalah.


  • Below the line

Ini jenis iklan yang ditujukan untuk audiens target tertentu. Bisa berupa email promosi, iklan di dalam toko, dan iklan yang dibuat untuk program tertentu.


  • Through the Line

Iklan jenis ini sering digunakan untuk kampanye yang membangun merek dan memiliki campuran teknik antara above the line dan below the line.


Baca juga: 101 Marketing Plan, Semua yang Perlu Kamu Tahu Ada di Sini!


Manfaat Advertising untuk Bisnis



1. Menciptakan Kesadaran terhadap Produk atau Layanan

Advertising memiliki peran penting untuk membuat produk atau layanan bisnis dikenal oleh masyarakat luas.

Jadi, iklan bisa membangun kesadaran terhadap produk atau layanan bisnis di pasar, menarik pelanggan baru, dan tetap menjadi prioritas utama bagi pelanggan yang sudah ada.


2. Mendorong Penjualan

Advertising adalah pendorong utama penjualan untuk bisnis.

Lewat iklan, kamu dapat memberitahukan promosi khusus, mendemonstrasikan penggunaan produk atau layanan, dan menjelaskan bagaimana produk atau layanan dapat tersebut memecahkan masalah pelanggan.

Hasilnya, iklan dapat membantu merangsang permintaan baru atau menjaga permintaan yang sudah ada. Ini tentu saja dapat meningkatkan penjualan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.


3. Membangun Merek 

Melalui iklan, pesan dan visual bisnis yang konsisten di seluruh dapat tersampaikan dengan baik sehingga membantu membangun identitas merek yang kuat dan dapat dikenali.

Jika dibuat dengan baik, iklan dapat membangkitkan emosi, menceritakan kisah, atau menciptakan hubungan antara konsumen dan merek.

Keterlibatan emosional inilah yang dapat menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas di antara konsumen, yang membuat mereka lebih cenderung memilih merek kamu daripada pesaing.


4. Membedakan dari Pesaing

Di pasar yang ramai, advertising dapat menjadi alat yang ampuh untuk membantu bisnis kamu menonjol dari pesaing. Dengan iklan yang khas dan mudah diingat, kamu bisa membuat sebagai pilihan yang disukai di benak konsumen.

Diferensiasi ini sangat penting untuk menarik dan mempertahankan pelanggan, terutama di industri yang sangat kompetitif.


5. Mengukur Dampak Produk atau Layanan

Salah satu keuntungan utama dari advertising, khususnya yang digital, adalah kemampuan untuk mengukur dampak dari kampanye iklan tersebut.

Dampak tersebut bisa menjadi bukti nyata tentang seberapa baik kinerja iklan yang ditayangkan dan apakah sudah efektif menjangkau audiens targetnya.


Baca juga: Branding: Pengertian, Manfaat, dan Ragamnya


Tipe-Tipe Advertising



1. Traditional Advertising atau Periklanan Tradisional

Tipe iklan ini sudah ada selama bertahun-tahun. Advertising ini adalah metode yang digunakan sebelum munculnya internet, dan masih memiliki nilai hingga saat ini.

Contoh iklan tradisional adalah: 


  • Cetak

Seperti iklan di surat kabar, majalah, brosur, dan bahan cetak lainnya. Iklan cetak berguna untuk menjangkau audiens lokal dan dapat sangat efektif untuk bisnis kecil.


  • Papan Reklame

Struktur iklan luar ruangan besar ini biasanya ditemukan di area dengan lalu lintas tinggi, menjadikannya ideal untuk menyampaikan pesan ke banyak orang.


  • Televisi

Iklan di televisi memiliki jangkauan yang luas dan dapat ditargetkan ke audiens tertentu dengan ditayangkan selama program yang relevan. Iklan di sini juga memungkinkan cerita menjadi lebih kreatif secara visual, suara, dan gerakan.


  • Radio

Iklan di radio dapat menjangkau khalayak luas, terutama saat peak time seperti pagi dan sore hari. Karena berbasis audio, iklan membutuhkan pesan yang kuat dan menarik agar efektif.


2. Digital Advertising atau Iklan Digital

Kelebihan iklan ini adalah memiliki kemampuan penargetan dan pengukuran yang lebih tepat dibandingkan dengan iklan tradisional.

Iklan digital dapat menjangkau audiens global, menargetkan demografi tertentu, bahkan dapat disesuaikan secara real-time berdasarkan efektivitasnya.

Berikut adalah contoh iklan digital:


  • Email Pemasaran

Caranya adalah dengan mengirimkan pesan promosi langsung ke sekelompok orang yang telah memilih untuk menerimanya. Ini adalah cara langsung dan pribadi dalam beriklan untuk terlibat dengan pelanggan, mempromosikan produk, dan menjaga hubungan. 


  • Iklan Media Social

Misalnya di Facebook, Instagram, X, dan TikTok. Ini adalah opsi iklan yang dapat menjangkau audiens yang besar.

Karena bisa mengumpulkan banyak data pengguna, bisnis bisa menargetkan iklan berdasarkan demografi, minat, dan perilaku tertentu.

Iklan media sosial dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan traffic ke situs web, atau mempromosikan produk atau layanan tertentu.


  • Search Engine Optimization (SEO)

Disebut juga dengan Optimasi Mesin Pencari, ini adalah komponen kunci dari pemasaran konten. Iklan ini melibatkan pengoptimalan konten online sehingga mesin pencari akan menampilkannya sebagai hasil teratas untuk pencarian kata kunci tertentu.

Caranya adalah dengan memasukkan kata kunci dan frasa yang relevan secara strategis ke dalam konten untuk mengoptimalkan struktur dan kecepatan situs web dan mendapatkan backlink berkualitas tinggi.

Jika dilakukan secara efektif, pemasaran SEO dapat secara signifikan meningkatkan visibilitas situs web dalam hasil mesin pencari organik (tidak berbayar), yang mengarahkan ke lebih banyak traffic ke situs bisnis kamu. 


  • Pemasaran Influencer

Advertising ini melibatkan kemitraan dengan orang-orang berpengaruh di industri untuk menjangkau pengikut mereka.

Influencer dipilih karena telah membangun kepercayaan dengan audiens mereka sehingga dukungan mereka dapat memberikan kredibilitas pada bisnis kamu.

Jenis iklan ini bisa sangat efektif pada platform tempat influencer memiliki dampak yang kuat, seperti Instagram, TikTok, atau YouTube.

Itulah penjelasan mengenai advertising yang sangat penting untuk bisnis. Namun, hal lain yang tidak kalah penting adalah mengelola bisnis dengan baik agar bisa terus tumbuh dan berkembang.


Untuk membantu kamu melakukannya, ada aplikasi Labamu yang bisa menjadi solusi lengkap untuk usaha kamu karena dirancang dengan fitur canggih serba ada.

Ada fitur Toko Online, QR Menu, Order Management, Produk, Pelanggan, Karyawan, hingga Laporan dan Buku Utang.

Jadi, selain dengan advertising, download aplikasi Labamu di Google Play atau App Store adalah jalan terbaik untuk pertumbuhan bisnis kamu!

Coba Gratis!

Premium Member 14 Hari

Buat kamu yang baru, nikmati fitur lengkap untuk bantu kembangkan usaha

Banner-Free-Trial-V2-2.webp
bottom of page