top of page

9 Contoh Nama Kedai yang Menarik dan Unik, Bikin Pelanggan Penasaran

11 Oktober 2024

Bagikan Artikel Ini

Sebagai identitas dan ciri khas dari suatu gerai, nama tentu menjadi aspek paling pertama yang diperhatikan oleh calon pelanggan. Seperti halnya nama untuk anak, memilih nama untuk kedai juga tidak boleh sembarang. Meskipun ada banyak contoh nama kedai yang menarik, pemilik harus bisa membuat nama yang unik dan orisinil.

Jika membuat nama secara asal-asalan, pelanggan bukan tidak mungkin akan mempunyai keraguan untuk berkunjung ke kedai tersebut. Artikel ini akan membahas mengenai contoh nama kedai yang menarik dan tips yang bisa kamu coba untuk membuat nama yang unik dan orisinil. 


Tips Membuat Nama Kedai



Ketika menentukan nama untuk kedai, kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting, yaitu: 

  • Pastikan nama yang dipilih unik dan catchy. Ingat bahwa nama adalah ciri khas dan identitas yang menjadi pembeda kedaimu dengan pesaing. Nama yang catchy akan membuat calon pelanggan lebih tertarik, setidaknya menoleh untuk memperhatikan selama beberapa detik. 

  • Pilih nama yang dapat lebih mudah diingat oleh calon pelanggan. Nama yang keren saat diucapkan mungkin memiliki nilai lebih, tetapi tetap tidak ada artinya kalau pelanggan sulit mengingatnya. Padahal, nama kedai akan membantu calon pelanggan menemukan kedai lebih mudah, bahkan melalui mesin pencari. Memakai bahasa yang sederhana bisa menjadi langkah awal. 

  • Gunakan desain yang mudah dibaca. Ketika membuat banner atau spanduk untuk promosi atau grand opening, sebaiknya pilih desain logo dan nama dengan teliti. Pastikan memilih jenis huruf yang mudah dibaca dan usahakan desain yang dibuat tidak terlalu ramai sehingga terkesan penuh dan membingungkan calon pelanggan. 


Contoh Nama Kedai yang Menarik



Wajar adanya bila kamu merasa kebingungan saat hendak memilih nama yang pas untuk kedaimu. Sebab, nama tidak hanya harus mudah dibaca dan diingat, tetapi juga mempunyai filosofi atau makna dan visi yang sejalan dengan tujuan bisnismu. 

Sebagai inspirasi, kamu bisa simak beberapa contoh nama kedai yang menarik dan mudah diingat berikut ini. Nama-nama tersebut terbagi dan dibedakan sesuai dengan jenis bisnis yang dilakukan. 


Bisnis sayuran


1. Kedai Sayur

Pertama kali mendengar namanya, kamu pasti sudah tahu kalau kedai ini menjual aneka jenis sayuran. Kedai ini beroperasi secara daring dan bekerja sama dengan banyak mitra sehingga dapat membuka peluang baru. Melalui Kedai Sayur, masyarakat bisa berbelanja aneka sayuran berkualitas dengan lebih mudah.


2. TaniHub

TaniHub ada karena terdapat banyak sekali masyarakat di seluruh penjuru negeri yang menggantungkan hidup dari hasil pertanian. Sayangnya, tak sedikit petani lokal yang masih belum mendapatkan kesejahteraan. 

Sesuai namanya, TaniHub berperan sebagai penghubung antara konsumen dengan petani. Nama ini dipilih sesuai dengan visi dan tujuan dari bisnis tersebut, yaitu menjadi perantara dengan tujuan untuk mensejahterakan petani. 


3. Sayurbox

Contoh nama kedai yang menarik juga tidak lepas dari Sayurbox. Nama Sayurbox dipilih karena kedai ini menjual produk sayur pertama dan mengirimkan kepada pelanggan memakai boks. Sangat sederhana, tetapi kesederhaan nama ini justru membuat Sayurbox telah sangat akrab di telinga masyarakat. 


Bisnis kopi


4. Toko Kopi Tuku

Kata “Tuku” berasal dari Bahasa Jawa yang artinya “beli”. Ketika mencari nama, pemilik kedai ini menginginkan nama yang sangat sederhana tetapi menarik minat pelanggan untuk membeli kopi yang dijual. Saat ini, Toko Kopi Tuku telah menjadi salah satu gerai kopi favorit di ibu kota. 


5. Kopi Kenangan

Kopi Kenangan menawarkan pengalaman menyesap kopi yang penuh momen yang tidak terlupakan. Kedai kopi ini membawa suasana puitis dan romantis yang disematkan pula di produk minuman yang dijual. 

Sama halnya dengan Toko Kopi Tuku, Kopi Kenangan menjadi salah satu brand kopi yang diminati penyuka kopi. Bahkan, kopi satu ini telah membawa kenangannya hingga ke taraf internasional. 


6. Tanamera Coffee

Tanamera adalah tanah vulkanik berwarna merah yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang subur untuk ditanami biji kopi yang spesial. Nama ini juga menggambarkan kualitas biji kopi asli Indonesia yang selalu terjaga hingga sampai ke tangan pembeli. Saat ini, kedai kopi satu ini telah memiliki beberapa cabang hingga ke Negeri Jiran, Malaysia. 


Restoran


7. Sederhana

Siapa tak kenal dengan Restoran Sederhana? Tempat makan satu ini menawarkan aneka menu masakan khas Padang yang rasanya sangat istimewa. Sekarang ini, sudah banyak sekali cabang Restoran Sederhana yang bisa kamu jumpai, bahkan hingga ke Malaysia. 

Nama Sederhana dipilih dari nama kedai makan tempat pemilik bekerja sebelumnya yang berlokasi di Jambi. Penamaan ini bertujuan agar masyarakat lebih mudah mengingatnya. 


8. Kembang Goela

Contoh nama kedai yang menarik selanjutnya adalah Kembang Goela. Nama ini mungkin mengingatkan kamu akan jajanan saat masa kanak-kanak. Nama restoran ini diambil dari ciri khasnya yang memang menawarkan menu lokal dengan suasana nostalgia. 

Rumah makan ini menggunakan desain interior yang sangat erat dengan masa kolonial, menghadirkan kesan tersendiri untuk siapa saja yang berkunjung.


9. Dapur Solo

Bagi penikmat kuliner lokal, nama Dapur Solo juga tentu sudah tidak asing. Bisnis ini sebenarnya bermula dari usaha rumahan dari pemilik. Awalnya, pemilik menjual rujak di halaman rumahnya.

Lantas, pemilik mencoba mengembangkan bisnis kulinernya dengan menjual aneka menu khas Jawa, seperti pecel, nasi langgi, gudeg, bahkan minuman tradisional wedang ronde. Seiring waktu, pelanggan menyebut warung rumahan ini dengan Si Solo. 

Bisnis yang kian berkembang membuat pemilik mengubah nama Rumah Makan Solo menjadi Dapur Solo pada tahun 2006. 


Itu tadi beberapa contoh nama kedai yang menarik yang mungkin menjadi inspirasi saat kamu sedang berkutat untuk menamai bisnismu. Tidak hanya membuat nama yang mudah dikenal dan diingat, bisnis juga tidak lepas dari operasional yang lancar. 

Saat ini, mengelola operasional bisnis semakin mudah dengan hadirnya Labamu. Ada banyak fitur penunjang bisnis yang bisa kamu manfaatkan, seperti POS Kasir, Atur Bahan Baku, QR Menu, dan membuat Laporan hingga Tagihan. Yuk, pakai Labamu!

bottom of page