7 Ide Promo Akhir Tahun untuk Tingkatkan Penjualan dan Tambah Pelanggan Baru
6 Desember 2024
Bagikan Artikel Ini
Menjelang akhir tahun, ini adalah waktu yang tepat bagi bisnis untuk menerapkan strategi pemasaran baru untuk meningkatkan pertumbuhan dan menonjol di tengah persaingan. Salah satunya dengan memberikan promo.
Dengan memanfaatkan musim liburan dan kebiasaan belanja yang meningkat di akhir tahun, kamu bisa berusaha untuk memastikan bisnis yang dimiliki tetap menjadi yang teratas di hati konsumen dan juga calon konsumen.
Berikut adalah contoh-contoh promo akhir tahun yang bisa diterapkan dalam bisnis apa pun, tetapi dengan tujuan sama, yaitu meningkatkan penjualan dan jumlah pelanggan.
Tujuan Promosi Penjualan
Meski menawarkan promo dipandang bisa merugikan bisnis, tetapi pada kenyataannya pemilik akan mendapat manfaat dari strategi tersebut. Jadi, bukan hanya konsumen yang merasakannya.
Berikut adalah beberapa tujuan bisnis melakukan promo penjualan, khususnya di akhir tahun.
Menghasilkan keuntungan. Rasa urgensi dan keinginan yang diciptakan oleh penawaran jangka pendek bisa membuat penjualan meningkat secara signifikan. Bahkan, kamu bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan daripada jika melakukan bisnis seperti biasa.
Menarik pelanggan baru. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menarik perhatian pelanggan baru selain dengan penawaran yang menarik.
Mempertahankan pelanggan. Penawaran dan diskon membuat pelanggan tetap terlibat dan senang dan pada akhirnya akan menciptakan loyalitas.
Mempercepat siklus penjualan. Promosi adalah penawaran terbaik yang dapat membuat prospek keuntungan bisnis tetap berada di jalurnya.
Baca juga: 15 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya, Mulai dari Jadi Agen hingga Buka Coffee Shop
Ide-Ide Promo Akhir Tahun yang Bisa Dilakukan
Jika kamu juga ingin mencoba melakukan promo akhir tahun untuk meningkatkan penjualan dan menarik lebih banyak pelanggan, berikut adalah beberapa ide yang bisa dicoba.
1. Buat Promo Bundle
Caranya adalah dengan menjual satu paket yang berisi beberapa produk. Biasanya, produk-produk yang dijual dalam satu bundle saling melengkapi satu sama lain.
Tujuannya adalah untuk menarik pelanggan untuk membeli semuanya sekaligus, daripada setiap item secara individual. Misalnya, makeup bundle yang terdiri dari eye-liner, maskara, foundation, dan produk perawatan kulit.
Untuk promosi akhir tahun, coba kumpulkan barang-barang bertema liburan atau yang selama ini paling laris penjualannya dan tawarkan dengan harga diskon.
2. Promo “Buy One, Get One Free”
Ini akan menjadi promo akhir tahun yang sangat tepat karena beberapa alasan berikut:
Konsumen sedang membeli hadiah banyak orang, seperti keluarga dan teman
Pembeli yang ingin menimbun produk karena promo
Pelanggan mencari penawaran akhir tahun yang bagus
Lagipula, tak ada kata apa yang lebih baik untuk menarik lebih banyak pelanggan selain “Free” atau “Gratis”.
Selain itu, promo ini juga sangat ideal bagi kamu yang yang ingin menghabiskan stok lama.
Baca juga: Mengenal Sasaran Promosi dan Contohnya yang Tepat untuk Bisnis
3. Promo Gratis Barang dengan Pembelian Tertentu
Promo ini akan menarik banyak orang. Mengapa? Karena salah satu hal yang disukai orang selain menang adalah barang gratis. Jadi, berikan promo menarik bagi pelanggan dengan hadiah gratis akhir tahun.
Biarkan pelanggan pilihan barang yang sudah disediakan saat melakukan pembelian besar. Namun, pastikan barang yang dijadikan hadiah adalah:
Barang yang menurut kamu sebagai penjual murah.
Barang yang bagi terasa cukup berharga sehingga mau repot-repot mengeluarkan uang untuk mendapatkannya.
Barang yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.
4. Promo “Buy 1, 2nd Item 50% Off”
Promo akhir tahun ini paling cocok jika ditawarkan bersamaan dengan promosi lain yang menawarkan diskon lebih kecil.
Misalnya, kamu memiliki satu item yang diskon 10% dan juga item lain yang benar-benar ingin didorong penjualannya. Dengan promo akhir tahun “Beli 1 Dapat Diskon 50% untuk Item Kedua”, ini bisa menjadi jalan terbaik.
Alasannya karena diskon 50% tentu saja lebih baik dibandingkan dengan hanya diskon 10%.
Selain itu, pembeli cenderung membuat perbandingan untuk menentukan pilihan sehingga kemungkinan besar mereka akan memilih diskon 50% meskipun akan menghabiskan lebih banyak uang.
5. Promo Akhir Tahun: Pre-Launch Produk
Kamu memiliki produk yang akan dirilis tahun depan, maka akhir tahun inilah saat yang tepat untuk memperkenalkannya.
Jadi, tujuan utama dari kampanye promosi semacam ini adalah untuk meningkatkan awareness atau kesadaran sebelum produk dirilis dan tersedia untuk dijual secara umum.
Kamu bisa membuat pengumuman yang singkat dan menarik, seperti mengatakan, “Guys, kami punya sesuatu yang hebat tahun depan! Ada yang mau pre-order dari sekarang nggak?”
6. Promo Kupon Diskon untuk Pelanggan Baru
Penelitian menunjukkan bahwa diskon membuat 41% pembeli online melakukan pembelian. Banyak dari mereka adalah pelanggan pertama kali, yang menunjukkan bahwa diskon sebagai promosi penjualan dapat membantu membangun basis pelanggan.
Cara melakukan promo ini adalah dengan membuat popup diskon dan tampilkan hanya untuk pengunjung baru. Dengan begitu, mereka semakin tertarik untuk melakukan pembelian dan akhirnya menjadi pelanggan.
7. Promo “Clearance Sale” Akhir Tahun
Dalam bahasa Indonesia, promo akhir tahun ini disebut dengan obral. Ini bisa menjadi strategi penjualan yang tepat jika kamu perlu menyingkirkan persediaan yang berlebih sambil meningkatkan penjualan.
Obral diskon yang direncanakan dengan cermat dan dipromosikan dengan baik dapat meningkatkan penjualan dengan menarik para pemburu barang murah.
Beberapa contoh kalimat promo yang menarik adalah “Hanya 5 Hari: Obral diskon hingga 70%” atau “Obral diskon 40% hingga 70% untuk seluruh produk!”.
Jika kamu juga tertarik membuat promo akhir tahun, di aplikasi Labamu bisa lebih mudah melakukannya. Mengapa? Karena ada berbagai fitur yang bisa membantu.
Misalnya fitur terbaru Produk Bundle untuk menawarkan paket produk pilihan dan harga bersahabat dan fitur Penawaran yang bisa membuat pelanggan rajin bertransaksi dengan memberikan berbagai promosi.
Dengan adanya fitur Pelanggan di Labamu, kamu juga bisa mengenali pelanggan setia dengan lebih dekat dengan cara memelajari kebiasaan berbelanjanya di toko kamu.
Jadi, tunggu apalagi? Yuk, buat promo akhir tahun untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu di Labamu, yang bis di-download di Google Play atau App Store.