top of page

15 Cara Memulai Usaha dari Nol, Mengantarmu Sukses di Masa Depan

8 Juli 2024

Bagikan Artikel Ini

Banyak orang mengurungkan niat berbisnis karena tidak tahu harus mulai dari mana. Lewat artikel ini, kamu akan mendapat panduan bagaimana cara memulai usaha dari nol. 

Tentu prosesnya penuh perjuangan dan berbeda-beda untuk setiap orang. Namun, sebagai rule of thumb, kamu bisa mengandalkan tips berikut ini!


Cara Memulai Usaha dari Nol

Bagi seseorang yang baru pertama kali terjun ke dunia bisnis tentu muncul rasa khawatir untuk memulainya. Terlebih bagi mereka yang memulainya dari nol dan masih minim pengalaman. 

Namun sekarang kamu tak perlu khawatir karena ada tips berikut ini.


1. Tentukan Produk



Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan produk atau jasa yang akan dijual. Ada dua pendekatan yang bisa kamu gunakan, yaitu berdasarkan kebutuhan saat ini atau passion yang kamu miliki.


2. Tentukan Konsep Bisnis



Selanjutnya, tentukan konsep bisnis yang akan kamu lakukan. Apakah kamu akan memulai sesuatu yang benar-benar baru atau mengikuti yang sudah ada di pasar. 

Soal mana yang lebih baik, tentu keduanya memiliki risiko masing-masing dan kamu akan memahaminya setelah melakukan riset pasar. Oleh karena itu, jangan skip bagian itu.


3. Tentukan Target Konsumen



Dengan melakukan riset pasar, kamu bisa mempelajari dinamika bisnis. Mulai dari relevansi produk, perilaku calon pelanggan, hingga karakter kompetitor. 

Setelahnya, kamu bisa menentukan siapa target pasar yang akan kamu bidik. Apakah kamu bersaing dengan market leader, menarget niche market, atau lainnya. Ini semua adalah tahap penting yang menjadi fondasi brand dan produk yang akan kamu jual.


4. Buat Rencana Bisnis



Selanjutnya, tuangkan semua pengetahuan dan informasi yang sudah kamu kumpulkan ke dalam sebuah business plan yang komprehensif. Di dalamnya, sertakan juga visi, misi, dan model bisnis yang akan kamu jalankan. Ini berguna sebagai pedoman untuk menentukan arah dan strategi untuk bisnismu.


5. Fokus pada Satu Bisnis



Kamu boleh jadi punya banyak ide dan mimpi yang ingin diwujudkan. Namun, sebagai langkah awal cobalah untuk fokus pada satu bisnis terlebih dahulu. Ini akan menjagamu agar tidak mudah terdistraksi dengan iming-iming keuntungan jangka pendek tapi sebenarnya mengancam stabilitas bisnis yang baru dibangun.


6. Optimalkan Modal yang Kamu Miliki



Modal yang besar memang memberikan lebih banyak kemudahan dan keleluasaan. Namun, ini bukan segalanya. Optimalkan apa yang kamu miliki saat ini. 

Setelah fondasinya terbangun, kamu bisa perlahan-lahan menata keuangan bisnis dan mungkin mengajukan pinjaman bank, menggandeng investor, atau mengadopsi cara lain untuk menambah modal usaha demi mengembangkan bisnis.


7. Lakukan Analisis Keuangan



Supaya modal yang kamu miliki bisa digunakan secara optimal, lakukan analisis keuangan sebelum memulai usaha. Pastikan perhitunganmu realistis dan menggunakan harga pasar yang berlaku saat ini. 

Alih-alih menggunakan asumsi, gunakan rasio-rasio untuk membuat proyeksi keuangan, seperti BEP, PP, profit margin, dan lain sebagainya.


8. Temukan dan Tunjukkan Keunikan



Cara memulai usaha dari nol yang tak kalah penting adalah menemukan dan menonjolkan unique selling point yang kamu miliki. Gunakan ini sebagai nilai tambah yang menjual sehingga membuat calon pelanggan yakin memilih produkmu dibanding produk milik kompetitor.


9. Perhatikan Kepuasan Konsumen



Kamu perlu memahami bahwa kepuasan konsumen adalah salah satu hal yang menentukan apakah bisnismu akan longlast atau tidak. Konsumen yang puas tidak akan segan kembali dan memilihmu lagi saat mereka mencari produk yang dibutuhkan. 

Oleh karena itu, bangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan dapatkan umpan balik dari mereka untuk memperbaiki kualitas produk maupun pelayanan.


10. Tingkatkan Kualitas Diri dan Produk



Gunakan feedback yang kamu dapat untuk terus meningkatkan kualitas diri maupun produk. Sebagai pebisnis kamu tentu harus terus belajar dan mengembangkan diri untuk mendukungmu menjadi pebisnis sukses. 

Kualitas diri yang baik inilah yang kemudian akan tercermin pada kualitas produk dan layanan yang semakin baik pula.


11. Bergabung dengan Komunitas Bisnis



Nah, salah satu wadah untuk belajar dan upgrade diri adalah dengan bergabung dengan komunitas atau asosiasi bisnis. Tak menutup kemungkinan kamu akan mendapat banyak ide, pelajaran, bahkan mentor dan mitra bisnis yang bisa membantu usahamu semakin berkembang dan sukses.


12. Bangun Digital Presence



Langkah ini juga tak boleh dilewatkan karena saat ini kamu berada di era digital. Di mana calon konsumen, investor, maupun mitra bisnismu akan mencari segala informasi yang mereka butuhkan tentang bisnis dan produkmu melalui internet. 

Oleh karena itu, bangunlah digital presence untuk menampilkan citra yang positif. Kamu bisa memanfaatkan website resmi, media sosial, atau kanal digital lainnya.


13. Jajaki Peluang untuk Mengembangkan Bisnis



Sebagai orang yang belajar cara memulai usaha dari nol, kamu perlu mengerti bahwa setiap peluang pasti memiliki risiko. Begitu pula sebaliknya, setiap risiko pasti memiliki peluang. Oleh karena itu, jeli dan takut menjajaki peluang-peluang baru yang bisa membawa bisnismu berkembang lebih besar.


14. Lakukan Evaluasi Secara Berkala



Selanjutnya, lakukan evaluasi bisnis dengan rutin. Ini akan membantumu melacak, menilai, dan memperbaiki kesalahan maupun langkah-langkah yang sudah tepat sehingga harus dilanjutkan. Hanya dengan begitu, kamu bisa membuat strategi bisnis yang semakin baik.


15. Kelola Keuangan Bisnis dengan Baik



Terakhir, disiplin dan bijak mengelola keuangan bisnis adalah kunci keberhasilan. Sebaiknya kamu tidak mencampurkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis dalam satu rekening. Selain itu, pastikan semua pemasukan, pengeluaran, dan inventaris tercatat dengan rapi sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan, kamu bisa dengan mudah melacaknya.

Untuk hal ini, kamu bisa percayakan semuanya pada Labamu, aplikasi serbaguna yang sangat membantu pengusaha UMKM untuk mendokumentasikan catatan transaksi maupun administrasi bisnisnya secara real time. 

Untuk cek fitur-fitur terbaik Labamu, segera download aplikasinya lewat Google Play atau App Store!


bottom of page