top of page

10 Rekomendasi Usaha Modal 1 Juta yang Mudah Cuan

12 Juni 2024

Bagikan Artikel Ini

Memulai usaha dengan modal 1 juta sering kali dianggap mustahil. Namun, di era digital ini, anggapan tersebut mulai terbantahkan. 

Sebab, banyak sekali ide usaha modal 1 juta yang kreatif dan inovatif yang bisa kamu jalankan. Tak perlu terpaku pada modal besar, kamu bisa memulai langkahmu dengan memanfaatkan berbagai platform dan sumber daya yang tersedia.


Rekomendasi Usaha Modal 1 Juta

Memulai bisnis dengan modal hanya 1 juta bisa dibilang sebagai kebutuhan anggaran yang terbatas. Nilainya juga tidak sebesar bentuk bisnis lain seperti rumah makan atau toko kelontong. 

Namun, potensi profit usaha modal 1 juta bukan tidak mungkin akan sama dengan bentuk bisnis lain, asalkan kamu memiliki manajemen finansial yang benar. 

Sebelum membuat rencana bisnis sesuai dengan modal yang kamu punya, langkah awal yang harus dilakukan adalah memilih bisnis yang bisa dijalankan. Berikut beberapa rekomendasi usaha modal 1 juta yang bisa kamu pertimbangkan: 


1. Bisnis camilan


Ingin mendapatkan pemasukan tambahan? Kamu bisa mencoba untuk menjual makanan ringan atau camilan. Bisnis ini tidak memerlukan modal besar, cukup dengan 1 juta, kamu bisa membuat aneka camilan, seperti keripik ubi, singkong, kentang, atau bahkan membeli di distributor. 

Potensi bisnis ini juga bisa dikatakan cukup menjanjikan. Sebab, camilan menjadi makanan yang banyak diminati oleh semua kalangan. 


2. Hampers


Usaha modal 1 juta lainnya adalah berjualan hampers. Jika kamu baru mulai menggeluti bisnis ini, coba mulai dari jasa hampers lebaran atau Natal. 

Modal ini bisa kamu pakai untuk beli plastik, wadah, pita, keranjang, dan kebutuhan lain untuk pengemasan. Sementara itu, isi hampers bisa kamu beli dari pembayaran uang muka pelanggan. 

Setelah bisnis mulai berkembang, kamu bisa menjajal untuk membuka layanan hampers pernikahan atau wisuda. 


3. Printing


Hanya melalui printer, kamu sudah dapat membuka usaha modal 1 juta, yaitu bisnis printing di rumah. Modal ini bisa kamu pakai untuk membeli tinta dan kertas dan memulai bisnis kecil-kecilan. 

Jika ingin lebih berkembang, gunakan printer yang dilengkapi dengan alat pindai atau scan sehingga pelanggan juga dapat memanfaatkan jasa pindai.


4. Penulis konten (content writing)


Kalau suka menulis, kamu juga bisa memanfaatkan keahlian satu ini untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Caranya tentu saja dengan membuka jasa penulisan konten atau istilah populernya adalah content writing. 

Kerap kali, jasa ini dicari oleh perusahaan atau pemilik usaha yang memerlukan artikel untuk kebutuhan pemasaran produk atau jasa mereka. Selain blog atau website, jasa satu ini juga banyak dibutuhkan untuk promosi melalui media sosial.


5. Minuman kekinian


Menjual minuman yang sedang populer sebenarnya tidak perlu modal besar. Kamu juga bisa menjalankan usaha ini dengan modal 1 juta di rumah. 

Mulai dari jus hingga minuman teh dan boba yang masih diminati masyarakat sampai sekarang. Kamu juga bisa membuat berbagai varian atau inovasi rasa baru dengan kreasi racikan sendiri. 


6. Reseller produk


Usaha modal 1 juta berikutnya adalah membuka jasa menjual produk atau reseller. Jenis bisnis ini banyak diminati di era digital saat ini, terutama di kalangan ibu rumah tangga dan generasi milenial.  

Agar lebih cuan, pastikan untuk menjual kembali produk yang tinggi peminatnya. Misalnya, produk kecantikan, pakaian kekinian, hijab, hingga makanan instan. Namun, pastikan untuk memilih pemasok yang kredibel dan tentukan harga yang pas setelah melakukan riset pasar. 


7. Membuka toko pernak-pernik


Menjual aksesori atau pernak-pernik juga bisa kamu pertimbangkan karena tidak perlu modal besar. Bahkan, dengan modal 1 juta kamu sudah bisa menjalankan bisnis ini. 

Kamu dapat membuat aksesori yang sederhana, seperti gelang, kalung, cincin, atau ikat rambut. Namun, pastikan untuk menggunakan bahan yang berkualitas. 


8. Jasa pembuatan buket


Selain hampers, bentuk usaha modal 1 juta lain yang menarik untuk dicoba adalah jasa membuat buket untuk kebutuhan tertentu, seperti pernikahan, tunangan, kelulusan, dan lainnya. 

Isian buketnya juga bisa berupa camilan, boneka, bunga, atau bahkan uang tunai kertas. Modal yang kamu punya bisa kamu pakai untuk membeli isian, pita, kertas, dan kebutuhan lainnya.


9. Dropshipper


Jangan lupa, dropshipper juga menjadi bisnis populer di era digital. Terlebih, kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli produk seperti reseller. 

Cukup dengan bantuan promosi produk melalui kanal media sosial, kamu sudah bisa mendapat cuan. Bahkan, kamu tidak perlu mengirimkan produk, karena setiap transaksi hingga proses pengiriman menjadi tanggung jawab pihak penjual.


10. Jasa desain


Terakhir, peluang bisnis yang menjanjikan untuk kamu yang memiliki keahlian di bidang desain grafis. 

Kamu bisa menawarkan jasa ini dalam bentuk desain berbayar di berbagai platform, mulai dari desain untuk sosial media, poster, banner, baliho, dan masih banyak lagi. Modal yang kamu punya bisa kamu alihkan untuk membeli aplikasi desain premium.


Tips Sukses Berbisnis Modal Kecil

Ternyata, ada banyak peluang usaha modal 1 juta yang bisa kamu pilih, bukan? Agar bisa sukses dan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut:

  • Temukan ide bisnis yang tepat, lebih baik lagi jika sesuai dengan minat dan bakat yang kamu punya. 

  • Buat rencana bisnis, termasuk strategi dan rencana keuangan yang matang.

  • Pilih metode promosi yang minim bujet, manfaatkan media sosial yang sedang berkembang seperti Instagram atau TikTok. 

  • Lakukan riset pasar, sehingga kamu bisa melakukan bisnis yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

  • Terus berinovasi, terlebih jika kamu menjalankan bisnis yang memiliki banyak pesaing.

Jangan lupa, kelola stok barang dan transaksi dengan baik. Kamu bisa menggunakan aplikasi Labamu untuk memudahkan aktivitas tersebut. 

Labamu menawarkan banyak fitur yang membuat bisnis menjadi lebih efektif dan efisien, mulai dari POS Kasir hingga Atur Bahan Baku. Bisnis makin cuan, pakai Labamu saja!


bottom of page