top of page

10 Ide Usaha Franchise Makanan di Bawah 10 Juta, Wajib Coba

19 September 2024

Bagikan Artikel Ini

Bisnis franchise makanan menjadi pilihan menarik bagi banyak orang yang ingin memulai usaha sendiri tanpa perlu memikirkan branding dan sistem operasional dari awal. 

Salah satu opsi menarik adalah franchise makanan di bawah 10 juta yang memungkinkan calon pengusaha memulai bisnis dengan investasi minimal.

Bukan tanpa alasan, cukup dengan modal yang relatif kecil, kamu bisa memiliki usaha sendiri dan memanfaatkan brand yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. 

Artikel ini akan membahas mengenai apa saja ide usaha franchise makanan di bawah 10 juta yang bisa kamu coba. Simak ya!


Ide Usaha Franchise Makanan di Bawah 10 Juta


Franchise makanan di bawah 10 juta banyak diminati karena memberikan peluang besar bagi pengusaha pemula. Modal yang rendah membuat risiko kerugian lebih kecil dan memungkinkan lebih banyak orang untuk terjun ke dunia bisnis. 

Selain itu, dengan bergabung dalam sistem franchise, pengusaha akan mendapat pelatihan dan dukungan dari pemilik brand sehingga lebih mudah untuk menjalankan bisnis. 

Berikut ini adalah beberapa pilihan usaha franchise makanan di bawah 10 juta yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis kuliner:


1. Sabana Fried Chicken

Siapa tidak suka dengan ayam krispi yang renyah? Kamu mungkin sudah sering menjumpai makanan ini di gerai mahal yang sudah terkenal. Namun, bicara tentang Sabana, kamu bisa mencoba ayam krispi yang rasanya mirip dengan ayam serupa di gerai mahal dengan harga yang lebih terjangkau. 

Franchise ayam Sabana juga tidak memerlukan modal yang besar. Perihal nama, kamu pun tidak harus melakukan strategi promosi yang sulit karena brand satu ini sudah sangat populer, terutama di Jabodetabek. Omzet yang bisa kamu dapatkan juga cukup menjanjikan, yaitu sekitar Rp20 juta per bulan. 


2. Kebab Baba Rafi

Ide franchise makanan di bawah Rp10 juta berikutnya adalah kebab milik Baba Rafi. Sama halnya dengan ayam Sabana, bisnis ini juga sudah sangat populer sehingga menjalankannya juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya promosi. 

Baba Rafi sendiri menjadi salah satu pelopor makanan kebab di Indonesia dengan menunya yang beragam dan harga yang terjangkau. 

Bisnis ini menawarkan omzet yang cukup baik, yaitu Rp15 juta per bulan dengan keuntungan mencapai Rp 500 ribu per hari. 


3. Mr. John Singapura

Kudapan yang berasa dari Singapura ini menjadi salah satu yang populer di Indonesia. Tentu saja, menjalankan bisnisnya juga tidak sulit, mengingat popularitas produk ini. 

Hal lain yang tak kalah menarik, bisnis franchise Mr. John Singapura tidak memerlukan modal yang besar, hanya Rp8 juta dan kamu sudah bisa menjalankan bisnis ini. 

Soal keuntungan, tidak perlu cemas. Meski modalnya kecil, bisnis franchise ini menawarkan keuntungan yang cukup besar, antara Rp 9 juta sampai Rp 18 juta setiap bulannya.

 

4. Dokar (donat bakar)

Orang-orang sudah sangat akrab dengan donat, apalagi dengan rasanya yang enak dan bisa dipadukan dengan banyak toping lezat. Jika biasanya donat diproses dengan digoreng, kamu bisa mencoba bisnis donat bakar alias dokar. 

Bisnis ini juga sudah cukup populer, dengan modal sekitar Rp 7,5 juta. Dari dana tersebut, kamu sudah mendapatkan bahan-bahan untuk training, kemasan sebanyak 100 buah, dan bahan-bahan untuk melakukan training.


5. Candy Crepes

Candy Crepes juga menjadi ide franchise makanan di bawah Rp10 juta yang bisa kamu pertimbangkan, Sampai sekarang, bisnis ini juga masih tinggi peminat. Modal yang perlu kamu persiapkan tidak banyak, yaitu Rp6,7 juta saja. Menariknya lagi, bisnis ini tidak ada biaya royalti. Ini berarti, semua profit yang kamu dapatkan sepenuhnya menjadi milikmu. 


6. Taw Taw Tahu

Belakangan ini, tahu menjadi salah satu jenis makanan yang bisa diolah menjadi hidangan yang lezat dengan cara yang sangat unik. Salah satunya adalah Taw Taw Tahu, ide bisnis franchise makanan dibawah Rp10 juta yang cocok menjadi pilihan. Modal yang kamu perlu siapkan untuk bisnis ini hanya Rp4,2 juta saja. 

Bisnis ini juga tidak menganut konsep bagi hasil sehingga keuntungan sepenuhnya akan masuk ke kantong pribadi. Meski begitu, kamu perlu membayarkan paket franchise berikut ongkos kirimnya. 


7. Popchick Chicken

Selain telur, ayam memang menjadi bahan makanan yang sangat mudah diolah, terutama dengan cara digoreng. Salah satunya adalah popchick chicken, ayam goreng yang berukuran mini seperti popcorn. 

Bisnis ini juga sudah cukup populer, karena selain mudah pengolahannya, modalnya juga tidak besar, yaitu Rp7,9 juta saja. Dengan dana ini, kamu akan mendapatkan kompor gas dan peralatan memasak, sangat menarik bukan? 


8. Shizuka Takoyaki

Hidangan camilan ala Jepang memang cukup spesifik tren pasarnya, tetapi kalau bicara tentang takoyaki, penikmatnya terbilang cukup banyak. Jika ingin mempertimbangkannya sebagai bisnis, kamu bisa melirik Shizuka Takoyaki. 

Bisnis ini modalnya sangat kecil untuk bisnis kuliner, yaitu Rp2,5 juta saja. Namun, kamu sudah bisa mendapatkan peralatan untuk bisa membuat takoyaki yang telah disesuaikan dengan standar dari brand. 


9. Kuch2hotahu

Satu lagi franchise makanan di bawah Rp10 juta dari bahan tahu, Kuch2hotahu. Bisnis yang memerlukan modal sekitar Rp 8 juta ini ternyata telah memiliki mitra lebih dari 500 gerai. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi untuk membuka bisnis makanan ini karena peminatnya masih cukup tinggi. Terlebih, tahu memang menjadi makanan yang sangat lezat, cocok untuk menjadi camilan atau lauk. 


10. Bakso Benhil

Sudah tidak asing dengan nama bakso satu ini, bukan? Bakso Benhil menjadi salah satu gerai bakso yang sangat banyak peminatnya. Siapa sangka, brand satu ini juga membuka franchise yang bisa kamu pertimbangkan dengan modal kecil, yaitu mulai dari Rp4 juta. 

Meski begitu, pengusaha yang berencana untuk memulai bisnis bakso ini wajib mengikuti pelatihan. Setelah latihan selesai, tahapan lainnya bisa mulai menentukan lokasi usaha, harga, dan menghitung profit. 


Itu tadi beberapa ide franchise makanan di bawah Rp10 juta yang bisa kamu pilih untuk memulai usaha. Jangan lupa, pakai Labamu untuk memaksimalkan potensi bisnismu. Ada banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan, mulai dari POS Kasir, Order Management, Atur Bahan Baku, QR Menu, hingga Laporan. Yuk, pakai sekarang!

bottom of page