top of page

10 Faktor Keberhasilan Wirausaha, Kamu Harus Punya!

24 Juli 2024

Bagikan Artikel Ini

Faktor keberhasilan wirausaha tidak cukup dengan mengandalkan keberuntungan. Bahkan si bijak mengatakan bahwa keberuntungan adalah ketika kesempatan bertemu dengan kesiapan. Tanpa itu, keduanya bukan apa-apa.

Maka dari itu, berhentilah berpikir bahwa wirausahawan sukses di luar sana bisa mencapai posisinya saat ini hanya karena mereka beruntung. 

Berikut ini adalah beberapa faktor keberhasilan yang harus kamu kantongi untuk menjadi wirausahawan sukses. Mau tahu ada apa saja?



Apa Itu Wirausaha?



Wirausahawan adalah mereka yang menciptakan ide-ide baru, menanggung sebagian besar risiko, dan menikmati sebagian besar manfaatnya di kemudian waktu.

Memang tidak ada definisi pasti soal apa itu wirausaha dan setiap orang bisa memiliki definisi yang berbeda-beda. Namun apapun itu, wirausahawan memainkan peran penting dalam menggerakkan perekonomian.

Mereka menggunakan keterampilan dan inisiatifnya untuk mengantisipasi kebutuhan, membawa idenya menembus pasar, dan menciptakan peluang di dalamnya. Hingga pada gilirannya, mereka akan memanen keuntungan atas risiko yang telah mereka hadapi.

Mereka yang berhasil menghadapi risiko dan mengubahnya menjadi peluang bakal diganjar dengan keuntungan dan peluang pertumbuhan. Meski begitu, kesuksesan yang mereka ciptakan bukan sekadar buah dari keberuntungan. 

Banyak faktor yang memengaruhi keberhasilannya dalam berwirausaha. Baik yang berasal dari dalam dirinya maupun dorongan dari luar.


Faktor yang Memengaruhi Keberhasilan Wirausaha



Berikut ini adalah faktor-faktor yang bisa memengaruhi keberhasilan wirausaha.


1. Kemauan dan Tekad yang Kuat

Seorang wirausaha harus memiliki tekad dan kemauan yang kuat untuk terus maju mengembangkan usaha. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa cepat puas, selalu optimis, dan terus terdorong untuk melakukan upaya-upaya yang lebih baik dari waktu ke waktu.


2. Kedisiplinan dan Resiliensi

Untuk berhasil di dunia bisnis, seorang wirausaha harus memiliki kedisiplinan yang tinggi. Kebiasaan ini akan membantu mereka untuk menjaga komitmen, menjadi persisten, dan resilien apapun tantangan yang dihadapi. 

Dalam hal ini, wirausahawan harus mampu mengembangkan kemampuan untuk beradaptasi dan tetap teguh menghadapi situasi yang sulit.



3. Keberanian dan Percaya Diri



Seorang wirausaha juga harus mampu mengembangkan sikap berani dan percaya diri.  Namun, berani dalam konteks ini bukan keberanian yang awur-awuran. Melainkan sudah tertakar risiko dan konsekuensi yang mungkin dihadapi dalam setiap keputusan. 

Lantas percaya diri atas keputusannya dan yakin bahwa mereka sudah dan akan selalu melakukan yang terbaik. Apa pun kemungkinan yang akan terjadi di masa depan. 


4. Inovasi dan Kreativitas

Inovasi dan kreativitas adalah modal penting bagi wirausaha untuk mengembangkan growth mindset. Dengan terus memikirkannya, mereka akan terus menemukan cara-cara baru yang inovatif dan kreatif untuk memperbaiki kualitas dan mengembangkan keputusan-keputusan yang lebih baik demi menjawab kebutuhan pasar dan menjaga relevansi produknya.


5. Pengetahuan dan Pengalaman

Pengetahuan dan pengalaman, keduanya bisa dipelajari dan didapatkan secara formal maupun non formal, seiring dengan bertambahnya jam terbang. Sedikitnya, seorang wirausaha harus memiliki pengetahuan bagaimana cara mengelola manajerial dan operasional bisnis. 

Sementara pengalaman adalah guru terbaik yang akan menambah “sumbangan” ilmu untuk mendukungnya membuat keputusan yang lebih bijak dari yang sudah-sudah.


6. Memanfaatkan dan Menciptakan Peluang

Faktor keberhasilan wirausaha selanjutnya adalah cerdas dalam memanfaatkan peluang dan mengubahnya menjadi kesempatan untuk mengembangkan bisnis. Dalam konteks ini, wirausaha harus memiliki pemikiran dan pertimbangan yang matang sebelum melakukan aksi. 

Berkat instingnya, seringkali wirausahawan hebat berhasil mengubah sesuatu yang tadinya tampak mustahil menjadi sebuah pencapaian besar.


7. Kemampuan Manajerial dan Leadership

Kemampuan mengelola usaha termasuk dalam faktor keberhasilan wirausaha. Bukan hanya bagaimana untuk menciptakan produk yang inovatif dan mengonversinya menjadi lead, tapi juga bagaimana mereka bisa memimpin, menginspirasi, dan membawa seluruh timnya untuk bersama-sama mengembangkan visi dan misi perusahaan secara selaras.


8. Perencanaan yang Matang



Wirausaha yang sukses tidak bergerak secara sporadis. Meski kelihatannya begitu, seorang wirausaha harus tetap memiliki perencanaan yang matang. Mereka harus mampu memahami konsekuensi atas setiap keputusan yang diambil sehingga lebih siap menghadapi situasi apapun yang mungkin terjadi. 

Bahkan akan lebih baik kalau mereka menuangkannya dalam dokumen tertulis dan merincinya menjadi sebuah business plan.


9. Memiliki Modal dan Tahu Cara Mencarinya

Faktor keberhasilan wirausaha tentu juga bergantung pada modal yang dimiliki. Umumnya, semakin besar modal yang dimiliki, semakin banyak “kelonggaran” yang dimiliki untuk mencoba mengembangkan praktik-praktik terbaik. 

Kalaupun modalnya terbatas, mereka tahu bagaimana cara memperoleh tambahan modal usaha. Apakah dengan mencari angel investor, crowdfunding, mengajukan pinjaman dana ke lembaga keuangan, dan lain sebagainya.


10. Koneksi dan Relasi Bisnis yang luas

Salah satu faktor keberhasilan wirausaha juga terletak pada kemampuannya untuk membangun koneksi dan jaringan bisnis yang luas. Itu kenapa sangat penting untuk memperbanyak relasi dengan sesama pengusaha, investor, maupun konsumen. Selain menambah kawan dan pengetahuan, ini juga bisa membantumu di masa sulit. 

Terakhir dan tak kalah penting, setiap bisnis membutuhkan dokumentasi administrasi dan transaksi yang baik. Ini bisa membantumu melacak progress-progress yang telah kamu lakukan. Apakah sudah sesuai dengan rencana bisnis yang kamu gagas atau ada hal-hal yang perlu diperbaiki.

Namun itu semua mustahil kalau kamu tidak memiliki catatan bisnis yang mendetail dan komprehensif. Namun tenang, kamu bisa lho memanfaatkan aplikasi Labamu untuk mengelola semua data administrasi dan transaksi bisnis yang kamu lakukan. 

Caranya mudah, cukup download aplikasinya melalui Google Play atau App Store. Ada banyak fitur yang tersedia dan bisa kamu manfaatkan sesuai kebutuhan. Selamat mencoba!



bottom of page