Pertanyaan Yang Sering Diajukan
Temukan Jawaban Berdasarkan Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apa itu Labamu?
Labamu merupakan solusi bisnis serba ada yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan setiap usaha. Mulai dari kasir sampai pengelolaan bahan baku, semua terintegrasi dalam satu aplikasi.
Mengapa saya harus memakai Labamu?
Dengan fitur yang lengkap, tampilan yang sederhana, dan bisa diakses di mana saja, Labamu mampu menjawab tantangan yang dihadapi oleh pengusaha dari berbagai industri di Indonesia.
Apakah Labamu hanya diperuntukkan bagi UMKM?
Tentu saja tidak. Labamu cocok digunakan oleh segala jenis dan skala usaha. Mulai dari usaha mikro, kecil, menengah, besar, bahkan franchise sekalipun, semua bisa pakai Labamu. Kamu hanya perlu menyesuaikan paket Labamu yang tersedia dengan usaha dan bujetmu.
Bagaimana aplikasi Labamu bisa membantu perkembangan usaha saya?
Dengan sistem yang dapat diakses di berbagai perangkat sekaligus, Labamu membantu usahamu beroperasi lebih optimal. Usaha akan tetap jalanmeskipun kamu sedang liburan. Jadi, kamu hanya perlu fokus ke pengembangan usaha dan biarkan Labamu yang mengurus pembukuannya.
Apakah saya bisa memantau penjualan tanpa harus datang ke toko?
Ya, dengan Labamu kamu bisa memantau penjualan dari mana saja tanpa harus datang ke toko. Sistem Labamu memungkinkan kamu untuk mengecek penjualan secara real-time melalui perangkatmu.
Apakah Labamu memiliki izin resmi?
Labamu terdaftar secara resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika & Kementerian Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Domestik dengan nomor PB-UMKU 130422003264400000001 dan nomor tanda daftar PSE 006752.01/DJAI.PSE/08/2022.
Klik di sini untuk info lebih lanjut.
Apakah Labamu terdaftar di Asosiasi E-Commerce Indonesia?
Ya, Labamu terdaftar di Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dengan nomor anggota idEA-00500.
Mengapa saya harus verifikasi akun Labamu saya?
Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan setelah melakukan verifikasi akun.
Buat QRIS Statis Gratis: Setelah akunmu terverifikasi, kamu bisa mengajukan pembuatan QRIS untuk tokomu secara gratis.
Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan: Dengan akun yang telah terverifikasi, pelanggan akan lebih yakin untuk bertransaksi di tokomu.
Data Lebih Aman: Dengan melakukan verifikasi akun, usahamu akan terlindung dari penyalahgunaan data dan transaksi.
Bagaimana cara verifikasi akun?
1. Lengkapi profil usahamu di halaman “Informasi Usaha.”
2. Klik “Mulai Verifikasi Akun.”
3. Ambil swafoto sesuai dengan panduan.
4. Foto E-KTP sesuai dengan panduan.
5. Lengkapi data diri sesuai E-KTP.
6. Jika semua sudah sesuai, klik “Kirim Data.”
Untuk tutorial lebih lengkapnya, silakan tonton di sini.
Bagaimana Jika KYC Gagal?
Pelanggan dapat melakukan verifikasi/KYC sebanyak 3x dalam 1×24 jam. Jika verifikasi yang dilakukan sudah gagal sebanyak 3x, pelanggan dapat melakukan verifikasi kembali setelah 1X24 jam. Saat melakukan verifikasi kembali mohon perhatikan hal berikut :
1. ketika foto E-KTP:
a. Letakan E-KTP pada alas yang datar dan polos.
b. Pastikan pencahayaan yang pas ketika dilakukan foto.
c. Gambar jangan buram, pastikan harus gambar yang fokus dan jelas.
d. Pastikan fisik E-KTP masih terlihat bagus.
e. Pastikan data-data yang terinput dalam sistem sudah benar dan sesuai dengan E-KTP.
2. Input alamat E-mail:
a. Pastikan alamat email yang diinput adalah alamat email yang aktif.
b. Jangan ada spasi kosong pada karakter yang ada di kolom penginputan.
3. Ketika Foto wajah / Selfie:
a. Pastikan kamera tegak lurus dengan objek wajah.
b. Pastikan pencahayaan terang dan tidak backlight atau redup.
c. foto wajah diharapkan serupa / sesuai dengan foto pada E-KTP.
d. Jangan menggunakan atribut ketika melakukan foto wajah/selfie seperti halnya foto wajah pada E-KTP tidak menggunakan atribut, seperti atribut: masker, kacamata, hijab (jika tidak menggunakan hijab, atau sebaliknya)
e. Mohon menggunakan busana ketika foto selfie.
Pedoman Keamanan PIN/Password akun labamu
1. Rahasiakan PIN/password anda dan tidak memberitahukan kepada siapa pun, termasuk karyawan Labamu ;
2. Mengganti PIN/password secara berkala;
3. Gunakan PIN/password yang sulit ditebak, hindari penggunaan nomor identitas pribadi berupa tanggal lahir
4. Tidak mencatat PIN/password yang mudah diakses oleh orang lain.
5. PIN/password untuk satu produk harus berbeda dengan PIN/password produk lainnya.
Apakah saya bisa melakukan pendaftaran tanpa KYC/Verifikasi akun Labamu?
Tidak. Pendaftaran Rekening Labaku by Nobu, harus melakukan KYC/Verifikasi pada akun Labamu terlebih dahulu.
Apakah saya wajib mendaftar sebagai pengguna 'Rekening Labaku by Nobu?
Tidak. Pendaftaran Rekening Labaku by Nobu bersifat opsional, bukan kewajiban.
Jika saya sudah terdaftar sebagai 'Rekening Labaku by Nobu', apakah saya masih bisa mengganti rekening bank?
Tidak. Setelah berhasil terdaftar, pengguna tidak dapat mengganti rekening bank.
Apakah saya bisa menghapus/opt-out 'Rekening Labaku by Nobu' setelah berhasil mendaftar?
Tidak. ‘Rekening Labaku by Nobu’ yang sudah terdaftar tidak dapat dihapus/opt-out atau dinonaktifkan secara mandiri. Jika ingin menghapus/opt-out atau menonaktifkan, silahkan datang ke cabang Bank Nobu terdekat untuk melakukan proses deaktivasi akun bank.
Apakah pengguna akun HQ (multi-outlet) bisa mendaftar juga sebagai pengguna 'Rekening Labaku by Nobu'?
Tidak. Saat ini, fitur pendaftaran ‘Rekening Labaku by Nobu’ belum tersedia bagi pengguna akun HQ (multi-outlet).
Berapa batas (limit) transfer dana ke bank lain?
Limit transafer dana per transaksi ke bank lain adalah Rp250.000.000 (BI Fast). Khusus pada periode long weekend (i.e., hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional/cuti bersama), limit maksimal per transaksi adalah Rp50.000.000 (Transfer Online).
Apa itu Rekening Labaku By Nobu?
Rekening Labaku By Nobu adalah saldo labamu yang terhubung kepada rekening Labaku yang di bank yang sudah bekerja sama dalam hal ini Bank Nobu.
Bagaimana saya bisa mendapatkan Rekening Labaku By Nobu?
Anda cukup mengisi data permohonan pada aplikasi labamu
Apakah transfer dari rekening CoBrand ke rekening bank lain dikenakan biaya?
Iya dikenakan biaya sebagai berikut:
– Transfer Online: Rp6.500 per transaksi.
Apakah saldo Labamu masuk ke dalam saldo rekening Labaku By Nobu?
– Ya, saldo labamu akan terhubung dengan rekening Labaku yang ada di bank dan bisa dipakai langsung untuk transaksi dan aktifitas usaha.
– Dana yang diterima masuk ke rekening akan terpisah dari rekening pribadi.
Apakah perlu ada setoran awal dan saldo minimum?
Tidak ada setoran awal, namun saldo minimum mengendap sebesar Rp10.000, di luar biaya admin BI Fast atau Transfer Online.
Apakah ada biaya penutupan rekening dan biaya administrasi lainnya?
Ada, biaya penutupan rekening dan rekening yang tidak aktif akan mengikuti ketentuan dari Bank
Apakah mendapatkan bunga?
Ya, setiap rekening yang sudah terdaftar dan memiliki saldo akan mendapatkan bunga sesuai ketentuan Bank
Apakah ada batas minimal penarikan saldo?
Batas minimal penarikan saldo sebesar Rp.10.000
Bagaimana bila mau mengganti Kartu ATM Digital ke Kartu ATM Phisik?
Anda cukup datang ke kantor Bank Nobu terdekat dengan membawa dokumen pribadi seperti KTP dan dokumen pendukung lainnya.
Apakah ada biaya transaksi keuangan pada rekening Labaku By Nobu?
Ada, anda dapat bertransaksi penarikan saldo labamu seperti transaksi menggunakan mobile banking, yaitu bisa menggunakan metode : BI Fast, dan Transfer Online
Apakah Labamu mendukung pembayaran digital?
Ya, Labamu menyediakan opsi pembayaran digital baik untuk transaksi online maupun offline. Transaksi jadi lebih cepat dan efisien.
Apa saja metode pembayaran digital di Labamu?
Labamu menyediakan berbagai macam pilihan metode pembayaran digital, yaitu:
QRIS (Dinamis dan Statis);
Transfer Antarbank;
Dompet Digital (E-Wallet); dan
Virtual Account (VA).
Apakah metode pembayaran digital di Labamu dikenakan biaya tambahan?
Sesuai dengan regulasi dari Pemerintah untuk biaya transaksi dengan menggunakan QRIS berlaku ketentuan baru seperti dibawah ini :
Pengguna Labamu dengan akun Basic
1. Setiap transaksi kurang dari Rp500.000 bebas biaya mdr 0%
2. Setiap transaksi lebih dari Rp500.000 akan di kenakan biaya mdr 0.3% (QRIS Statis )
3. Berlaku untuk Pengguna yang terdaftar sebagai usaha Mikro dan sudah memiliki QRIS Statis
4. Biaya platform dikenakan sebesar 2% dari setiap transaksi
Pengguna Labamu dengan akun Premium dan Pro :
1. Setiap transaksi kurang dari Rp500.000 bebas biaya mdr 0%
2. Setiap transaksi lebih dari Rp500.000 akan di kenakan biaya mdr 0.3% (QRIS Statis)
3.Berlaku untuk Pengguna yang terdaftar sebagai usaha Mikro dan sudah memiliki QRIS Statis
4. Bebas biaya Platform 0% dari setiap transaksi
Apa perbedaan QRIS Statis dan Dinamis?
Berikut perbedaannya.
QRIS Statis: Menggunakan kode QR yang tetap dan tidak berubah. Pelanggan memasukkan nominal pembayaran secara manual. Cocok untuk usaha kecil dengan volume transaksi rendah. Mudah digunakan, tetapi kurang efisien untuk usaha dengan volume transaksi tinggi.
QRIS Dinamis: Menggunakan kode QR yang berubah untuk setiap transaksi dengan nominal pembayaran yang sudah tertera. Cocok untuk usaha dengan volume transaksi tinggi. Lebih cepat, efisien, dan aman, tetapi memerlukan sistem pembayaran yang lebih canggih.
Keduanya sama-sama mudah digunakan dan tersedia di Labamu untuk semua pengguna (Basic, Premium, dan Pro).
Bagaimana cara membuat QRIS Statis Labamu?
Buka aplikasi Labamu.
Klik “Dapatkan QRIS untuk Usahamu” di bagian atas.
Lengkapi data diri dan usaha (Alamat rumah, RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, foto Lokasi usaha harus diisi lengkap, bila tidak akan mempengaruhi proses pengajuan)
Jika data sudah sesuai, klik “Lanjutkan.”
Tunggu proses verifikasi data dari Tim Labamu.
Jika pengajuan sudah disetujui, maka:
– Anda dapat melakukan klik “QRIS Statis” untuk memulai menggunakannya
– Anda akan mendapatkan email konfirmasi bahwa pengajuan sudah disetujui
Berapa lama proses pendaftaran QRIS Statis Labamu?
Proses pendaftaran QRIS Statis membutuhkan waktu 10 hari kerja (tidak termasuk Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional).
Apakah QRIS Statis Labamu bisa di-download ke HP saya?
Tentu saja bisa. Kamu bisa mengunduh QRIS Statis usahamu dan mencetaknya untuk diletakkan di meja kasir.
QRIS Statis Labamu bisa menerima pembayaran dari mana saja?
Transaksi menggunakan QRIS Statis Labamu dapat dilakukan melalui M-Banking dan E-Wallet.
Apakah transaksi menggunakan QRIS Statis Labamu dikenakan biaya transaksi?
Ya, transaksi dengan QRIS Statis dikenakan biaya transaksi.
1. Premium dan Pro Member: 0,3% per transaksi
2. Premium dan Pro Member: 0,7% per transaksi (QRIS Dinamis)
3. Basic Member: 2% per transaksi.
Apakah QRIS Statis saya akan hangus bila tidak digunakan?
Tidak, QRIS Statis kamu tidak akan hangus dan dapat digunakan selamanya karena tidak ada masa aktif.
Bagaimana aturan pencarian dana di Labamu?
Berikut jadwal dan detail pencairan saldo Labaku. Transaksi dari QRIS Dinamis dapat diproses ke Saldo Labaku melalui dua cara,
1. Proses Dana Sameday dengan tambahan biaya 1%
Transaksi dari QRIS Statis dan Virtual Account dapat dicairkan di hari kerja yang sama (termasuk pada Jumat, Sabtu, Minggu, Libur Nasional dan cuti bersama) pada jendela waktu 10.00/ 15.00/ 20.00/24.00
Saldo minimum yang dapat dicairkan adalah Rp50.000,-
2. Proses Dana Standar untuk pencairan H+1.
Transaksi dari QRIS Statis dan Virtual Account dapat dicairkan di hari kerja berikutnya pukul 15.00.
Saldo minimum yang dapat dicairkan adalah Rp50.000,-
Untuk saldo dibawah Rp.50.000 (namun diatas Rp.10.000) akan cair otomatis di jam 10 malam
Dana transaksi yang masuk ke saldo Labaku di atas Rp5.000.000,- akan diproses dalam waktu 1 hari kerja, dan diatas Rp10.000.000 akan diproses dalam waktu 2 hari kerja.
Transaksi Jumat, Sabtu, Minggu akan dicairkan di hari kerja berikutnya dan atau hari Senin.
Transaksi pada Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama mengikuti ketentuan bank.
Nominal maksimum untuk melakukan pencairan saldo Labaku adalah :
Rp.500.000.000 untuk BCA, DBS,Mandiri,OCBC,BNI,BSI,BRI,CIMB Niaga, Bank Permata, Bank Danamon
Rp.50.000.000 untuk bank lainnya
Rp.2.000.000 (unverified) & Rp.20.000.000 (verified) Ewallet (Dana/OVO/GopayShopeepay/LinkAja)
Rp.50.000.000 untuk akun Nobu Cobrand
Apa saja paket membership yang ditawarkan oleh Labamu?
Labamu memiliki tiga paket membership, yaitu:
Basic: Paket yang cocok untuk bantu Usaha Mikro dan Kecil (UMK) naik level.
Premium: Paket dengan fitur lengkap yang cocok untuk bantu bisnis tumbuh lebih cepat.
Pro: Paket dengan fitur terlengkap yang akan bantu bisnis franchise makin efisien.
Cek selengkapnya di sini.
Apa perbedaan paket Premium dan Pro?
Premium Membership memiliki fitur lengkap untuk mempercepat pertumbuhan bisnis dengan biaya Rp200,000 per bulan.
Pro Membership menawarkan fitur terlengkap untuk bisnis franchise, termasuk manajemen pesanan online dan multi-outlet, dengan biaya Rp400,000 per bulan.
Apakah saya bisa mencoba paket Premium atau Pro sebelum berlangganan?
Jika kamu pengguna baru Labamu, kamu dapat mengambil FreeTrial selama 14 hari. Jadi, kamu dapat mencoba fitur-fitur Premium secara gratis sebelum berlangganan.
Apa yang terjadi jika sayatidak memperpanjang membership?
Jika membership tidak diperpanjang, fitur-fitur premium yang tersedia pada paket tersebut akan dinonaktifkan dan kamu akan kembali menjadi Basic Member.
Apa yang dimaksud dengan Produk Digital di aplikasi Labamu?
Produk Digital merupakan salah satu fitur di aplikasi Labamu yang mempermudah pelanggan dalam membayar tagihan sehari-hari. Fitur Produk Digital (PPOB) sangat cocok bagi pengusaha konter, agen pembayaran, warung kelontong, serta pengusaha lainnya yang ingin mencari tambahan penghasilan.
Apakah saya perlu top up saldo terlebih dahulu untuk berjualan Produk Digital Labamu?
Tidak, kamu tidak perlu melakukan top up saldo terlebih dahulu untuk dapat berjualan Produk Digital Labamu. Kamu bisa langsung bertransaksi dengan pelanggan dan melakukan pembayaran dengan metode yang kamu inginkan.
Saya bukan pengusaha konter, apakah saya bisa berjualan Produk Digital Labamu?
Tentu saja! Semua pengguna Labamu, termasuk kamu, bisa berjualan Produk Digital. Apalagi jika berlangganan sebagai Premium atau Pro Member, kamu akan menikmati harga PPOB lebih murah dan biaya transaksi yang lebih kecil. Keuntungan jadi makin maksimal!
Apakah aplikasi Labamu dapat terhubung dengan printer?
Ya, aplikasi Labamu dapat menggunakan printer dan terhubung via bluetooth.
Aplikasi Labamu bisa digunakan di perangkat apa saja?
Aplikasi Labamu dapat diunduh dan digunakan di berbagai perangkat, baik dengan sistem Android (minimal versi 5) maupun iOS (minimal versi 11).
Berapa kapasitas minimum memori HP untuk mengunduh aplikasi Labamu?
Kapasitas HP yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan aplikasi Labamu adalah 32GB ROM. Akan tetapi, kami sangat menyarankan untuk meng-installLabamu di HP dengan kapasitas 64GB ke atas supaya aplikasinya berjalan dengan lebih baik dan lancar.
Apakah Labamu bisa mengelola lebih dari satu toko/cabang?
Ya, bagi penggunaPro, aplikasi Labamu dapat digunakan untuk mengelola beberapa cabang (multi-outlet) dan diakses oleh pemilik beserta karyawan sekaligus.