top of page

13 Ide Bisnis Kreatif yang Menguntungkan untuk Anak Muda

20 Juni 2024

Bagikan Artikel Ini

Salah satu tantangan terbesar dalam memulai bisnis adalah mencari cara untuk membedakan diri dengan pesaing. Menjual produk yang populer, permintaannya memang tinggi tapi pesaingnya pun banyak. Lalu bagaimana kalau kamu mempertimbangkan ide bisnis kreatif berikut ini?

Melalui artikel ini, kamu akan menyadari bahwa bisnis tak melulu soal modal besar. Bermodal kreativitas dan kegigihan untuk berbisnis, kamu berpeluang jadi yang terdepan. 

Yuk, langsung simak aja idenya di bawah ini!


Ide Bisnis Kreatif yang Layak Dicoba


Bisnis yang unik memang persaingannya lebih sedikit, tapi kamu harus pastikan kalau pasarnya memang ada. 

Berikut ini adalah ide bisnis kreatif yang masih jarang dilirik tapi sebenarnya sangat potensial.  

1. Crafting



Ada orang yang tangannya itu “gifted” banget. Apapun yang mereka buat, selalu jadi dan hasilnya mengesankan. Nah, kalau kamu salah satunya, kekuatan super ini bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnis crafting alias kerajinan tangan.

Contohnya banyak, mulai dari bikin taplak meja, souvenir pernikahan, kerajinan rotan, produk daur ulang, sampai desain perhiasan.


2. Florist



Kemampuan merangkai bunga menjadi buket yang indah tidak dimiliki semua orang. Kalau kamu punya selera yang bagus dibarengi dengan kemampuan merangkai bunga yang indah, keahlian ini bisa kamu manfaatkan untuk berbisnis.

Mungkin pasarnya niche banget tapi sekali pelanggan puas, mereka tidak akan ragu menghubungimu lagi saat membutuhkan buket yang lain. Misalnya untuk acara wisuda, pernikahan, atau perayaan ulang tahun.


3. Personal Shopper



Daripada cuma belanja dan menghamburkan uang, kamu bisa sekalian membuka jasa sebagai personal shopper, Sahabat Labamu!

Biasanya orang yang menggunakan jasa ini adalah mereka yang ingin membeli suatu barang tapi tidak bisa karena jaraknya terlalu jauh atau mungkin saking sibuknya tak punya waktu untuk belanja sendiri. 

Agak beda ya dengan jastip, usaha ini lebih by request bukan karena ada event lalu kamu menawarkan jasa titip.


4. Creative Agency



Kamu punya keahlian memproduksi konten-konten digital? Peluang ini sangat menjanjikan lho di zaman sekarang. Kamu bisa bekerjasama dengan rekan-rekanmu untuk menjadi agensi yang palugada. 

Namun pastikan kualitasnya bisa diandalkan, ya!

Scope pekerjaannya pun sangat luas, mulai dari pembuatan video, menulis artikel dan copywriting, bikin desain untuk media sosial, KOL specialist, sampai jasa live streaming.


5. Voice Over



Kalau kamu punya suara yang khas dan enak didengar, kamu bisa membuka jasa voice over yang belakangan ini banyak dicari. 

Voice over sendiri adalah pengisi latar suara dari video atau jenis audio informatif seperti pengumuman di stasiun atau bioskop.

Mau lebih mengeskalasi kemampuan? Kamu bisa juga menawarkan jasa pembuatan jingle sebagai ide bisnis kreatif yang layak dijajal.


6. Fashion Stylist



Jangan salah, bukan cuma artis dan model foto yang butuh bantuan fashion stylist saat pemotretan. Saat ini banyak orang membutuhkan jasa fashion styling untuk menghasilkan look yang perfect saat difoto.

Tujuannya beragam, misalnya bisa untuk keperluan prewedding, profil foto profesional, maupun untuk foto keluarga. 

Maka dari itu, kalau kamu punya kemampuan mix and match dan selera berpakaian yang menarik, coba deh manfaatkan keahlianmu ini sebagai peluang bisnis.


7. Jasa Membuat Hampers



Sekarang ini banyak orang saling bertukar hampers saat perayaan hari-hari tertentu. Kebanyakan produsen memang menyediakan jasa ini tapi seringkali isinya sudah dipaketkan sehingga pelanggan tidak leluasa memilih isiannya.

Nah, kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk menarik perhatian pelanggan yang ingin membuat hampers tapi isinya sesuai dengan keinginan mereka. 


8. Hand Lettering



Wah, ide bisnis kreatif yang satu ini juga menggiurkan lho, Sahabat Labamu! Meski kelihatannya hanya “menulis biasa”, tapi setiap goresannya begitu detail dan spesial.

Kegunaannya pun beragam, bisa sebagai logo produk, kartu ucapan, hingga elemen dekoratif dalam sebuah bangunan. Gimana, tertarik nggak?


9. Thrifting dan Upcycling



Saat ini bisnis thrifting memang sedang naik daun. Pasalnya, keberadaan bisnis ini memungkinkan seseorang untuk mendapatkan produk-produk berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau. 

Namun di sisi lain, limbah produk fashion mulai mengkhawatirkan sehingga butuh ide bisnis kreatif untuk menyulap limbah ini menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna dengan melakukan upcycling, seperti recreate fashion branded dari bahan-bahan daur ulang.


10. Pet Sitter




Kamu suka bermain dengan hewan peliharaan? Maka, pet sitter adalah pilihan ide bisnis kreatif yang bisa kamu coba. Jasa yang satu ini masih belum banyak ditemukan di Indonesia padahal kebutuhannya ada, lho.

Misalnya saat si pemilik hewan sedang bepergian, bekerja lembur, atau sakit. Layanan pet sitter yang ditawarkan misalnya memberi makan dan minum, membawa hewan peliharaan jalan-jalan, menemani mereka bermain, hingga memandikannya.


11. Menjual Stok Foto



Kamu suka fotografi dan memiliki banyak stok foto estetik yang kualitasnya bagus dan layak? Daripada hanya disimpan dalam drive, kamu bisa menjualnya ke online platform seperti Shutterstock, Freepik, Unsplash, dan sebagainya. 

Lumayan banget kan kalau tiba-tiba ada yang beli?


12. Membuat Podcast



Kalau bikin vlog terlalu “mahal” buat kamu, sebagai alternatifnya kamu bisa membuat podcast berupa konten audio yang audiensnya tak kalah banyak dengan YouTube. 

Supaya lebih menarik, pastikan kamu tahu siapa target audiensmu sehingga topik bahasannya tepat sasaran.


13. Konsultan SEO



Buat kamu yang memiliki pengetahuan, pengalaman, dan keahlian di bidang SEO, jangan lewatkan kesempatan ini untuk membuka ide bisnis kreatif. 

Profesi yang satu ini lagi banyak dibutuhkan karena banyak perusahaan yang ingin mengoptimasi performa digitalnya dan mendapat ranking teratas di mesin pencarian.

Sahabat Labamu, itu tadi 13 ide bisnis kreatif yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi. 

Nah, kalau sudah memulainya kamu pasti butuh aplikasi yang bisa memudahkanmu mencatat pesanan/project, memberikan catatan transaksi, atau keperluan lainnya, kan?

Sebagai solusinya, kamu bisa mengandalkan Labamu yang bisa diunduh melalui Google Play atau App Store.

bottom of page