Arti Repeat Order untuk Bisnis dan Bagaimana Cara Menciptakannya
28 Oktober 2024
Bagikan Artikel Ini
Dalam dunia perdagangan, repeat order bisa memiliki dua arti. Pertama, pelanggan memesan ulang produk yang sama dan kedua pelanggan kembali membuat pesanan. Hal ini menunjukkan bahwa mereka puas sehingga bersedia melakukan pesanan berulang.
Nah, yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana ya caranya supaya pelanggan melakukan repeat order? Yuk, simak ulasan seputar topik ini di artikel berikut!
Arti Repeat Order
Pembelian berulang alias repeat order terjadi ketika pelanggan kembali membeli barang atau jasa tertentu untuk mengganti barang atau jasa yang mereka beli sebelumnya.
Hal ini mengindikasikan bahwa mereka merasa puas dan loyal terhadap suatu merek sehingga memungkinkan bisnis memangkas biaya pemasarannya untuk menggandeng pelanggan baru.
Lebih jauh lagi, repeat order bisa membantu perusahaan membangun hubungan jangka panjang dengan para pelanggannya sehingga mereka bisa memastikan si pelanggan akan terus membeli produk atau jasanya.
Manfaat Repeat Order bagi Bisnis
Perlu kamu ketahui bahwa pembelian berulang bukan hanya soal menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kondisi ini memberikan beberapa manfaat penting bagi manajemen. Berikut diantaranya:
Membantu bisnis mengidentifikasi pelanggan setianya
Menentukan produk dan layanan apa yang paling laris dan diminati
Mengatur persediaan dengan lebih baik sehingga tidak sampai kehabisan stok dan kehilangan calon pelanggan potensial
Mengarahkan upaya pemasaran untuk fokus pada produk dan layanan tertentu
Dari sisi pelanggan, repeat order juga bisa menciptakan perilaku tertentu yang bisa dimanfaatkan perusahaan untuk memperkuat strategi penjualannya. Di antaranya adalah sebagai berikut:
Memungkinkan pelanggan akan datang lagi, lagi, dan lagi untuk melakukan pembelian, baik untuk produk lain maupun produk yang sama
Memungkinkan pelanggan untuk belanja dan menghabiskan lebih banyak uangnya untuk produk yang kamu jual sebab mereka sudah percaya dengan kualitasnya
Memungkinkan pelanggan belanja lebih banyak lagi di masa-masa peak season, seperti saat musim liburan atau perayaan hari-hari tertentu
Merekomendasikan bisnismu ke orang-orang terdekatnya sehingga bisa menghasilkan lebih banyak penjualan dan membantu mengurangi biaya pemasaran.
Baca Juga: Pentingnya Menciptakan Kepuasan Pelanggan
Strategi Meningkatkan Repeat Order
Nah, supaya Anda bisa mendapatkan manfaat-manfaat seperti yang telah disebutkan di atas, cobalah tips-tips berikut ini untuk meningkatkan rasio pembelian berulang untuk merekmu.
1. Menjaga Kualitas Produk
Supaya pelanggan tidak kapok dan rela melakukan pembelian berulang, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menjaga kualitas produk dan layanan yang kamu tawarkan.
Meski terlihat “biasa saja” tapi cara ini sebenarnya sangat efektif untuk menciptakan pelanggan yang loyal dan terus menjadikan merekmu sebagai unggulan di antara pilihan-pilihan lainnya.
2. Temukan Produk Terbaik dan Maksimalkan
Dari sekian macam produk yang kamu keluarkan, tentu ada produk-produk tertentu yang jadi primadona. Produk-produk pasti memiliki kualitas yang sangat baik sehingga pelanggan pasti akan kembali membelinya.
Maka dari itu, manfaatkan data penjualan yang kamu miliki untuk meningkatkan strategi penjualan melalui kampanye pemasaran yang tepat sasaran. Jangan lupa, manfaatkan umpan balik pelangganmu untuk meningkatkan kualitasnya.
Baca Juga: Cara Membuat Strategi Pemasaran Produk Efektif untuk Semua Jenis Usaha
3. Tawarkan Promo Menarik untuk Pembelian Selanjutnya
Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan potensi repeat order adalah dengan memberikan promo menarik untuk pembelian selanjutnya. Misalnya dengan memberikan diskon untuk pembelian kedua atau selanjutnya saat mereka melakukan transaksi pertamanya.
Cara ini cukup ampuh untuk meningkatkan motivasi pembelian dan akan meningkat secara signifikan kalau sejak awal mereka puas dengan produk kamu jual.
4. Berikan Penawaran Khusus untuk Pelanggan Setia
Kalau poin sebelumnya adalah untuk menarik orang melakukan pembelian lagi, poin ini bertujuan untuk maintaining loyal customer sehingga mereka akan tetap dan terus memilih produkmu dibanding milik kompetitor.
Beberapa cara yang bisa kamu lakukan misalnya dengan memberi diskon khusus untuk member, membuat program referral, mengumpulkan loyalty points, dan cara-cara menarik lain yang sesuai dengan karakteristik pelangganmu.
5. Ciptakan Pengalaman yang Mengesankan
Ada kalanya orang beranggapan bahwa kualitas produk yang mereka beli tidak lebih baik dari produk sejenis. Namun, karena mereka mendapatkan pengalaman belanja yang mengesankan, mereka akan tetap memilih merek tersebut.
Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memberikan pengalaman belanja yang meaningful.
Contohnya dengan menciptakan suasana toko yang berkesan, memberikan pelayanan yang responsif dan solutif, atau menyediakan layanan purnajual yang reliabel. Interaksi-interaksi positif semacam ini bisa meninggalkan image yang baik sehingga pelanggan tidak ragu memilih produkmu.
6. Gunakan Umpan Balik Pelanggan untuk Melakukan Perbaikan
Menyambung poin nomor dua, kamu bisa meningkatkan kualitas produk maupun layanan dengan memanfaatkan feedback maupun review pelanggan.
Ini bisa membuat pelanggan merasa diperhatikan dan melihat bahwa bisnismu benar-benar serius mengakomodasi kebutuhan mereka. Pada gilirannya, ini bisa meningkatkan tingkat pembelian dan kepercayaan pelanggan.
7. Promosikan Produk Baru
Saat pelanggan sudah jatuh cinta dengan sebuah mereka, mereka mungkin akan senang saat mendengar ada produk baru atau pembaruan produk yang biasa mereka beli.
Perlu kamu ingat, bahwa produk baru tidak hanya berguna untuk menarik pelanggan baru tapi juga membuat pelanggan lama bersedia melakukan lebih banyak pembelian.
8. Buat Notifikasi untuk Melakukan Pembelian Ulang
Setiap produk biasanya memiliki masa kadaluarsa atau waktu tertentu untuk diperbarui. Mendekati momen itu, kamu bisa mengirimkan pesan notifikasi pada pelanggan untuk melakukan pembelian ulang.
Contohnya untuk jasa servis mobil, konsultasi dengan dokter, atau memperpanjang masa asuransi. Pelanggan mungkin menghargai dan menindaklanjuti notifikasi ini, lho!
9. Teruslah Berinteraksi dengan Pelanggan
Terakhir, pastikan kamu bisa menciptakan interaksi yang efektif dengan pelanggan. Membangun hubungan yang baik dengan mereka bisa menciptakan pembelian berulang di masa depan.
Itulah informasi mengenai arti repeat order bagi sebuah bisnis. Untuk mewujudkannya, kamu bisa memanfaat fitur-fitur yang ada di Labamu untuk mengumpulkan data pelanggan dan memanfaatkannya untuk merumuskan strategi bisnis yang efektif. Yuk, buruan download aplikasinya lewat Google Play atau App Store!